Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Turki yang Meniti Karier di Prancis pada 2021/2022

Mayoritas berusia di bawah 25 tahun

Turki dikenal sebagai salah satu tim kuda hitam di Eropa. Mereka sukses duduk di peringkat ketiga Piala Dunia 2002 dan masuk semifinal Piala Eropa 2008. Sayangnya, Turki harus absen dalam turnamen Piala Dunia 2022 Qatar.

Pasalnya, tim nasional Turki hanya menduduki peringkat kedua klasemen di bawah Belanda. Mereka terpaksa melaju ke babak playoff. Alih-alih meraih hasil positif setelah itu, tim berjuluk Ay-Yildizlilar rupanya harus harus mengakui keunggulan Portugal dengan skor 1-3.

Kendati demikian, Turki saat ini dikenal memiliki skuad yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Tak heran apabila terdapat beberapa pemain andalannya yang ikut berkompetisi di liga besar Eropa pada 2021/2022 ini. Salah satunya di Prancis.

1. Amir Arli (Dijon)

5 Pesepak Bola Turki yang Meniti Karier di Prancis pada 2021/2022Amir Arli saat memperkuat Dijon di Ligue 2. (twitter.com/LeDijonShow)

Amir Arli merupakan pemain muda berkebangsaan Turki yang tengah merumput bersama klub Ligue 2, Dijon. Pemain berusia 19 tahun ini merupakan jebolan akademi Dijon dan berhasil masuk ke skuad senior tim asal Prancis bagian timur tersebut. 

Lantaran masih muda, pesepak bola yang memiliki kewarganegaraan kedua Prancis itu belum banyak mendapatkan jam terbang di Dijon. Pemain yang mengisi pos gelandang serang itu baru diturunkan dalam 3 laga dan menyumbangkan 1 gol musim ini.

2. Cengiz Uender (Olympique Marseille)

5 Pesepak Bola Turki yang Meniti Karier di Prancis pada 2021/2022Cengiz Uender saat membela Marseille di Ligue 1. (instagram.com/cengizunder)

Cengiz Uender masuk sebagai salah satu pemain andalan Olympique Marseille untuk mengisi lini serang, tepatnya di posisi sayap kanan. Pemain berusia 24 tahun itu sebenarnya masih berstatus pinjaman dari AS Roma dan terdapat opsi untuk dipermanenkan.

Bersama Les Olympiens, penampilan Uender bisa dibilang sangat mengesankan. Pasalnya, ia berhasil menyumbangkan 12 gol dan 5 assist dalam 42 pertandingan sepanjang musim ini.

Di timnas Turki, ia terhitung sudah memiliki 38 caps dan berhasil mencetak 12 gol. Uender juga masuk sebagai salah satu pemain utama dan ikut membela Turki di Piala Eropa 2020 dan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Australia yang Meniti Karier di Eropa

3. Dogan Alemdar (Rennes)

5 Pesepak Bola Turki yang Meniti Karier di Prancis pada 2021/2022Dogan Alemdar saat berseragam Rennes. (instagram.com/dogan.alemdar)

Berikutnya, ada nama Dogan Alemdar yang termasuk sebagai penjaga gawang muda asal Turki yang berkompetisi di Ligue 1. Pemain berusia 19 tahun ini bergabung ke Rennes sejak Agustus 2021 usai didatangkan dari Kayserispor.

Punya usia yang cukup belia, Alemdar belum mendapatkan tempat utama dalam skuad Rennes musim ini. Namun, ia sudah diturunkan dalam 14 pertandingan Les Rennais musim ini dan menorehkan 3 clean sheet.

4. Zeki Celik (LOSC Lille)

5 Pesepak Bola Turki yang Meniti Karier di Prancis pada 2021/2022Zeki Çelik saat membela Lille di Ligue 1. (instagram.com/zekicelik17)

Tak ketinggalan, ada nama Zeki Celik yang kini membela LOSC Lille sejak didatangkan pada musim panas 2018. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu sebelumnya sempat membela klub lokal Turki, Istanbulspor dan Bursaspor. 

Pemain berusia 25 tahun itu dikenal sebagai pemain andalan dalam skuad dan punya kontribusi besar kepada tim berjuluk Les Dogues. Pasalnya, ia sudah dimainkan dalam 36 laga dan mampu menorehkan 2 gol dan 2 assist sepanjang musim ini. 

Bersama timnas Turki, Celik sudah mencatatkan 30 caps sejak melakoni debut pada 2018. Sebelumnya, ia menjadi salah satu pemain Turki U-21.

5. Burak Yilmaz (LOSC Lille)

5 Pesepak Bola Turki yang Meniti Karier di Prancis pada 2021/2022Burak Yilmaz saat membela Lille di Ligue 1. (instagram.com/by17)

Terakhir, ada nama Burak Yilmaz yang dikenal sebagai pemain utama dalam skuad LOSC Lille dan timnas Turki. Pesepak bola yang berposisi sebagai striker ini sudah diturunkan dalam 37 pertandingan Lille musim ini dan mencatatkan 7 gol dan 3 assist

Sebelum berlabuh ke Stade Pierre-Mauroy, Yilmaz sempat membela klub besar Turki, seperti Besiktas, Trabzonspor, Galatasaray, dan Fenerbahce. Ia juga sempat memperkuat klub Liga China, Beijing Guoan. 

Di skuad Ay-Yildizlilar, pemain senior berusia 36 tahun itu sudah memiliki 77 caps dan menorehkan catatan 31 gol. Pesepak bola asal Antalya itu sudah menjalani debutnya bersama timnas Turki sejak 2006.

Di samping lima pesepak bola Turki di atas, sebenarnya masih ada dua pemain Turki lain yang memiliki kontrak dengan klub Prancis, yakni Umut Bozok di FC Lorient dan Yusuf Yazici di Lille. Namun, keduanya masih dipinjamkan ke klub Turki dan Rusia.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Meksiko yang Meniti Karier di Klub Spanyol

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya