Comscore Tracker

5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar Donetsk

Semuanya berasal dari Brasil

Pecahnya perang Ukraina/Rusia berimbas kepada dunia sepak bola Ukraina. Di samping mengakibatkan pembatalan kompetisi musim lalu, kompetisi domestik Ukraina kini hanya dapat berlangsung di Polandia dan beberapa kota bagian barat Ukraina.

Ketidakjelasan masa depan klub Ukraina, termasuk Shakhtar Donetsk, makin terasa tatkala banyak pemain yang memutuskan hengkang. Itu terbukti pada musim panas 2022 ini. Sejumlah pemain mengakhiri kariernya bersama klub asal Donetsk itu dengan berbagai alasan.

Mayoritas pemain yang memutuskan pindah dikenal sebagai pemain asing. Berikut lima pemain asing Shakhtar Donetsk yang putuskan hengkang pada bursa transfer musim panas 2022.

1. Ismaily (LOSC Lille)

5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar DonetskIsmaily saat masih berseragam Shakthar Donetsk. (instagram.com/ismaily_31)

Ismaily merupakan pemain asal Brasil yang telah memperkuat Shakhtar Donetsk selama 9 musim. Setelah perang dimulai, pemain berusia 32 tahun ini memutuskan hengkang ke LOSC Lille dengan status free agent. Namun, di klub barunya, ia hanya dikontrak selama semusim.

Pemain pengisi pos bek kiri ini didatangkan untuk menggantikan peran Domagoj Bradaric yang pergi ke Salernitana. Kedatangan Ismaily rupanya tepat karena ia sukses menyumbangkan 2 gol dan 1 assist dari 8 pertandingan.

2. Fernando (Red Bull Salzburg)

5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar DonetskFernando ketika memperkuat Shakthar Donetsk. (instagram.com/fernandosantos_99)

Fernando memutuskan hengkang setelah membela Shakhtar Donetsk selama 2 musim. Pada musim panas 2022, pemain berusia 23 tahun ini memilih pergi ke Red Bull Salzburg dengan banderol sebesar 6,6 juta dolar AS (Rp100,4 miliar) dengan kontrak sampai 5 tahun ke depan.

Datangnya Fernando ke skuad Die Rotten Bullen untuk memperkuat lini depan yang ditinggal beberapa andalan. Pemain satu ini sukses menyarangkan 4 gol dan 5 assist dalam 10 pertandingan terakhir.

Baca Juga: Shakhtar Donetsk, Keajaiban di Tengah Perang Ukraina

3. Marcos Antonio (Lazio)

5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar DonetskMarcos Antonio saat membela Shakthar Donetsk. (instagram.com/marcosantonio)

Marcos Antonio mengakhiri kariernya bersama Shakhtar Donetsk untuk menerima tawaran dari klub Serie A, Lazio. Pemain 22 tahun itu ditebus dengan banderol mencapai 8,25 juta dolar AS (Rp125,5 miliar) dan kontrak sampai 5 tahun ke depan. 

Berlabuhnya Marcos Antonio ke Olimpico de Roma ini ditujukan sebagai penguatan lini tengah yang kurang impresif musim lalu. Pembelian ini rupanya berbuah hasil dan pemain Brasil ini sukses menunjukkan performa terbaiknya sebagai gelandang bertahan.

4. Dodo (Fiorentina)

5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar DonetskDodo saat masih membela Shakthar Donetsk. (instagram.com/dodo98)

Dodo masuk salah satu pemain termahal yang dijual Shakhtar Donetsk pada musim panas 2022. Pemain asal Brasil ini memilih pergi ke klub Serie A, Fiorentina, dengan banderol sebesar 15,95 juta dolar AS (Rp242,72 miliar). Ia sudah meneken kontrak sampai 2027 mendatang. 

Kedatangan pemain berusia 23 tahun ini ke Artemio Franchi untuk mengisi bek kiri utama di skuad La Viola. Dodo sudah diturunkan dalam beberapa pertandingan awal musim ini. Sayangnya, ia mengalami cedera yang membuatnya absen tampil dalam beberapa laga terakhir. 

5. David Neres (Benfica)

5 Pemain Asing yang Putuskan Hengkang dari Shakhtar DonetskDavid Neres ketika membela Shakthar Donetsk. (instagram.com/davidneres)

Terakhir, ada David Neres yang jadi pemain termahal yang dijual Shakhtar Donetsk pada musim panas 2022 ini. Pemain asal Brasil ini menerima tawaran Benfica dengan tebusan sebesar 16,83 juta dolar AS (Rp256 miliar) dan resmi meneken kontrak sampai 2027.

Pemain berusia 25 tahun ini didatangkan sebagai pengganti beberapa pemain sayap dan striker Benfica yang hengkang pada musim panas. Meski berharga miring, rupanya pembelian David Neres cukup sukses, sebab ia mampu melesakkan 5 gol dan 5 assist dalam 13 pertandingan.

Perginya pemain asing di skuad Shakhtar Donetsk tak lain karena dampak perang yang terus berkecamuk di Ukraina. Namun, kondisi yang tidak kondusif itu rupanya tak menghalangi klub asal Donbass ini untuk tampil impresif. Buktinya, mereka mampu bercokol di papan atas liga domestik dan duduk di posisi kedua Grup F Liga Champions Eropa.

Baca Juga: Pelatih Tim Junior Shakhtar Donetsk Jadi Korban Invasi Rusia

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya