5 Transfer Terbesar di Liga Skotlandia pada Musim Panas 2022

Didominasi oleh Celtic dan Rangers

Scottish Premiership atau Liga Skotlandia bukan termasuk liga papan atas Eropa yang dipenuhi klub besar dengan pemain bintang berkualitas. Bahkan, liga kasta tertinggi di Skotlandia ini sempat meredup lantaran tidak ada wakilnya yang lolos ke Liga Champions Eropa. 

Setelah absen tanpa wakil dalam beberapa musim terakhir. Akhirnya, Skotlandia berhasil mengirimkan dua wakilnya ke turnamen antarklub Eropa paling bergengsi tersebut. Dua wakilnya tak lain adalah duo Glasgow, yakni Celtic dan Rangers. 

Meskipun tak mendatangkan pemain sepak bola kelas dunia, namun beberapa klub Skotlandia turut meramaikan bursa transfer musim panas ini. Berikut transfer pemain termahal ke klub Skotlandia pada musim 2022. 

1. Ridvan Yilmaz

5 Transfer Terbesar di Liga Skotlandia pada Musim Panas 2022Rıdvan Yılmaz saat resmi berseragam Rangers. (instagram.com/rangersfc)

Ridvan Yilmaz jadi nama pertama yang masuk jajaran pemain termahal di Liga Skotlandia. Pemain berusia 21 tahun ini diboyong dengan banderol sebesar 3,6 juta poundsterling (Rp61,8 miliar) dari klub Turki, Besiktas. Sesuai kontraknya, ia akan membela Rangers sampai 2027. 

Kedatangan Yilmaz ke Ibrox Stadium ini untuk memperkuat lini bertahan dan serangan di sisi kiri. Karena usianya yang masih belia, pemain asal Turki ini baru satu kali diberi kesempatan bermain membela The Gers di Liga Skotlandia. 

2. Alexandro Bernabéi

5 Transfer Terbesar di Liga Skotlandia pada Musim Panas 2022Alexandro Bernabei saat resmi bergabung dengan Celtic. (instagram.com/alexandrobernabei)

Beralih ke klub tetangganya, Celtic sudah mendatangkan Alexandro Bernabéi pada musim panas 2022. Pemain asal Argentina berusia 21 tahun itu ditebus dengan harga 3,92 juta poundsterling (Rp67,3 miliar) dari Lanus dengan kontrak sampai 5 tahun ke depan. 

Pembelian Bernabéi ini dilakukan untuk memperkuat pos bek kiri Celtic sebagai pelapis Greg Taylor. Meskipun hanya jadi pelapis, tapi ia sudah diberi kesempatan bermain dalam satu pertandingan The Bhoys di Liga Skotlandia. 

Baca Juga: 5 Klub Skotlandia yang Pernah Mencapai Semifinal Liga Champions

3. Ben Davies

5 Transfer Terbesar di Liga Skotlandia pada Musim Panas 2022Ben Davies ketika resmi berseragam Rangers. (instagram.com/bendavies1108)

Ben Davies jadi pemain termahal yang didatangkan ke Ibrox Stadium pada musim panas 2022. Pemain asal Inggris ini diboyong dengan banderol 4,23 juta poundsterling (Rp72,6 miliar) dari Liverpool. Dalam perjanjiannya, ia akan memperkuat Rangers sampai 2026. 

Keputusan membeli Davies ini untuk mengatasi krisis lini belakang usai kepergian bek andalannya, Calvin Bassey ke Ajax Amsterdam. Meski begitu, Davies belum jadi pilihan utama dan masih jadi tengah pelapis Leon King dan Connor Goldson. 

4. Cameron Carter-Vickers

5 Transfer Terbesar di Liga Skotlandia pada Musim Panas 2022Cameron Carter-Vickers ketika membela Celtic di Liga Skotlandia. (instagram.com/cameroncv1)

Cameron Carter-Vickers didatangkan ke Celtic Park dari Tottenham Hotspur. Pemain asal Amerika Serikat ini dibeli dengan harga 6,3 juta poundsterling (Rp108,2 miliar). Ia sudah menyetujui kontrak bersama Celtic sampai 4 tahun ke depan. 

Pemain berusia 25 tahun ini datang untuk menggantikan peran Christopher Jullien yang hengkang ke Montpellier. Sejak awal didatangkan, Carter-Vickers sudah menjadi tumpuan utama The Bhoys untuk memperkuat pertahanannya. 

5. Jota

5 Transfer Terbesar di Liga Skotlandia pada Musim Panas 2022Jota saat membela Celtic. (instagram.com/celticfc)

Terakhir, ada nama Jota yang didapuk sebagai pemain termahal didatangkan ke Skotlandia pada musim panas 2022. Pemain sepak bola asal Portugal itu dipermanenkan Celtic dengan transfer sebesar 6,57 juta poundsterling (Rp112,8 miliar) dari Benfica. Dalam kontraknya, ia akan memperkuat Celtic sampai 2027.

Sebelum dipermanenkan, Jota sudah tak asing di Skotlandia karena sempat jadi pemain pinjaman selama satu musim. Keputusan itu rupanya tepat karena Jota berhasil menunjukkan performa terbaiknya dan menyumbangkan 4 gol dan 4 assists dalam 6 pertandingan terakhir. 

 

Melihat besaran nilai transfer pemain di Liga Skotlandia sangat kontras dengan klub asal lima liga elite Eropa. Kendati demikian, klub Skotlandia tetap mampu menunjukkan eksistensinya di turnamen antarklub Eropa. Buktinya, Rangers sukses jadi finalis Liga Europa 2021/2022. 

Baca Juga: 5 Mantan Bintang EPL yang Menjuarai Liga Skotlandia Bersama Celtic FC

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya