5 Klub Spanyol dengan Pembelian Termahal pada Musim Panas 2022

Siapa klub LaLiga yang paling jor-joran?

Dibandingkan klub asal Inggris dan Italia, klub LaLiga Spanyol cenderung kurang aktif dalam mendatangkan pemain baru pada bursa transfer musim panas 2022. Itu terlihat dari pembelian yang seperlunya saja. Bahkan, ada pula yang tidak melakukan pembelian sama sekali. 

Meskipun cenderung berhemat, terdapat beberapa klub Spanyol yang bersedia menggelontorkan dana besar dalam merombak skuadnya musim ini. Berikut lima klub Spanyol dengan pembelian pemain terbesar pada musim panas 2022. 

1. Sevilla (Rp417 miliar)

5 Klub Spanyol dengan Pembelian Termahal pada Musim Panas 2022Pemain Sevilla saat merayakan gol. (instagram.com/sevillafc)

Pertama, ada Sevilla yang masuk salah satu klub dengan pembelian terbesar di Spanyol musim panas ini. Klub asal Andalusia ini telah menggelontorkan uang sebesar 28 juta euro (Rp417 miliar) untuk membeli dua bek tengah, Marcao dan Tanguy Nianzou. 

Berkat penghematan ini, Sevilla meraup keuntungan besar hingga 63,5 juta euro (Rp946,1 miliar) dari total pendapatan 91,5 juta euro (Rp1,36 triliun). Keuntungan itu didapat atas hasil penjualan beberapa pemain andalannya, terutama Joules Kounde dan Diego Carlos. 

Sayangnya, penghematan yang dilakukan manajemen Los Nervionenses justru berdampak pada performa timnya. Kini, Sevilla harus duduk di posisi ke-17 klasemen sementara LaLiga dan terdampak kekalahan beruntun di liga domestik maupun UCL. 

2. Almeria (Rp551,1 miliar)

5 Klub Spanyol dengan Pembelian Termahal pada Musim Panas 2022Pemain Almeria saat merayakan gol. (instagram.com/udalmeria)

Termasuk klub promosi, Almeria ternyata bertekad kuat untuk bertahan di LaLiga. Alhasil, klub asal Andalusia itu bersedia menggelontorkan uang sebesar 37 juta euro (Rp551,1 miliar) untuk mendatangkan 13 pemain baru di skuadnya. 

Pengeluaran besarnya musim panas lalu membuat klub berjuluk Rojiblancos ini mengalami defisit hingga 17 juta euro (Rp253,4 miliar). Pasalnya, Almeria hanya menjual striker andalannya, Umar Sadiq ke Real Sociedad seharga 20 juta euro (Rp298,1 miliar).  

Dana besar yang digelontorkan klub ini rupanya belum sukses meningkatkan performanya secara drastis. Pada pekan ke-8 LaLiga, Almeria hanya duduk di posisi ke-15 klasemen sementara dengan perolehan 7 poin. 

Baca Juga: 5 Klub LaLiga yang Paling Banyak Belanja pada Musim Panas 2022

3. Real Sociedad (Rp789 miliar)

5 Klub Spanyol dengan Pembelian Termahal pada Musim Panas 2022Pemain Real Sociedad ketika merayakan gol (instagram.com/realsociedad)

Real Sociedad termasuk klub Spanyol yang cukup aktif membeli pada pemain musim panas 2022. Klub asal San Sebastian ini sudah membeli 4 pemain dan meminjam 1 pemain dengan total pengeluaran sebesar 53 juta euro (Rp789,9 miliar). 

Kesediaan Los Txuri-Urdin menggelontorkan dana besar disebabkan banyaknya pemain yang hengkang, termasuk striker andalannya, Alexander Isak. Meskipun demikian, Real Sociedad berhasil surplus sebesar 27,5 juta euro (Rp409,8 miliar) dari total penjualan yang mencapai 80,5 juta euro (Rp1,19 miliar). 

Pembelian yang tepat membuat Real Sociedad cukup konsisten bercokol di papan atas LaLiga 2022/2023. Bahkan di ajang Liga Europa, klub asal Basque ini berhasil memenangkan semua laga fase grup. 

4. Real Madrid (Rp1,19 triliun)

5 Klub Spanyol dengan Pembelian Termahal pada Musim Panas 2022Pemain Real Madrid ketika merayakan kemenangan (instagram.com/realmadrid)

Real Madrid terpantau sangat berhemat pada bursa transfer musim panas 2022 lalu. Tim raksasa ibu kota itu hanya membeli satu pemain baru, Aurélien Tchouameni dari AS Monaco dengan banderol sebesar 80 juta euro (Rp1,19 triliun). 

Berkat penghematan itu, Los Blancos sukses meraup keuntungan sebesar 12,15 juta euro (Rp181,1 miliar). Pasalnya, Real Madrid telah menjual sejumlah pemain andalannya hingga mengumpulkan pendapatan sebesar 92,15 juta euro (Rp1,37 miliar). 

Penampilan Real Madrid musim ini tercatat cukup baik, karena belum mengalami kekalahan pada pekan ke-8 ini. Sedangkan di Liga Champions Eropa, El Real juga belum menemukan hambatan yang berarti. 

5. Barcelona (Rp2,2 triliun)

5 Klub Spanyol dengan Pembelian Termahal pada Musim Panas 2022Pemain Barcelona saat melakukan selebrasi gol (instagram.com/fcbarcelona)

Barcelona didapuk menjadi klub Spanyol dengan pengeluaran terbesar pada musim panas 2022. Meski hanya membeli tiga pemain baru, tapi klub asal Katalan itu harus merogoh kocek cukup dalam sebesar 153 juta euro (Rp2,28 triliun).  

Berkat pembelian itu, Blaugrana harus menelan defisit pendapatan dari penjualan pemain sebesar 118 juta euro (Rp1,76 triliun). Hal ini karena mayoritas pemain Barcelona hengkang dengan status free agent dan tercatat hanya dua pemain yang berhasil dijual oleh klub. 

 

Berbicara soal penampilan, Barcelona terbilang masih kurang garang dan hanya tampil maksimal di kompetisi domestik. Di Liga Champions Eropa, Blaugrana harus menelan dua kali kekalahan melawan Bayern Munchen dan Inter Milan. 

Di tengah pemborosan yang dilakukan sejumlah klub Eropa, klub Spanyol justru memilih untuk berhemat dan tidak banyak membeli pemain baru. Keputusan ini tidaklah buruk jika dilakukan dengan cermat. Namun, terdapat klub yang malah mengalami masa-masa terbutuk akibat terlalu berhemat. 

Baca Juga: 7 Klub Medioker Spanyol yang Mampu Melangkah Jauh di Turnamen Eropa

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya