7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022

Didominasi oleh Ajax Amsterdam

Eredivisie atau Liga Belanda termasuk dalam sepuluh besar liga domestik terbaik di Eropa. Hal itu karena klub-klub asal Negeri Kincir Angin berhasil menelurkan dan membina sejumlah pemain bintang berkualitas dengan harga selangit. 

Akan tetapi, pemain bintang itu memilih pergi ke liga elite Eropa yang dianggap lebih kompetitif dan ketat. Akibatnya, sejumlah klub Belanda ikut meramaikan bursa transfer musim panas ini untuk menambal sejumlah lini yang ditinggal pergi pemain bintangnya. 

Berikut tujuh transfer pemain terbesar dan termahal yang datang ke Eredivisie pada bursa transfer musim panas 2022. Siapa saja?

1. Djordje Mihailovic (AZ Alkmaar)

7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022Djordje Mihailovic ketika resmi bergabung dengan AZ Alkmaar. (instagram.com/djordjemihailovic)

Djordje Mihailovic masuk dalam pembelian termahal AZ Alkmaar pada musim panas 2022 ini. Pemain asal Amerika Serikat ini dibeli dari FC Montreal dengan banderol sebesar 6,6 juta dolar AS (Rp99,2 miliar). Mengikuti peraturan MLS, ia baru bergabung di klub barunya pada Januari 2023. 

Pembelian Mihailovic ini berfungsi mempertajam lini depannya yang masih kurang impresif pada musim lalu. Klub berjuluk Kaaskoppen kepincut mendatangkan pemain sepak bola keturunan Serbia ini lantaran ia mampu tampil impresif dengan membukukan 9 gol dalam 30 pertandingan. 

2. Quinten Timber (Feyenoord)

7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022Quinten Timber ketika membela Feyenoord. (instagram.com/quintentimber)

Quinten Timber adalah pemain termahal yang didatangkan Feyenoord Rotterdam pada musim panas 2022. Pemain asal Belanda ini ditebus dengan harga 8,14 juta dolar AS (Rp122,4 miliar) dari FC Utrecht. Sesuai kontraknya, ia akan membela klub barunya sampai 2026.

Pemain jebolan akademi Ajax Amsterdam ini tiba ke De Kuip untuk menggantikan peran Fredrik Aursnes yang hengkang ke Benfica. Pembelian Timber dianggap tepat karena ia mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama Feyenoord musim ini. 

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Terakhir yang Jadi Top Skor Eredivisie, Makin Jarang

3. Ahmetcan Kaplan (Ajax Amsterdam)

7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022Ahmetcan Kaplan ketika resmi berseragam Ajax Amsterdam. (instagram.com/ahmetcannkaplan)

Beranjak ke Amsterdam, ada nama Ahmetcan Kaplan yang jadi pemain baru Ajax. Pemain asal Turki ini didatangkan dengan harga 10,45 juta dolar AS (Rp157,2 miliar) dari Trabzonspor dan sudah menyetujui kontrak sampai 2027 mendatang. 

Pemain muda 19 tahun ini didatangkan sebagai pelapis bek tengah Ajax Amsterdam usai kepergian Lisandro Martinez dan Perr Schuurs. Lantaran usianya yang masih belia, ia masih belum diturunkan dalam beberapa pertandingan Eredivisie musim ini. 

4. Owen Wijndal (Ajax Amsterdam)

7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022Owen Wijndal ketika membela Ajax Amsterdam. (instagram.com/owenwijndal)

Owen Wijndal termasuk salah satu pemain termahal yang datang ke Johan Cruijff Arena musim panas ini. Pemain asal Belanda ini tiba usai ditebus dengan harga 11 juta dolar AS (Rp165,4 miliar) dari AZ Alkmaar. Sesuai kontraknya, ia akan berada dalam skuad Ajax sampai 2027. 

Kedatangan Wijndal dalam skuad de Godenzonen ini setelah kepergian Nicolas Tagliafico ke Olympique Lyon. Sayangnya, pemain 22 tahun ini baru diturunkan dalam dua laga karena harus bersaing dengan Daley Blind yang jadi andalan pengisi pos bek kiri Ajax musim ini. 

5. Brian Brobbey (Ajax Amsterdam)

7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022Brian Brobbey saat membela Ajax Amsterdam. (instagram.com/brianbrobbeyy)

Masih di klub yang sama, Ajax kali ini mendatangkan Brian Brobbey dari klub Jerman, RB Leipzig. Pemain asal Belanda berdarah Ghana itu didatangkan ke Johan Cruiff Arena dengan banderol 17,99 dolar AS (Rp270,6 miliar) dan setuju meneken kontrak hingga 2027. 

Pemain berusia 20 tahun ini dibeli Ajax dengan harapan dapat memperkuat lini serangnya yang ditinggal pergi Sebastian Haller ke Borussia Dortmund. Pembelian Brobbey rupanya masuk keputusan tepat karena ia berhasil membukukan 3 gol dan 2 assists dalam 10 laga terakhir. 

6. Calvin Bassey (Ajax Amsterdam)

7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022Calvin Bassey saat membela Ajax Amsterdam di Eredivisie. (instagram.com/afcajax)

Calvin Bassey masuk sebagai salah satu pemain termahal yang dibeli Ajax Amsterdam musim panas ini. Pemain asal Nigeria ini dibeli dari Rangers dengan harga 25,3 juta dolar AS (Rp380,7 miliar) dan setuju menandatangani kontrak sampai 2027. 

Bassey merupakan bek tengah kedua yang dibeli Ajax musim panas ini untuk menggantikan posisi Lisandro Martinez dan Perr Schuurs. Dalam beberapa pertandingan terakhir, ia menjadi pilihan utama Alfred Schreuder untuk mengisi lini pertahanan. 

7. Steven Bergwijn (Ajax Amsterdam)

7 Transfer Terbesar di Eredivisie pada Musim Panas 2022Steven Bergwijn saat memperkuat Ajax Amsterdam di Eredivisie. (instagram.com/stevenbergwijn)

Terakhir dan yang termahal yang datang ke Johan Cruiff Arena musim panas ini adalah Steven Bergwijn. Pemain asal Belanda itu didatangkan dari Tottenham Hotspur dengan banderol 34,38 juta dolar AS (Rp517,2 miliar). Ia juga sudah menyetujui kontrak sampai 2027. 

Pemain berusia 24 tahun itu didatangkan untuk mempertajam lini serang Ajax Amsterdam usai kepergian Antony. Keputusan mendatangkan Bergwijn rupanya tepat setelah ia berhasil membukukan 8 gol dalam 10 pertandingan terakhirnya bersama Ajax. 

 

Dalam bursa transfer, klub asal Belanda memang tidak dikenal aktif untuk mendatangkan pemain bintang berharga mahal. Namun, mereka dikenal membeli pemain yang belum terkenal atau mengembangkan bibit muda berbakat yang jadi cikal bakal pemain bintang. 

Baca Juga: 5 Penjualan Termahal Klub Eredivisie pada Musim Panas 2022

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya