6 Pemain Muda Athletic Bilbao yang Bersinar pada 2022/2023

Berdampak signifikan terhadap penampilan Bilbao

Athletic Bilbao dikenal sebagai tim tradisional papan atas Spanyol yang punya sejarah panjang. Namun, klub asal Bilbao ini sejak lama menetapkan aturan ketat terkait proses rekrutmen pemain. Klub ini hanya boleh merekrut pemain yang lahir di Basque. 

Aturan inilah yang dianggap mengakibatkan kemunduran klub berjuluk Lehoiak dalam beberapa dekade terakhir. Mereka dianggap tertinggal jauh dibanding Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid. Kendati demikian, Athletic Bilbao tidak pernah sekali pun terdegradasi ke Segunda Division. 

Pada 2022/2023 ini, Athletic Bilbao memiliki catatan yang cukup baik di LaLiga Spanyol. Mereka mampu duduk di posisi ke-7 klasemen sementara pada jornada ke-22.

Performa baik ini tak bisa dilepaskan dari bintang muda lulusan akademi. Siapa saja pemainnya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Unai Simon

6 Pemain Muda Athletic Bilbao yang Bersinar pada 2022/2023Unai Simon (instagram.com/athleticclub)

Sepak terjang Unai Simon dikenal luas setelah menjadi kiper utama Timnas Spanyol di Euro 2020, Olimpiade 2020 Tokyo, dan Piala Dunia 2022 Qatar. Kiper berusia 25 tahun ini merupakan jebolan akademi Athletic Bilbao yang diangkat ke tim senior sejak 2018. 

Simon didapuk sebagai kiper utama Lehoiak sejak 2019/2020 untuk menggantikan Iago Herrerín. Sampai kini, ialah yang jadi kiper utama Athletic Bilbao saat berlaga di LaLiga. Sedangkan, di turnamen Copa del Rey, Ernesto Valverde memberikan kesempatan bagi kiper pelapis, Julen Agirrezabala.

2. Dani Vivian

6 Pemain Muda Athletic Bilbao yang Bersinar pada 2022/2023Dani Vivian saat membela Athletic Bilbao. (instagram.com/danivivian5)

Dani Vivian merupakan pemain muda yang tampil gemilang bersama Athletic Bilbao musim ini. Sebelum masuk ke tim utama Lehoiak, pemain berusia 23 tahun itu sempat dipinjamkan selama semusim kepada CD Mirandes pada 2020/2021. 

Berkat penampilan impresifnya bersama Mirandes, ia pun langsung ditunjuk jadi bek tengah utama Athletic Bilbao. Pada 2022/2023, Vivian sudah diturunkan dalam 20 pertandingan di LaLiga dan Copa del Rey. Bersama Yeray Alvarez, ia membuat pertahanan Bilbao sulit ditembus pemain lawan musim ini.

3. Unai Vencedor

6 Pemain Muda Athletic Bilbao yang Bersinar pada 2022/2023Unai Vencedor saat memperkuat Athletic Bilbao. (instagram.com/unaivencedor)

Unai Vencedor merupakan salah satu pemain muda Athletic Bilbao yang cukup diperhitungkan dalam beberapa musim terakhir. Penampilannya terlihat jelas ketika membela Bilbao pada 2021/2022. Ini karena kemampuannya dalam membuat kreasi serangan dan membantu pertahanan. 

Setelah tampil gemilang musim lalu, Vencedor justru gagal masuk tim inti Athletic Bilbao di bawah Valverde pada 2022/2023. Ia baru diturunkan dalam enam pertandingan LaLiga sebagai pengganti. Ini diakibatkan masuknya Ander Herrera yang menambah persaingan di lini tengah.

Baca Juga: 10 Potret Iker Muniain, Kapten yang Setia Bersama Athletic Bilbao

4. Oier Zarraga

6 Pemain Muda Athletic Bilbao yang Bersinar pada 2022/2023Oier Zarraga saat memperkuat Athletic Bilbao. (instagram.com/oierzarraga4)

Selain Vencendor, Oier Zarraga masuk sebagai gelandang tengah muda yang bersinar bersama Athletic Bilbao. Ia sudah masuk tim inti Lehoiak sejak diangkat ke tim senior pada 2021/2022. Ini karena Zarraga dikenal punya kemampuan dalam menyerang dan bertahan sekaligus. 

Pada 2022/2023, Zarraga kerap bergantian peran dengan Ander Herrera sebagai gelandang tengah. Namun, ialah yang menjadi pilihan utama Valverde untuk mengisi lini tengah sebagai playmaker Bilbao musim ini. 

5. Oihan Sancet

6 Pemain Muda Athletic Bilbao yang Bersinar pada 2022/2023Oihan Sancet saat membela Athletic Bilbao (instagram.com/o.sancet)

Oihan Sancet tengah menjadi buah bibir di Spanyol sepanjang musim ini. Pasalnya, pemain yang masih berusia 22 tahun itu berhasil masuk dalam daftar top skor LaLiga 2022/2023. Ia diketahui mencatatkan 8 gol dalam 21 pertandingan di LaLiga bersama Athletic Bibao. 

Berkat penampilan mengagumkannya, ia berhasil mengantarkan Bilbao masuk ke papan atas LaLiga. Performanya juga membuat harga pasarnya kian menjulang hingga menembus 20 juta euro (Rp323,9 miliar). Alhasil, tak sedikit pula klub besar yang tertarik mendatangkannya. 

6. Nico Williams

6 Pemain Muda Athletic Bilbao yang Bersinar pada 2022/2023Nico Williams saat membela Athletic Bilbao. (instagram.com/nicolas_williams9)

Terakhir, ada Nico Williams yang dikenal sebagai adik kandung Inaki Williams, striker andalan Athletic Bilbao. Selain bermain untuk Bilbao, pemain yang masih berusia 20 tahun ini juga ikut membela Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Pada 2022/2023, Williams mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama Athletic Bilbao. Sebagai pengisi pos sayap kanan, ia punya kecepatan yang luar biasa untuk membuka pertahanan lawan. Ia sudah mengoleksi 7 gol dan 6 assist di LaLiga dan Copa del Rey. 

Penampilan gemilang keenam pemain muda Athletic Bilbao di atas terbukti berdampak signifikan terhadap prestasi timnya. Tak hanya berniat kembali tampil di turnamen antarklub Eropa, Bibao juga sukses menembus semifinal Copa del Rey. Mereka berpeluang menjuarai Copa del Rey 2022/2023. 

Baca Juga: 5 Produk Akademi Athletic Bilbao yang Pernah Bermain di EPL

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya