9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang Imigran

Imigran juga tetap dapat berprestasi

Tak bisa dimungkiri bahwa Swiss menjadi salah satu negara kaya di Eropa dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi. Hal ini yang mendorong banyaknya imigran asal Balkan, Afrika, dan Timur Tengah untuk datang dan menetap di negara ini. 

Banyaknya imigran di Swiss juga terlihat dari komposisi pemain dalam tim nasional yang sebagian besar di antaranya berasal dari keluarga imigran. Bahkan, hanya sedikit di antara pemain Timnas Swiss yang merupakan etnis asli Eropa Swiss.

Bagi kalian yang belum tahu siapa saja pemain sepak bola Timnas Swiss yang berlatar belakang keluarga imigran simak daftar dan ulasannya berikut ini.

1. Xherdan Shaqiri

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranXherdan Shaqiri saat membela Timnas Swiss (instagram.com/shaqirixherdan)

Pertama ada striker andalan Timnas Swiss, yakni Xherdan Shaqiri yang kini merumput bersama klub Prancis, Olympique Lyon. Sebelumnya, pemain kelahiran tahun 1991 ini sudah membela beberapa klub besar, di antaranya Liverpool, Bayern Munchen, dan Inter Milan.

Pemain berusia 30 tahun ini memiliki latar belakang keluarga imigran asal Kosovo, Albania, yang pindah ke Swiss setelah bergejolaknya peperangan di Yugoslavia tahun 1992. Ia juga dikenal sebagai salah satu pesepak bola yang menganut agama Islam. 

2. Granit Xhaka

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranGranit Xhaka kala membela Arsenal (instagram.com/granitxhaka)

Sama seperti Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka dalah pesepak bola yang memiliki latar belakang imigran etnis Albania asal Pudujevo, Kosovo. Keluarganya sudah pindah ke Basel sejak kakaknya, Taulant Xhaka, lahir sehingga ia dilahirkan di Swiss. 

Pesepak bola berusia 29 tahun itu kini membela Arsenal sekaligus menjadi pemain andalan di tubuh Timnas Swiss. Sebelum bergabung bersama Arsenal pada tahun 2016, ia sempat membela Borussia Mönchengladbach dan FC Basel.

3. Ruben Vargas

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranRuben Vargas saat membela Timnas Swiss (instagram.com/iamrubenvargas)

Pemain yang bernama lengkap Ruben Estephan Vargas Martinez ini merupakan salah stau pesepak bola bertalar belakang imigran. Ayah Vargas diketahui berasal dari Republik Dominika, sedangkan ibunya berasal dari Swiss.

Kini pesepak bola berusia 23 tahun itu sedang membela klub Bundesliga, FC Augsburg, sejak tahun 2019. Pemain kelahiran Adligenswil yang berposisi sebagai winger ini sebelumnya merupakan jebolan akademi FC Luzern.

4. Djibril Sow

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranDjibril Sow saat membela Eintracht Frankfurt (instagram.com/dsow8)

Berikutnya ada pesepak bola bernama Djibril Sow yang saat ini membela klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt. Pemain bola jebolan akademi FC Zurich ini sebelumnya sempat membela Borussia Mönchengladbach dan BSC Young Boys.

Sow diketahui memiliki darah campuran antara Swiss dari ibunya dan Senegal dari ayahnya. Di samping itu, pemain 24 tahun yang berposisi sebagai gelandang tengah itu juga sudah membela Timnas Swiss sejak tahun 2018 lalu. 

Baca Juga: 5 Penjualan Pemain Termahal Eintracht Frankfurt, Jovic Memimpin!

5. Noah Okafor

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranNoah Okafor kala membela Red Bull Salzburg (instagram.com/noah.arinze)

Noah Okafor merupakan pemain sepak bola Swiss yang kini membela klub Austria, Red Bull Salzburg, sejak 2020. Sebelum membela RB Salzburg, pesepak bola muda berusia 21 tahun ini masih membela FC Basel pada 2015--2020. 

Pemain yang berposisi sebagai striker ini juga menjadi andalan klubnya dan Timnas Swiss dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Di sisi lain, Okafor memiliki keturunan Nigeria dari ayahnya dan Swiss dari ibunya.

6. Kevin Mbabu

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranKevin Mbabu saat berlatih dengan VfL Wolfsburg (instagram.com/kevin_mbabu)

Kevin Mbabu juga merupakan salah satu pemain sepak bola Swiss yang memiliki latar belakang keluarga imigran. Ibunya diketahui berasal dari Republik Demokratik Kongo dan ayahnya berasal dari Prancis. Namun, ia diketahui tidak pernah bertemu dengan ayah kandungnya dan hanya mengenal ayah angkatnya. 

Pesepak bola berkebangsaan Swiss ini saat ini tengah membela klub Bundesliga Jerman, VfL Wolfsburg, sejak 2019. Ia diketahui sempat membela BSC Young Boys, Newcastle United, Rangers, dan Servette FC.

7. Manuel Akanji

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranManuel Akanji saat membela Borussia Dortmund (instagram.com/obafemi_36)

Tak ketinggalan ada Manuel Akanji yang merupakan pesepak bola yang kini memperkuat klub Jerman, Borussia Dortmund. Sebelumnya ia sempat membela dua klub Liga Swiss, yakni FC Basel dan FC Winterthur. 

Sementara itu, pemain sepak bola berusia 26 tahun ini sudah diketahui sebagai salah satu dari pemain Timnas Swiss yang berlatar belakang imigran. Ayahnya berasal dari Nigeria dan ibunya merupakan warga negara Swiss.

8. Denis Zakaria

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranDenis Zakaria di Borussia Mönchengladbach (instagram.com/deniszakaria)

Denis Zakaria adalah pemain sepak bola Swiss yang sedang merumput di Bundesliga bersama klub Borussia Mönchengladbach. Pemain berusia 25 tahun ini sebelumnya pernah membela klub Swiss, BSC Young Boys dan Servette FC. 

Zakaria dikenal sebagai salah satu pemain berdarah imigran di tubuh Timnas Swiss. Pasalnya, ayahnya merupakan seorang imigran asal Sudan Selatan dan ibunya diketahui berasal dari RD Kongo. 

9. Haris Seferovic

9 Pemain Timnas Swiss yang Berlatar Belakang ImigranHaris Seferovic saat membela Benfica (instagram.com/haris_seferovic_9)

Terakhir ada penyerang andalan Timnas Swiss bernama Haris Seferovic. Pemain sepak bola berusia 29 tahun ini kini sedang membela klub asal Portugal, SL Benfica, sejak musim panas tahun 2017. Ia diketahui sempat membela Eintracht Frankfurt, Real Sociedad, Fiorentina, Novara, Lecce, Grasshoppers, dan FC Zurich. 

Seferovic juga diketahui sudah membela timnas junior Swiss sejak tahun 2009 lalu dan berhasil menyabet gelar juara dunia. Di balik prestasinya, Seferovic bukanlah asli Swiss dan orangtuanya berasal dari Bosnia-Herzegovina dan sudah menetap di Swiss sejak tahun 1980-an.

 

Itu tadi kesembilan pemain Timnas Swiss yang memiliki latar belakang keluarga imigran. Dari sini kita bisa mengetahui para pemain berdarah imigran juga turut ambil andil dalam kesuksesan Timnas Swiss untuk melaju ke berbagai turnamen.

Baca Juga: 17 Rekomendasi Tempat Wisata ala Ira Wibowo, Puas Keliling Swiss

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya