Maroko Aljazair Tunisia Mengajukan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Mengajukan setelah Maroko kalah dalam bidding

Tunisia akan mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030, bersama dengan Aljazair dan Maroko. Sebelumnya Maroko yang mengajukan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026, kalah dari negara Amerika Utara yakni Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada dan harus mengubur mimpinya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Dua negara Maroko dan Tunisia ikut serta dalam gelaran Piala Dunia 2018 Rusia, namun harus tersingkir pada fase grup. Sedangkan Aljazair gagal menjadi salah satu dari 32 kontestan Piala Dunia 2018. Aljazair pernah menjadi peserta Piala Dunia 2014 di Brazil dan berhasil melaju ke babak 16 besar, walaupun dikalahkan Jerman, 1-0 lewat perpanjangan waktu.

1. Mengajukan ke enam kali

Maroko Aljazair Tunisia Mengajukan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030moroccoworldnews.com

Maroko yang sebelumnya telah mengajukan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026 harus kalah dalam pemilihan, tapi Raja Maroko King Mohammed IV ingin Marok mengajukan kembali untuk ke enam kalinya, sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Namun kali ini Maroko tidak sendiri karena ia bekerjasama dengan Aljazair dan Tunisia sebagai tuan rumah sebagai gabungan negara-negara Maghreb, yang berada di Afrika Utara.

2. Aljazair menyetujui untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia

Maroko Aljazair Tunisia Mengajukan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030moroccoworldnews.com

Aljazair yang selama ini sedikit bertentangan dengan Maroko atas masalah Western Sahara, menyatakan ingin bekerjasama dengan Maroko untuk menggelar Piala Dunia.

Menteri Olahraga Aljazair Mohamed Hattab, menyatakan "Proposal dari negara Maghreb, Maroko, Aljazair dan Tunisia akan membuat infrastruktur masa depan dan apabila kita melihat kota-kota yang kita miliki, dengan fasilitas olahraga dan budayanya maka kita bisa menyelenggarakan Piala Dunia".

3. Menghadapi dua pesaing lainnya

Maroko Aljazair Tunisia Mengajukan Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2030indianexpress.com

Akan tetapi terdapat dua calon kuat juga menginginkan untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2030. Pesaing tersebut bersal dari Amerika Selatan yakni Argentina, Uruguay dan Paraguay, kemudian kandidat yang berasal dari Eropa merupakan gabungan Britania Raya yang meliputi empat tim, Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Namun gabungan antara Uruguay-Argentina-Paraguay, yakin akan menjadi tuan rumah sekaligus merayakan 100 tahun Piala Dunia yang dimulai pada tahun 1930 yang diselenggarakan di Uruguay.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya