Comscore Tracker

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022

Sayangnya tidak dapat melaju ke delapan besar

Spartak Moskow merupakan salah satu tim raksasa Rusia dengan sejarah panjang dan cukup diperhitungkan di level Eropa. Tim asal Moskow ini juga mampu menunjukkan performa terbaiknya ketika berlaga di Liga Europa 2021/2022. Ironisnya, klub ini justru tampil buruk di liga domestik dan hanya menduduki peringkat sembilan klasemen sementara.

Sementara, bukti penampilan apik Spartak Moskow di Eropa terlihat ketika klub ini mampu menjuarai Grup C Liga Europa 2021/2022. Bahkan, tim yang berkandang di Otkrytie Bank Arena itu mampu meredam perlawanan klub Italia, Napoli, baik di kandang maupun tandang.

Performa apik yang Spartak Moskow musim ini tentu saja berasal dari kontribusi para pemain andalannya. Berikut para pemain andalan tim asal Moskow ini, yang ada di bawah peninggalan pelatih Rui Vitoria yang kini digantikan Paolo Vanoli.

1. Georgiy Dzhikiya

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Georgiy Dzhikiya saat membela Spartak Moskow. (instagram.com/fcsm_official)

Salah satu pemain andalan Spartak Moskow musim ini adalah Georgiy Dzhikiya. Pemain berkebangsaan Rusia itu dikenal sebagai pemain yang mengisi barisan belakang, tepatnya posisi bek tengah. Pemain berusia 28 tahun itu sudah diturukan dalam 30 pertandingan Spartak Moskow sepanjang musim ini. 

Pada musim ini, Dzhikiya sudah menyumbangkan 1 gol dan 1 assist bagi tim asal ibukota Rusia itu. Pemain jebolan akademi Lokomotiv Moskow itu sudah bergabung bersama Spartak sejak 2017 lalu setelah didatangkan dari Amkar Perm.

Di samping menjadi andalan di klubnya, Dzhikiya juga menjadi pemain andalan di timnas Rusia untuk mengisi pos pertahanan. Bahkan, ia sudah memiliki caps di timnas hingga 41 kali.

2. Samuel Gigot

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Samuel Gigot saat membela Spartak Moskow. (instagram.com/mum84)

Samuel Gigot merupakan tandem dari Georgiy Dzhikiya untuk menjaga lini pertahanan Spartak Moskow. Pemain sepak bola asal Prancis ini selalu jadi andalan Spartak dan sudah diturunkan dalam 28 pertandingan sepanjang musim ini, baik di liga domestik maupun turnamen Eropa.

Gigot diketahui berstatus pinjaman di Spartak Moskow pada musim ini. Pada Juni nanti, ia mulai membela tim Prancis, Olympique Marseille. Kendati demikian, pesepak bola 28 tahun ini sudah membela Spartak sejak 2018 usai didatangkan dari KAA Gent.

3. Ayrton Lucas

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Ayrton Lucas saat membela Spartak Moskow di Liga Rusia. (instagram.com/ayrton97_)

Masih di lini belakang, ada nama Ayrton Lucas yang dikenal mengisi pos bek kiri di skuad Spartak Moskow. Pesepak bola asal Brasil ini selalu menjadi andalan klubnya dan sudah diturunkan dalam 30 pertandingan dan mampu menorehkan 1 gol dan 1 assist pada musim ini.

Pemain berusia 24 tahun ini didatangkan ke Otkrytie Bank Arena dari klub Brasil, Fluminense, pada bursa transfer musim dingin 2019. Sayangnya, ia baru saja mengalami cedera yang membuatnya belum bisa bertanding lagi.

4. Victor Moses

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Victor Moses saat membela Spartak Moskow di Liga Rusia. (instagram.com/victormoses)

Beralih ke lini tengah, ada nama Victor Moses yang masuk dalam jajaran pemain andalan Spartak Moskow. Pemain senior 31 tahun ini dipercaya untuk mengisi pos gelandang kanan dan sudah bermain bersama Spartak dalam 26 pertandingan. Ia juga berhasil menyumbangkan 2 gol dan 4 assist di musim ini. 

Pesepak bola berkebangsaan Nigeria ini sudah membela Spartak Moskow sejak 2020, yang awalnya hanya sebagai pemain pinjaman. Sebelum membela tim asal ibukota Rusia itu, ia memperkuat Chelsea sejak 2012 lalu, tetapi diketahui gagal mendapatkan tempat utama.

Baca Juga: Spartak Moscow, Klub Raksasa Rusia yang Dicintai Rakyat Kecil

5. Nail Umyarov

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Nail Umyarov saat membela Spartak Moskow di Liga Europa. (instagram.com/umyarov11)

Nail Umyarov merupakan sosok pemain muda yang menjadi andalan di dalam tubuh Spartak Moskow. Pemain ini sudah dipercaya untuk mengisi pos gelandang bertahan dan diterjunkan dalam 24 laga Spartak di liga domestik maupun Eropa. 

Pesepak bola asal Rusia berusia 21 tahun itu didatangkan ke Otkrytie Bank Arena sejak musim dingin 2019. Selain diandalkan di klubnya, ia juga dipanggil untuk mengisi timnas Rusia.

6. Zelimkhan Bakaev

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Zelimkhan Bakaev saat memperkuat Spartak Moskow di Liga Rusia. (instagram.com/z10bakaev)

Zelimkhan Bakaev mengisi posisi sayap kanan dalam skuad Spartak Moskow. Pemain berkebangsaan Rusia ini sudah diturunkan dalam 27 pertandingan bersama klubnya sepanjang musim ini. Ia berhasil menyumbang 1 gol dan 6 assist.

Pemain berusia 25 tahun ini dikenal sebagai jebolan akademi Spartak Moskow dan sempat dipinjamkan ke Arsenal Tula selama semusim. Bakaev juga dipanggil timnas Rusia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk memperkuat barisan depan.

7. Quincy Promes

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Quincy Promes saat membela Spartak Moskow. (instagram.com/fcsm_official)

Di lini depan, nama Quincy Promes masuk sebagai daftar pemain yang berkontribusi besar dalam skuad Spartak Moskow musim ini. Pemain berkebangsaan Belanda keturunan Suriname ini sudah diturunkan dalam 27 laga dan berhasil menyumbangkan 10 gol dan 2 assist bagi timnya. 

Pemain yang memiliki posisi utama sebagai sayap kiri ini sebelumnya sempat membela FC Twente, Sevilla, dan Ajax Amsterdam. Promes juga sudah dipanggil timnas Belanda sejak 2014 dan memiliki 50 caps bersama tim Oranje. 

Kendati demikian, Promes pernah dirundung skandal percobaan pembunuhan kepada saudaranya sendiri. Peristiwa mengejutkan itu sempat membuatnya ditahan Kepolisian Belanda.

8. Aleksandr Sobolev

8 Pemain Andalan Spartak Moskow pada 2021/2022Aleksandr Sobolev saat membela Spartak Moskow di Liga Europa. (instagram.com/a.sobolev97)

Aleksandr Sobolev dipercaya menjadi juru gedor utama di skuad Spartak Moskow. Pesepak bola berusia 25 tahun ini sudah dimainkan dalam 26 pertandingan tim yang berkandang di Otkrytie Bank Arena itu. Ia mampu menorehkan lima gol musim ini. 

Pesepak bola berkebangsaan Rusia itu diketahui sudah membela Spartak sejak didatangkan dari KS Samara pada musim dingin 2020. Awalnya, ia didatangkan dengan status pinjaman, kemudian dipermanenkan lantaran performanya apik. Sobolev juga sudah membela timnas Rusia sejak 2020 lalu. 

Pada musim ini, sebenarnya Spartak Moskow berkesempatan untuk melangkah lebih jauh di Liga Europa usai memuncaki klasemen. Sialnya, klub ini harus tersandung masalah invasi Rusia ke Ukraina yang berdampak kepada pemblokiran seluruh klub asal Negeri Beruang Merah di turnamen Eropa.

Baca Juga: Mengingat Rivalitas Spartak Moskow-Dynamo Kiev di Soviet Top League

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya