5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Main di Liga Eropa

Mereka sempat cicipi kesempatan langka

Timnas Jepang merupakan salah satu tim sepak bola besar di level Asia yang jadi langganan masuk turnamen Piala Dunia. Selain itu, tim berjuluk Samurai Blue ini juga berhasil mengoleksi empat gelar juara Piala Asia di tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011. 

Penampilan impresif timnas Jepang dalam beberapa tahun terakhir tentu tidak bisa dilepaskan dari penampilan para pemainnya. Bahkan, banyak para pemain asal Negeri Sakura yang mampu berkompetisi di Eropa yang dikenal akan persaingan ketatnya. 

Meski tidak banyak penjaga gawang asal Jepang yang berkiprah di Liga Eropa, nyatanya ada beberapa kiper asal negara Asia Timur itu yang pernah diandalkan oleh klub-klub Eropa. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini, yuk! 

1. Leo Kokubo (Benfica)

5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Main di Liga EropaLeo Kokubo ketika membela Benfica di Liga Portugal. (instagram.com/leobriankokubo)

Leo Kokubo merupakan salah satu pemain berkebangsaan Jepang yang merumput bersama klub raksasa Portugal, Benfica. Pemain berusia 21 tahun itu belum membela tim senior karena masih memperkuat tim Benfica B di Segunda Liga. 

Pesepak bola keturunan Nigeria itu sudah diturunkan dalam 14 pertandingan Benfica B pada musim ini. Sayangnya, Kokubo masih belum dipanggil untuk memperkuat timnas Jepang di sejumlah turnamen. 

2. Kosuke Nakamura (Portimonense SC)

5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Main di Liga EropaKosuke Nakamura ketika memperkuat Timnas Jepang. (twitter.com/DTransferencias)

Masih di Liga Portugal, ada nama Kosuke Nakamura yang tengah memperkuat klub Portimonense SC. Penjaga gawang berusia 27 tahun ini sudah membela Portimonense sejak Januari 2021. Sebelumnya, ia sempat membela klub Jepang, Kashiwa Reysol dan Avispa Fukuoka. 

Bersama Portimonense, Nakamura sudah tampil dalam enam pertandingan dan berhasil mencatatkan enam clean sheet. Sementara itu, di tim Samurai Blue, Nakamura baru diturunkan dalam enam pertandingan sejauh ini. 

Baca Juga: 6 Penjaga Gawang Brasil yang Merumput di Liga Top Eropa

3. Daniel Schmidt (VV St. Truiden)

5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Main di Liga EropaDaniel Schmidt saat memperkuat Sint-Truiden di Liga Belgia. (japantimes.co.jp)

Berikutnya, ada nama Daniel Schmidt yang sedang merumput di Liga Belgia bersama klub VV St. Truiden. Pesepak bola asal Jepang berusia 30 tahun itu sudah bergabung dengan tim yang bermarkas di Stayen tersebut sejak musim panas 2019 setelah diboyong dari Vegalta Sendai. 

Kiper yang lahir di Illinois, Amerika Serikat, itu dikenal sebagai andalan tim berjuluk De Kanaries untuk menjaga mistar gawang. Schmidt sudah diturunkan dalam 31 pertandingan dan berhasil mencatatkan 11 clean sheet

Sedangkan di Timnas Jepang, Schmidt baru memiliki tujuh caps sejak memulai debutnya di tahun 2018. Sayangnya, ia tidak berhasil masuk sebagai pemain yang dipanggil di timnas Jepang dalam turnamen besar. 

4. Eiji Kawashima (Racing Strasbourg)

5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Main di Liga EropaEiji Kawashima ketika membela Timnas Jepang. (instagram.com/eijikawashima01)

Salah satu kiper populer Jepang tak lain adalah Eiji Kawashima. Penjaga gawang senior berusia 39 tahun itu sudah menjadi andalan timnas Jepang dalam berbagai turnamen besar dan sudah mengantongi 94 caps sejak melakoni debutnya di tahun 2008 silam. 

Kawashima sudah membela Racing Strasbourg sejak didatangkan dari FC Metz pada tahun 2018. Sebelum itu, ia pernah berkompetisi di Liga Skotlandia bersama Dundee United dan merumput di Liga Belgia dengan Standard Liege dan Lierse SK. 

Sayangnya, penjaga gawang senior ini hanya menjadi pelapis dari Matz Sels dalam skuad klub berjuluk Le Racing. Pada musim ini, Kawashima baru diturunkan dalam dua pertandingan. Namun, semua pertandingan itu ia lakoni dengan mencatatkan clean sheet

5. Shuichi Gonda (Portimonense SC)

5 Penjaga Gawang Jepang yang Pernah Main di Liga EropaShuichi Gonda saat membela Timnas Jepang. (instagram.com/shuichi33g)

Terakhir, ada nama Shūichi Gonda yang saat ini merumput bersama klub J-League, Shimizu S-Pulse. Sebelum itu, pemain berusia 33 tahun ini pernah membela Portimonense selama dua musim, sejak 2019-2021. Ia resmi dipermanenkan pada Januari 2022 setelah dipinjamkan selama satu musim ke Shimizu S-Pulse. 

Penjaga gawang senior ini juga jadi salah satu andalan tim Samurai Blue di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia. Walaupun sudah mengantongi 31 caps bersama timnas Jepang, ia justru belum pernah masuk dalam skuad Jepang dalam kompetisi internasional. 

Timnas Jepang memang bisa dibilang sebagai salah satu tim sepak bola besar di level Asia yang mampu menyaingi tim Eropa dan Amerika Latin. Meski banyak pesepak bola Jepang yang berkompetisi di Liga Eropa, tetapi tidak banyak yang mampu dalam skuad inti klubnya. 

Baca Juga: 9 Penjaga Gawang yang Pernah Meraih Penghargaan Player of the Month

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya