Comscore Tracker

5 Klub Wales yang Ikut Berkompetisi di Liga Inggris, Numpang Main! 

Tidak ada yang berkompetisi di Premier League

English Premier League (EPL) atau kasta tertinggi Liga Inggris dikenal sebagai salah satu liga terbesar dan paling kompetitif di Eropa. Dilansir dalam laman AS, turnamen ini telah didirikan pada 1888 dan didapuk sebagai liga sepak bola tertua di dunia. 

Berada di dalam Inggris Raya, rupanya tidak membuat sistem sepak bola menjadi satu, sehingga masing-masing wilayah mendirikan kompetisinya sendiri. Pada 1890, Irlandia dan Skotlandia mendirikan liga domestik sendiri dan diikuti Wales pada 1904. 

Meskipun demikian, terdapat lima klub yang secara geografis terletak di Wales, tapi mereka memutuskan ikut kompetisi Liga Inggris sampai saat ini. Hal itu diperbolehkan lantaran klub itu dibentuk sebelum Cymru Premier atau Liga Wales resmi digulirkan. 

Meskipun bertanding di Liga Inggris, tapi tak banyak orang di luar Inggris yang mengenal klub Wales tersebut. Berikut lima klub Wales yang ikut berlaga di Liga Inggris. 

1. Merthyr Town

5 Klub Wales yang Ikut Berkompetisi di Liga Inggris, Numpang Main! Pemain Merthyr Town yang merayakan gol. (twitter.com/MerthyrTownFC)

Merthyr Town bukanlah klub yang dikenal banyak orang, bahkan di Inggris sekali pun. Pasalnya, tim asal Merthyr Tydfil, Wales ini hanya berkompetisi di Southern League Premier Division South atau kasta ketujuh Liga Premier Inggris.

Meskipun hanya masuk klub semi-profesional, klub ini termasuk tua karena telah dibentuk pada musim panas 1908. Mengawali kiprahnya di Liga Wales, akhirnya klub Merthyr Town mendaftarkan diri ke Liga Inggris pada 1920-an. 

Sayangnya, klub yang berkandang di Penydarren Park itu akhirnya terimbas buruknya iklim ekonomi di dekade itu. Mau tak mau, manajemen klub terpaksa menjual pemain bintangnya ke klub yang lebih besar, seperti Fulham, Wolverhampton Wanderers, dan Stoke City untuk tetap eksis. 

2. Wrexham

5 Klub Wales yang Ikut Berkompetisi di Liga Inggris, Numpang Main! Pemain Wrexham yang melakukan selebrasi gol. (twitter.com/Wrexham_AFC)

Wrexham dikenal sebagai klub tertua di Wales yang dibentuk pada 1864. Bahkan, klub ini dinobatkan sebagai tim sepak bola profesional ketiga tertua di dunia. Sayangnya, usianya tidak mencerminkan prestasinya, sebab klub ini hanya berkompetisi di divisi ke-5 Liga Inggris saat ini. 

Walaupun begitu, klub asal Kota Wrexham ini pernah menjuarai Welsch Cup sebanyak 23 kali. Keberhasilan itu yang membuatnya meraih tiket turnamen antarklub Eropa dan sukses menembus perempat final European Cup Winner's Cup 1975/1976. 

Baca Juga: 5 Pemain Wales yang Pernah Juara Premier League, Bukan Hanya Giggs

3. Newport County

5 Klub Wales yang Ikut Berkompetisi di Liga Inggris, Numpang Main! Pemain Newport County saat menjalani sesi latihan. (twitter.com/NewportCounty)

Newport County sudah dibentuk pada 1912 dan resmi masuk ke Liga Inggris pada 1920-an. Sayangnya, klub asal Kota Newport ini beberapa kali terimbas krisis finansial yang berujung pada naik turunnya peringkat. Bahkan, mereka belum pernah sama sekali menginjakkan kaki ke kasta tertinggi Liga Inggris yaitu EPL. 

Meski begitu, tim ini berhasil membuat kejutan pada 1937/1938. Kala itu, Newport County berhasil promosi ke kasta kedua Liga Inggris. Ketika hampir menginjakkan kaki ke kasta tertinggi, sayangnya Perang Dunia II dimulai dan memupuskan angannya selama ini. 

Pada 1980/1981, klub ini pernah menembus perempat final UEFA Cup Winners' Cup. Namun, mereka harus tunduk di tangan klub Jerman Timur, Carl Zeiss Jena dengan agregat 2-3. Kini, Newport County hanya berkompetisi di kasta keempat Liga Inggris. 

4. Swansea City

5 Klub Wales yang Ikut Berkompetisi di Liga Inggris, Numpang Main! Pemain Swansea City saat melakukan selebrasi gol. (instagram.com/swansofficial)

Swansea City masuk dalam jajaran klub terkuat di Wales. Klub asal Swansea, bagian barat Wales ini sempat bertahan selama tujuh musim di kasta tertinggi Liga Inggris dalam dua dekade terakhir. Sayangnya, The Swans harus undur diri pada 2017/2018, setelah hanya bercokol di posisi 18 klasemen akhir. 

Klub yang dibentuk pada 1912 ini tercatat pernah menembus perdelapan final Liga Europa 2013/2014. Akan tetapi, The Swans akhirnya bertekuk lutut dan mengakui keunggulan Napoli dengan agregat 3-1. Selain itu, Swansea sudah beberapa ikut serta dalam ajang UEFA Cup Winners' Cup pada 1960--1990-an. 

5. Cardiff City

5 Klub Wales yang Ikut Berkompetisi di Liga Inggris, Numpang Main! Pemain Cardiff City saat merayakan gol. (instagram.com/cardiffcityfc)

Terakhir, ada Cardiff City yang dikenal sebagai satu dari dua klub terkuat di Wales. Klub yang berdiri pada 1899 ini pertama kali bergabung ke Liga Inggris pada 1920-an. Berdasarkan sejarahnya, klub ini sudah keluar masuk kasta tertinggi Liga Inggris dan berhasil bertahan selama 17 musim. 

Dalam satu dekade terakhir, The Bluebirds hanya mampu berkompetisi di EPL pada 2018/2019. Itu pun, mereka hanya duduk di posisi 18 klasemen akhir. Maka dari itu, Cardiff City harus kembali ke Championship musim berikutnya. 

Meskipun tidak punya prestasi mentereng, tapi The Bluebirds jadi langganan masuk kompetisi antarklub Eropa, seperti UEFA Cup Winners' Cup pada 1960--1990-an. Prestasi terbesarnya ketika mencapai perempat final pada 1964/1965. 

 

Klub sepak bola asal Wales memang tidak punya prestasi gemilang seperti klub-klub di Inggris. Namun, mereka berhasil membuktikan diri untuk dapat bersaing dengan tim besar di Liga Inggris yang diperkuat segudang pemain bintang.  

Baca Juga: 5 Pemain Wales yang Pernah Juara Liga Champions, Gareth Bale Tersukses

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya