6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan Balkan

Mayoritas lahir di Australia!

Australia dikenal sebagai salah satu negara tujuan migrasi sejak dulu terutama bagi imigran asal Eropa. Para imigran tersebut pergi ke Australia untuk mencari kehidupan yang lebih baik dan menghindari konflik di negara asalnya. 

Salah satu imigran Eropa yang cukup dominan di Australia adalah yang berasal dari negara-negara Balkan, seperti Serbia, Bosnia-Herzegovina, dan Kroasia. Hal ini terlihat dalam komposisi pemain tim nasional Australia yang memiliki garis keturunan Balkan. Berikut daftar pemainnya. 

1. Milos Degenek

6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan BalkanMilos Degenek ketika memperkuat Timnas Australia. (instagram.com/milosdegenek)

Milos Degenek adalah pemain sepak bola berkebangsaan Australia yang lahir di Knin, Kroasia. Keluarganya yang berasal dari etnis Serbia diketahui terdampak Perang Kemerdekaan Kroasia dan harus mengungsi ke Belgrade di tahun 1995. 

Sementara itu, pemain berusia 28 tahun ini berhak mendapatkan kewarganegaraan Australia setelah keluarganya memutuskan untuk pindah ke Sydney di tahun 2000. Meski begitu, ia diketahui memiliki dua kewarganegaraan Australia dan Serbia. 

Pesepak bola yang memperkuat klub MLS, Columbus Crew ini diketahui sempat membela Timnas Serbia U-19. Namun, pemain yang mengisi posisi bek tengah ini memutuskan untuk membela Socceroos sampai saat ini. 

2. Fran Karacic

6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan BalkanFran Karačić saat membela Timnas Australia. (instagram.com/socceroos)

Fran Karacic jadi salah satu pemain yang jadi andalan Timnas Australia. Pemain berusia 26 tahun ini lahir di Zagreb dan tidak pernah tinggal di Australia. Namun, ia berhak mendapatkan kewarganegaraan berkat kakek dan orangtuanya yang memiliki warga negara Australia. 

Pesepak bola yang berasal dari etnis Kroasia ini memutuskan untuk membela Socceroos sejak 2018 lalu. Dilansir Goal, ia sempat bimbang dalam memutuskan mana tim nasional yang akan ia bela, tetapi ia akhirnya memutuskan membela Australia. 

Meskipun demikian, pemain yang membela Brescia ini baru memulai debut bersama tim senior Negeri Kanguru pada Juni 2021. Sayangnya, ia masih belum masuk sebagai tim inti Socceroos

3. Danny Vukovic

6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan BalkanDanny Vukovic ketika membela Timnas Australia. (instagram.com/vuka1)

Kemudian, ada nama Danny Vukovic yang dikenal sebagai penjaga gawang senior dalam skuad Timnas Australia. Pesepak bola berusia 37 tahun ini lahir di Sydney, Australia dan memiliki garis keturunan Serbia dari orangtuanya. Atas hal itu, ia berhak mendapat kewarganegaraan Australia dan Serbia. 

Saat ini, Vukovic tengah membela klub Belanda, NEC Nijmegen. Sebelumnya, ia sempat membela KRC Genk di Belgia dan pernah merumput di Australia, Jepang, dan Turki. Namun, ia hanya memiliki 4 caps bersama tim Socceroos

Baca Juga: 6 Kiper Australia yang Pernah Merumput di English Premier League

4. Ajdin Hrustic

6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan BalkanAjdin Hrustić ketika menyapa penonton usai pertandingan Timnas Australia. (instagram.com/hrus7ic)

Ajdin Hrustic merupakan pemain sepak bola Australia yang memiliki garis keturunan Bosnia-Herzegovina dari kedua orangtuanya. Meski begitu, ia dilahirkan di Melbourne, Australia yang membuatnya punya hak untuk mengklaim kewarganegaraan di Negeri Kanguru. 

Pemain berusia 25 tahun ini tengah merumput di Bundesliga bersama klub Eintracht Frankfurt. Ia juga menjadi salah satu pemain yang berkontribusi membawa tim asal Kota Frankfurt itu meraih gelar juara Liga Europa musim ini. 

Sementara, di Timnas Australia, Hrustic tercatat sebagai pemain andalan untuk mengisi pos gelandang tengah. Ia juga berhasil mengantarkan Socceroos untuk melaju ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Peru di laga playoff

5. Tomi Juric

6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan BalkanTomi Juric saat membela Timnas Australia. (instagram.com/tomijuric9)

Berikutnya, ada Tomi Juric yang merupakan salah satu pemain asal Australia berdarah Kroasia. Pemain kelahiran Auburn, New South Wales ini memiliki garis keturunan dari Bosnia Kroat dari ayahnya dan ibunya asal Kroasia. Namun, kedua orangtuanya sudah pindah ke Australia sebelum ia dilahirkan. 

Pemain berusia 30 tahun ini sudah dipercaya menjadi striker andalan skuad Socceroos dalam gelaran Piala Asia 2016 dan Piala Dunia 2018. Sayangnya, pemain yang membela Macarthur ini tidak pernah dipanggil lagi oleh tim nasional. Ia juga dikenal memiliki adik yang berprofesi sebagai pesepak bola, bernama Deni Juric. 

6. Tom Rogic

6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan BalkanTom Rogic ketika memperkuat Timnas Australia. (instagram.com/tomrogic18)

Tak ketinggalan ada Tom Rogic yang sesuai nama keluarganya dikenal sebagai pemain dengan garis keturunan Balkan. Pemain kelahiran Canberra, Australia ini memiliki orangtua yang berasal dari Serbia yang memutuskan pindah ke Negeri Kanguru. 

Pesepak bola yang membela FC Celtic ini dikenal sebagai pemain andalan tim Socceroos untuk mengisi pos gelandang serang. Di tim nasional, pesepak bola 29 tahun ini sudah mendapat tempat utama dan mencatatkan 51 caps serta menorehkan 8 gol. 

 

Pemain Timnas Australia dalam beberapa tahun terakhir memang banyak yang berlatar belakang asal negara-negara Balkan. Meski mayoritas pindah akibat konflik di negara asalnya, tapi mereka membuktikan diri untuk dapat menjadi andalan tim Socceroos di turnamen internasional. 

Baca Juga: 10 Potret Andrew Redmayne, Pahlawan Australia Menuju Piala Dunia 2022

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya