Maroko Dinilai Terlalu 'Berisiko' Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026

Maroko akan menghadapi kandidat kuat negara Amerika Utara

Maroko merupakan negara di Afrika Utara yang berhasil lolos menjadi finalis Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan bulan Juni ini. Namun negara ini ternyata memiliki keinginan yang kuat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Maroko harus menghadapi kandidat kuat gabungan dari negara Amerika Utara. Yakni Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada, di mana sebelumnya Amerika Serikat pernah menyelenggarakan Piala Dunia tahun 1994. Sedangkan Meksiko pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1970 dan 1986.

1. Terdapat perubahan sistem pada Piala Dunia 2026

Maroko Dinilai Terlalu 'Berisiko' Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026africasahara.com

Proses bidding Piala Dunia 2026 akan dilaksanakan tanggal 13 Juni ini yang dihadiri oleh Amerika Serikat, Meksiko, Kanada dan Maroko. Sekaligus terdapat perubahan sistem pada Piala Dunia 2026, dengan peserta sebanyak 48 negara dan memperbolehkan gabungan tiga negara untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Maka terdapat 80 pertandingan pada Piala Dunia 2016 nantinya, dilansir dari Theguardian.com.

2. Maroko telah mengajukan beberapa kali

Maroko Dinilai Terlalu 'Berisiko' Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026the18.com

Maroko sebelumnya telah empat kali mengajukan sebagai tuan rumah Piala Dunia pada tahun 1994, 1998, 2006 dan 2010, dilansir dari BBC. Namun negara ini tidak dapat menarik perhatian bagi juri. Sehingga tidak terpilih sebagai tuan rumah, justru pada tahun 2010 Afrika Selatan yang berkesempatan menjadi tuan rumah dan negara Afrika pertama yang menyelenggarakan Piala Dunia.

3. Maroko terlalu berisiko jadi tuan rumah Piala Dunia 2026

Maroko Dinilai Terlalu 'Berisiko' Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026twitter.com/Morocco2026_EN

Maroko dinilai menjadi negara yang berisiko apabila menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026. Karena negara di Afrika Utara tersebut masih memiliki infrastruktur dan transportasi yang kurang dari hasil penilaian proposal sebesar 275.

Sedangkan hasil gabungan antara Amerika Serikat-Meksiko-Kanada sejumlah 402 dari 500 poin. Di samping itu hanya terdapat 2 dari 14 stadion di Maroko yang layak dan sesuai dengan standart FIFA.

4. Maroko tetap yakin bisa menyelenggarakan Piala Dunia 2026

Maroko Dinilai Terlalu 'Berisiko' Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2026forbes.com

Walaupun memiliki infrastruktur yang kurang, namun pemerintah Maroko tetap yakin dapat menyelenggarakan Piala Dunia 2026. Mereka percaya diri kalau mereka dapat menyelenggarakan Piala Dunia, dilansir dari BBC Sport, bahwa Hicham El Amrani, Kepala Eksekutif Bids Maroko menyatakan kalau mereka yakin dengan infrastruktur yang mereka miliki.

"Piala Dunia Afrika Utara tidak hanya Piala Dunia yang diselenggarakan di Afrika namun juga di Eropa, karena Maroko hanya berjarak 14km di selatan Spanyol dan hanya membutuhkan terbang beberapa jam saja untuk sampai di Maroko dari negara-negara Eropa," ujarnya.

Kira-kira bisa gak ya Maroko menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 dalam proses bidding yang akan dilakukan tanggal 13 Juni nanti?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya