6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di Eropa

Tersebar di beberapa liga top Eropa

Australia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekuatan sepak bola besar, terutama di level Asia. Sayangnya, pada 2022 ini, Socceroos tidak dapat langsung melaju ke fase grup Piala Dunia 2022 dan harus menghadapi Uni Emirat Arab serta Peru di playoff.

Penampilan baik timnas Australia selama ini tentu tak bisa dilepaskan dari prestasi para pemain yang berjuang membela tim ini. Pemain sepak bola Australia juga banyak yang meniti karier di Eropa dengan persaingan yang ketat.

1. Mathew Ryan (Real Sociedad)

6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di EropaMathew Ryan saat tampil bersama Real Sociedad di LaLiga. (instagram.com/matyryan)

Pertama, ada Mathew Ryan yang saat ini tengah memperkuat klub LaLiga Spanyol, Real Sociedad. Pemain sepak bola yang mengisi posisi penjaga gawang ini pernah membela beberapa klub di Spanyol, Inggris, dan Belgia meliputi Valencia, KRC Genk, Club Brugge, Arsenal, dan Brighton & Hove Albion. 

Ryan yang memiliki kewarganegaraan kedua Inggris ini dikenal sebagai kiper pelapis Real Sociedad dan baru diturunkan dalam sembilan pertandingan musim ini. Sedangkan, di level timnas, ia sudah diturunkan dalam 67 pertandingan bersama Socceroos. 

2. Cristian Volpato (AS Roma)

6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di EropaCristian Volpato saat membela AS Roma. (instagram.com/cristianvolpato)

Berikutnya, ada wonderkid Australia bernama Cristian Volpato, yang saat ini tengah membela AS Roma. Namun, pemain sepak bola jebolan akademi AS Roma ini belum masuk ke dalam skuad senior. Ia masih mengisi skuad AS Roma U-19. 

Pemain berusia 18 tahun ini lahir di Australia dan memiliki kewarganegaraan ganda, yakni Italia dan Australia. Saat ini, ia memang membela timnas Italia U-20, tetapi dapat membela tim Socceroos pada kemudian hari.

3. Ajdin Hrustic (Eintracht Frankfurt)

6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di EropaAjdin Hrustić saat membela timnas Australia melawan Arab Saudi dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. (instagram.com/katez.media)

Ajdin Hrustic merupakan salah satu pemain andalan Socceroos dalam mengisi posisi gelandang tengah. Pemain sepak bola berusia 26 tahun ini sudah memperkuat timnas Australia sebanyak 12 caps. Ia mampu menyumbangkan dua gol selama itu.

Pemain yang memiliki keturunan Bosnia-Herzegovina ini tengah membela klub Jerman, Eintracht Frankfurt, sejak musim panas 2020. Sebelumnya, ia sempat memperkuat FC Groningen dan tim junior FC Schalke 04.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Maroko yang Merumput di Serie A 2021/2022

4. Denis Genreau (Toulouse)

6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di EropaDenis Genreau saat membela Toulouse FC di Ligue 2. (instagram.com/denisgenreau)

Kemudian, ada nama Denis Genreau yang masuk sebagai salah satu pemain timnas Australia. Pemain berusia 22 tahun ini sedang memperkuat klub Ligue 2, Toulouse, sejak musim panas 2021. Ia juga sempat membela klub Belanda, PEC Zwolle, dan klub Australia, Melbourne City dan Macarthur. 

Pemain sepak bola yang memiliki kewarganegaraan Prancis dan Australia ini sudah menjadi andalan Toulouse untuk mengisi gelandang bertahan. Genreau baru melakoni debutnya bersama tim senior Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Arab Saudi.

5. Joel King (Odense Boldklub)

6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di EropaJoel King saat membela Odense Boldklub di Liga Denmark. (instagram.com/joelking.5)

Joel King adalah pemain Australia yang sedang memperkuat klub Denmark, Odense Boldklub (OB) sejak musim dingin 2022. Sebelum berlabuh ke Denmark, ia pernah merumput bersama Sydney FC pada September 2018. 

Masih berusia 21 tahun membuatnya menjadi pelapis untuk mengisi bek kiri OB. Ia hanya diturunkan dalam lima pertandingan di Liga Denmark. King juga baru melakukan debutnya bersama timnas Australia pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

6. Trent Sainsbury (KV Kortrijk)

6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di EropaTrent Sainsbury saat membela KV Kortrijk di Liga Belgia. (instagram.com/trentsainsbury)

Terakhir, ada nama Trent Sainsbury yang masuk dalam jajaran pemain andalan di skuad Socceroos. Pemain berusia 30 tahun ini sudah melakoni debutnya di timnas Australia pada 2014. Ia memiliki caps sebanyak 56 kali dan mampu menyumbangkan 4 gol. 

Sainsbury tengah membela klub Belgia, KV Kortrijk, sejak musim panas 2022. Ia bergabung setelah didatangkan dari Maccabi Tel Aviv. Sebelum pindah ke Belgia, ia pernah membela beberapa klub papan atas, seperti Inter Milan dan PSV Eindhoven. 

Pemain sepak bola Australia memang dikenal memiliki kemampuan yang tak kalah hebat dibandingkan negara lain, terutama di level Asia. Namun, mayoritas di antaranya belum mampu menembus skuad utama di klub liga besar Eropa.

Baca Juga: Keluarga Pesepak Bola, 5 Pesepak Bola Kakak Beradik Terbaik Saat Ini

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya