Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Dibeli dari Klub Turki pada Musim Panas 2022

Beberapa di antaranya merapat ke liga elite Eropa

Super Lig Turki tidak dikenal sebagai salah satu liga elite di Eropa. Mereka juga tidak bertabur pemain bintang berharga mahal. Meski demikian, tidak berarti klub Turki tidak memiliki pemain berkualitas yang jadi incaran klub-klub liga papan atas Benua Biru. 

Klub Turki justru terbukti berhasil melakukan pembelian bibit unggul yang kemudian sukses menjadi pemain bintang. Alhasil, banyak klub besar Eropa yang mencari pemain bintang berharga miring di Turki pada bursa transfer musim panas 2022. 

Walau terbilang murah bagi klub elite, transfer pemain itu termasuk besar untuk ukuran pendapatan klub Turki. Berikut lima pemain termahal yang dibeli dari klub Turki pada musim panas 2022.

1. Allahyar Sayyadmanesh (Rp65,7 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dibeli dari Klub Turki pada Musim Panas 2022Allahyar Sayyadmanesh saat membela Hull City. (instagram.com/allahyar_sayyadmanesh)

Allahyar Sayyadmanesh adalah pemain asal Iran yang hijrah ke Hull City pada musim panas 2022. Pemain berusia 21 tahun ini dipermanenkan dari Fenerbahce dengan banderol sebesar 4,5 juta euro (Rp65,7 miliar) dan dikontrak sampai 4 tahun ke depan. 

Sayyadmanesh yang berposisi sebagai striker ini datang ke MKM Stadium untuk memperkuat lini depan The Tigers yang masih tumpul. Imbas cedera, pemain muda ini terpaksa absen dalam beberapa pertandingan terakhir di kasta kedua Liga Inggris.

2. Andreas Cornelius (Rp87,6 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dibeli dari Klub Turki pada Musim Panas 2022Andreas Cornelius ketika membela FC Copenhagen. (instagram.com/fc_kobenhavn)

Andreas Cornelius adalah pemain termahal yang didatangkan FC Copenhagen pada musim panas 2022 ini. Pemain asal Denmark ini dibeli dengan banderol 6 juta euro (Rp87,6 miliar) dari Trabzonspor. Sesuai kontraknya, ia akan membela tim masa kecilnya sampai 5 tahun ke depan. 

Pemain berusia 29 tahun ini diboyong untuk mempertajam lini depan Byens Hold yang kurang impresif. Karena baru bergabung pada 31 Agustus, akibatnya Cornelius baru diturunkan dalam dua pertandingan bersama tim barunya.

Baca Juga: 5 Bintang Eropa yang Bermain di Super Lig Turki 2022/2023

3. Ahmetcan Kaplan (Rp138,5 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dibeli dari Klub Turki pada Musim Panas 2022Ahmetcan Kaplan ketika resmi berseragam Ajax Amsterdam. (instagram.com/ahmetcannkaplan)

Masih dari Trabzonspor, kali ini ada nama Ahmetcan Kaplan yang memutuskan hengkang ke Ajax Amsterdam. Pemain berusia 19 tahun ini termasuk salah satu pemain termahal di Ajax dengan banderol 9,5 juta euro (Rp138,5 miliar). Ia rencananya akan membela tim barunya sampai 2027. 

Pemain asal Turki itu didatangkan ke Johan Cruiff Arena untuk mempertangguh lini belakang Ajax usai ditinggal sejumlah pemain belakang andalannya. Akan tetapi, usianya yang masih belia membuatnya hanya menjadi pelapis di skuad de Godenzonen pada awal musim ini. 

4. Marcao (Rp174,7 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dibeli dari Klub Turki pada Musim Panas 2022Marcao ketika mengikuti sesi latihan bersama Sevilla. (twitter.com/teixeira_marcao)

Marcao memutuskan hengkang ke Sevilla pada musim panas ini. Pemain asal Brasil ini diboyong dengan harga 12 juta euro (Rp174,7 miliar) dari klub raksasa Turki, Galatasaray. Berdasarkan kontrak dengan klub barunya, ia akan membela sampai 2027 mendatang. 

Pemain berusia 26 tahun ini berlabuh ke Ramon Sanchez Pizjuan untuk mengisi kekosongan lini belakang Sevilla yang ditinggal Joules Kounde dan Diego Carlos. Sayangnya, Marcao belum bisa membela Los Nervionenses sebab masih didera cedera.

5. Kim Min Jae (Rp262,9 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dibeli dari Klub Turki pada Musim Panas 2022Kim Min Jae ketika membela Napoli di Serie A. (instagram.com/kiminjae3)

Terakhir, sekaligus yang paling mahal adalah Kim Min Jae. Pemain asal Korea Selatan ini dibeli Napoli dari Fenerbahce dengan banderol 18,05 juta euro (Rp262,9 miliar). Ia juga sudah meneken kontrak bersama klub barunya sampai 2025 dengan opsi perpanjangan 2 tahun.

Kedatangan Kim Min Jae ke Diego Armando Maradona Stadium ini untuk membantu pertahanan I Partenopei usai ditinggal Kalidou Koulibaly. Pembelian ini rupanya pilihan tepat, sebab ia berhasil menunjukkan performa terbaiknya dan mencetak 2 gol dalam 9 laga.

Liga Turki memang bukanlah liga elite yang jadi jujukan utama para bintang sepak bola papan atas. Kendati demikian, tidak sedikit pemain yang mengawali kariernya hingga mampu bersinar bersama klub Turki.

Baca Juga: 5 Pelatih Italia yang Pernah Menangani Klub Super Lig Turki

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya