5 Piala Dunia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarah

Bisakah Piala Dunia 2022 Qatar memecahkan rekor baru?

Piala Dunia menjadi turnamen yang dinanti-nanti oleh para penggemar sepak bola di seluruh dunia. Pasalnya, kompetisi sepak bola akbar ini hanya digelar 4 tahun sekali dan mampu memberikan kemeriahan tersendiri dalam seluruh pertandingannya. 

Lantaran digelar secara bergiliran, tentunya setiap tuan rumah turnamen ini mampu memberikan daya tarik dan keunikan tersendiri. Alhasil, terdapat beberapa gelaran Piala Dunia yang mampu mencatatkan attendance atau kunjungan terbanyak. 

Kira-kira edisi Piala Dunia mana yang mampu memikat banyak penonton? Berikut lima edisi Piala Dunia yang sukses menarik pengunjung terbanyak sepanjang sejarah. 

1. Piala Dunia 2018 Rusia

5 Piala Dunia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarahsuasana di dalam Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia (twitter.com/SISPitches)

Piala Dunia 2018 Rusia ternyata masuk edisi Piala Dunia yang cukup difavoritkan oleh para pengunjungnya. Pasalnya, edisi Piala Dunia yang digelar 4 tahun silam ini mampu mencatatkan 3.031.768 tiket terjual dan rata-rata penonton di stadion sebesar 47,371 orang. 

Meski digelar di Rusia yang dikenal sebagai negara terbesar di dunia, tapi 11 kota penyelenggara pertandingan terletak di sisi Eropa. Alhasil, konektivitas dari dan menuju ke kota penyelenggara bagi para suporter Piala Dunia bukan menjadi masalah utama. 

2. Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

5 Piala Dunia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarahsuasana di dalam FNB Stadium, Johannesburg, Afrika Selatan (twitter.com/SarBareman)

Edisi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan tercatat sebagai Piala Dunia dengan kunjungan terbanyak keempat sepanjang sejarah. Turnamen 4 tahunan yang pertama kalinya digelar di Benua Afrika ini mencatatkan 3.167.984 kunjungan dan rerata penonton di stadion sebanyak 49.499. 

Perhelatan Piala Dunia Afrika Selatan ini diselenggarakan di sembilan kota dengan sepuluh stadion. Sedangkan pertandingan terbanyak diselenggarakan dua stadion utama, yakni FNB Stadium (Soccer City) di Johannesburg dan Cape Town Stadium sebanyak delapan pertandingan. 

Baca Juga: Intip Megahnya 8 Stadion Piala Dunia 2022 Qatar, Ada Stadion Lusail

3. Piala Dunia 2006 Jerman

5 Piala Dunia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarahsuasana di dalam Olympiastadion, Berlin, Jerman (twitter.com/DFB_Pokal)

Piala Dunia 2006 Jerman mencatatkan total tiket terjual terbesar ketiga sebesar 3.367.000, dengan rerata kunjungan di stadion mencapai 52.609. Edisi Piala Dunia di Jerman ini menjadi kali ke-10 turnamen sepak bola terbesar sedunia ini diselenggarakan di Benua Eropa. 

Penyelengaraan Piala Dunia Jerman dilangsungkan di 12 kota dengan 12 stadion. Sedangkan kota utama tempat perhelatan akbar ini terletak di Berlin, Munich, Dortmund, dan Stuttgart yang kesemuanya menyelenggarakan enam pertandingan. 

4. Piala Dunia 2014 Brasil

5 Piala Dunia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarahsuasana di dalam Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Brasil. (twitter.com/maracana)

Edisi Piala Dunia 2014 Brasil sukses mencatatkan kunjungan terbesar kedua sepanjang sejarah. Sebanyak 3.441.450 tiket terjual dan rata-rata tingkat keterisian stadion di Brasil saat itu mencapai 53.772. Ini juga menjadi kedua kalinya Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia. 

Perhelatan Piala Dunia di Brasil ini cukup sukses, meski ada kekurangan akibat teritori Brasil yang sangat luas. Pasalnya, terdapat pertandingan di Manaus yang berada di tengah hutan Amazon. Namun, Estadio do Maracana di Rio de Janeiro dan Estadio Nacional di Brasilia jadi venue utama turnamen ini. 

5. Piala Dunia 1994 Amerika Serikat

5 Piala Dunia dengan Penonton Terbanyak Sepanjang Sejarahsuasana luar Rose Bowl Stadium di Pasadena, Amerika Serikat (twitter.com/RoseBowlStadium)

Terakhir sekaligus Piala Dunia yang mencatatkan kunjungan tertinggi adalah Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Pada turnamen ini, sebanyak 3.568.567 tiket berhasil dijual dan rerata kunjungan mencapai 68.626. Ini menunjukkan antusias yang tinggi, meski sepak bola bukanlah olahraga terpopuler di negeri Paman Sam. 

Piala Dunia 1994 di AS diselenggarakan di sembilan kota dengan sembilan stadion lokasi pertandingan. Sama seperti di Brasil, turnamen 4 tahunan di AS ini juga mengharuskan pemain dan suporter untuk pergi ke lokasi yang sangat jauh karena luasnya teritori negeri Paman Sam. 

 

Tingginya kunjungan setiap perhelatan Piala Dunia memang tidak bisa disamakan satu sama lain. Terdapat berbagai faktor penyebab tinggi rendahnya kunjungan ke negara tuan rumah, mulai dari keunikan sampai antusias dari para suporter. Lantas, mungkinkah Piala Dunia 2022 Qatar memecahkan rekor kunjungan tertinggi?

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Rekrut Penonton Bayaran?

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya