Thierry Henry Mendapat Tawaran Melatih Klub Liga Prancis Bordeaux

Bisa menyusul Vieira nih

Mantan bintang Timnas Prancis di Piala Dunia 1998, Thierry Henry mendapatkan tawaran untuk melatih tim Ligue 1 Prancis, FC Girondins Bordeaux. Sebelumnya Henry menjadi asisten pelatih tim nasional Belgia sejak tahun 2016. Bersama Roberto Martinez, ia mampu membawa Belgia melaju ke semifinal Piala Dunia 2018 di Rusia, serta menjadi peringkat ketiga untuk pertama kalinya.

Henry merupakan top skor Timnas Prancis, dengan 51 gol selama 123 kali membela Tim Ayam Jantan dari tahun 1997 hingga 2010. Henry telah mengantarkan Prancis menjuarai Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Penampilan Henry di Arsenal juga sangat gemilang dengan mencetak 174 gol dalam 257 pertandingan. Sedangkan saat di Barcelona ia mampu mencetak 35 gol dari 80 kali pertandingan, dilansir dari Skysports.com.

1. Menggantikan Gus Poyet

Thierry Henry Mendapat Tawaran Melatih Klub Liga Prancis Bordeauxteamtalk.com

Tawaran untuk melatih Bordeaux merupakan upaya yang dilakukan tim asal Prancis tersebut untuk menjuarai Liga 1. Selain itu setelah terjadinya masalah yang melibatkan pelatih lama Bordeaux, Gus Poyet yang mengkritik klub setelah menjual pemain Gaetan Laborde ke Montpellier, tanpa persetujuan dirinya.

Poyet menyebut kejadian tersebut merupakan 'aib' dari Bordeaux. Karena ia tidak menyetujui penjualan Laborde sebelum membeli pemain pengganti. Namun pihak klub tetap menjual pemain berusia 24 tahun tersebut. Akhirnya pelatih berusia 50 tahun asal Uruguay tersebut dihentikan sementara dalam melatih tim selama satu minggu dan digantikan oleg Eric Bedouet.

2. Mengikuti jejak rekannya di Timnas Prancis

Thierry Henry Mendapat Tawaran Melatih Klub Liga Prancis Bordeauxwalesonline.co.uk

Henry juga akan mengikuti jejak rekannya di timnas Prancis dan Arsenal, yakni Patrick Vieira yang telah melatih Klub Prancis Nice sejak tahun 2018, dilansir dari Espn.com. Vieira menyebut:

Ini akan menjadi langkah baik bagi Bordeaux dan baik bagi Liga 1 Prancis agar semakin dikenal. Saya tahu dia merupakan orang yang sangat ingin menjadi pelatih dan ia memiliki kesungguhan untuk sukses. Dia memiliki banyak pengalaman. Saya rasa ini merupakan langkah yang sangat baik, karena ia akan memberikan banyak kontribusi.

Selain Vieira, terdapat Zinedine Zidane yang telah melatih Real Madrid pada tahun 2016 untuk menggantikan Rafael Benitez, dan ia melatih Los Galacticos hingga tahun 2018. Zidane memutuskan untuk berhenti melatih Real Madrid setelah memenangkan Liga Champions selama tiga kali berturut turut bersama raksasa Spanyol tersebut.

3. Bordeaux termasuk tim besar di Prancis

Thierry Henry Mendapat Tawaran Melatih Klub Liga Prancis Bordeauxwisniowski.pl

Bordeaux merupakan tim besar di Prancis, dan mampu menjuarai Ligue 1 sebanyak enam kali. Terakhir menjuarai pada musim 2008-2009. Namun di pentas Eropa, klub asal Kota Bordeaux ini belum pernah memenangkan satu pun gelar di Eropa. Hanya mampu masuk ke semifinal Liga Champions pada tahun 1984/1985 dan masuk ke semifinal Piala UEFA musim 1986/1987.

Namun mantan bintang Prancis berusia 41 tahun tersebut masih belum memutuskan untuk melatih Bordeaux, dan ia akan memberikan kepastian pada akhir pekan ini.

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya