Comscore Tracker

5 Pemain AZ Alkmaar Putuskan Hengkang pada Musim Panas 2022

Beberapa pilih hijrah ke klub raksasa Belanda

AZ Alkmaar merupakan salah satu klub papan atas sepak bola Belanda yang pernah menorehkan dua kali gelar juara Eredivisie. Pada 2020 lalu, klub asal Kota Alkmaar ini hampir menjadi juara Eredivisie. Sayangnya, asa itu pupus setelah badan liga memutuskan tidak adanya pemenang akibat pandemik COVID-19. 

Pada 2021/2022, klub berjuluk Kaaskoppen itu hanya mampu menduduki peringkat kelima klasemen akhir Eredivisie. Meski masuk dalam kualifikasi Liga Konferensi Eropa, fakta ini membuat AZ Alkmaar terpaksa kehilangan beberapa pemain andalan yang menerima tawaran lebih menggiurkan.

Siapa dan kemana saja pemain andalan AZ Alkmaar melanjutkan karier? 

1. Mohamed Taabouni (Feyenoord)

5 Pemain AZ Alkmaar Putuskan Hengkang pada Musim Panas 2022Mohamed Taabouni ketika masih berseragam AZ Alkmaar. (instagram.com/mo_taab10)

Pertama, ada Mohamed Taabouni yang memutuskan untuk menerima tawaran klub raksasa Belanda, Feyenoord Rotterdam. Pemain muda berusia 20 tahun ini hengkang bersamaan dengan berakhirnya masa kontrak bersama Kaaskoppen pada musim panas 2022 ini. 

Pemain jebolan akademi memang AZ Alkmaar ini belum mendapatkan banyak tempat di skuad utama tim lamanya. Meski begitu, ia diboyong ke Stadion Feijenoord untuk mempertajam lini serang tim asal Kota Rotterdam tersebut. 

2. Ferdy Druijf (Rapid Wien)

5 Pemain AZ Alkmaar Putuskan Hengkang pada Musim Panas 2022Ferdy Druijf ketika membela Rapid Vienna. (instagram.com/ferdydruijf)

Ferdy Druijf masuk dalam daftar pemain yang putuskan pindah ke klub di luar Belanda pada musim panas 2022. Pesepak bola berusia 24 tahun ini diboyong oleh klub Austria, SK Rapid Vienna, dengan banderol sebesar 850 ribu euro (Rp12,9 miliar). 

Kepindahan pemain asal Belanda ini lantaran ia tidak mendapatkan tempat utama di skuad AZ Alkmaar. Selain itu, Druijf sudah dipercaya oleh Rapid Wien untuk mengisi barisan depan dalam masa peminjaman selama satu tahun di musim 2021/2022.

Baca Juga: 5 Pemain Asia yang Pernah Juara Eredivisie Belanda, Ada dari Thailand

3. Zakaria Aboukhlal (FC Toulouse)

5 Pemain AZ Alkmaar Putuskan Hengkang pada Musim Panas 2022Zakaria Aboukhlal ketika memperkuat AZ Alkmaar. (instagram.com/zakariaaboukhlal)

Selain Druijf, Zakaria Aboukhlal juga jadi salah satu pemain yang memutuskan pindah ke klub di luar Belanda, yakni FC Toulouse. Pemain berkebangsaan Maroko itu didatangkan ke Stadium Municipal dengan mahar sebesar 2 juta euro (Rp30,4 miliar) dan dikontrak sampai 2026 mendatang. 

Pesepak bola berusia 22 tahun ini berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama AZ Alkmaar dalam dua musim terakhir. Pada 2021/2022, pemain yang mengisi pos sayap kanan ini berhasil menorehkan 4 gol dan 1 assists dalam 31 pertandingan. 

4. Thomas Ouwejan (FC Schalke 04)

5 Pemain AZ Alkmaar Putuskan Hengkang pada Musim Panas 2022Thomas Ouwejan ketika membela AZ Alkmaar di Eredivisie. (instagram.com/thomasouwejan)

Berikutnya, ada Thomas Ouwejan yang akhirnya menerima pinangan dari FC Schalke 04. Keputusannya untuk pindah ke klub Jerman itu setelah ia mendapatkan tempat utama di skuad Die Königsblauen kala menjalani masa pinjaman dari AZ Alkmaar di musim 2021/2022. 

Pemain berkebangsaan Belanda berusia 25 tahun ini diboyong ke Veltins-Arena dengan banderol sebesar 2 juta euro (Rp30,4 miliar). Sama seperti perannya di musim lalu, Ouwejan akan memperkuat pos bek kiri Schalke yang kembali tampil di Bundesliga musim 2022/2023. 

5. Owen Wijndal (Ajax Amsterdam)

5 Pemain AZ Alkmaar Putuskan Hengkang pada Musim Panas 2022Owen Wijndal saat masih berseragam AZ Alkmaar. (instagram.com/owenwijndal)

Terakhir, ada Owen Wijndal yang menjadi pemain AZ Alkmaar dengan banderol transfer termahal musim panas 2022. Pesepak bola berusia 22 tahun dibeli Ajax Amsterdam dengan banderol sebesar 10 juta euro (Rp152,1 miliar).

Bek kiri asal Belanda yang punya garis keturunan Suriname ini sudah menjadi andalan di tim inti Kaaskoppen dalam beberapa musim terakhir. Hadirnya Wijndal di skuad Ajax sendiri untuk menggantikan peran Nicolas Tagliafico yang memutuskan hijrah ke Lyon. 

AZ Alkmaar merupakan salah satu tim Belanda yang cukup aktif dalam bursa transfer musim panas 2022 ini. Namun, setelah ditinggalkan oleh beberapa pemain andalannya, mampukah klub asal Kota Alkmaar tersebut mendapatkan pengganti sepadan guna menjadi penantang serius Eredivisie 2022/2023?

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Terakhir yang Jadi Top Skor Eredivisie, Makin Jarang

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya