5 Kandidat Terkuat Juara Liga 1 Musim Ini, Persib Tersolid?

Menantikan kejutan musim baru Liga 1 #IDNTimesSport

Situasi pandemi di Indonesia yang tak kunjung usai mempunyai dampak terhadap penyelenggaran kompetisi sepak bola nasional. Penantian yang lama terkait kapan Liga 1 bergulir akhirnya menemukan titik terang. Tepat tanggal 27 Agustus lalu, Liga 1 resmi dimulai dan sudah barang tentu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat termasuk tidak adanya penonton di stadion.

Meskipun secara format penyelenggaraan kompetisi cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Liga 1 tetap menjadi ajang yang dinantikan masyarakat Indonesia meskipun para klub kontestan mesti dihapkan dengan keterbatasan waktu persiapan.

Kompetisi telah bergulir, berikut ini adalah prediksi 5 klub yang menjadi kandidat terkuat untuk menjuarai kompetisi Liga 1 musim ini.

1. Persib Bandung

Persib menajadi salah satu klub yang difavoritkan untuk menjuarai Liga 1 musim ini. Dihuni pemain-pemain berkualitas, pelatih top, dan tidak banyak melakukan perombakan squad dibandingkan musim lalu bikin Persib layak dijadikan unggulan untuk Liga 1 musim ini. Bahkan, musim ini Persib telah merekrut gelandang naturalisasi Marc Klok dan gelandang asal Palestina, Mohammed Rashid.

Kini Persib bisa dibilang memiliki kemampuan yang hampir merata di segala lini. Hanya saja, sisi sayap masih menjadi kelemahan Persib karena selama pargelaran Piala Menpora, Persib masih banyak kebobolan dari sisi tersebut.

2. Bali United 

Selain karena statusnya sebagai juara bertahan Liga 1 musim lalu, susunan pemain Serdadu Tridatu juga tidak mengalami perubahan drastis dari musim ke musim.

Tentu hal tersebut menjadi modal berharga bagi Coach Teco untuk meramu timnya tanpa perlu proses adaptasi yang panjang. Kedalaman skuad yang merata mulai dari posisi kiper hingga striker membuat tim ini sangat komplit dan tidak khawatir apabila salah satu pemain megalami cedera atau sedang tampil buruk.

Baca Juga: Ada Peluang Lokasi Tempur Liga 1 dan Liga 2 Ditambah

3. Bhayangkara FC

The Guardians bisa dibilang menjadi Los Galaticos-nya Liga 1 musim ini. Bagaimana tidak, sederet pemain berlabel timnas hingga pemain bintang memperkuat Bhayangkara FC musim ini. Mulai dari kiper Awan Seto, Hansamu Yama dan Ruben Sanadi di posisi bek, nama beken Evan Dimas dan Renan Silva di lini tengah, juga ketajaman Ezechiel N'Douasel dan Andik Vermansah di lini depan.

Rasanya sulit untuk menemukan sektor kelemahan tim ini. Meski dihuni pemain-pemain sepak bola papan atas Indonesia, tentu hal ini bakal menjadi tantangan berat bagi sang pelatih, Munster, untuk meramu tim ini agar tetap solid dalam bermain.

4. Persija 

Sebagai jawara Piala Menpora 2021, tentu bikin Persija semakin percaya diri menghadapi Liga 1 musim ini. Bermain apik dalam turnamen tersebut, lini berlakang dan sayap Persija patut mendapatkan apresiasi karen bermain mampu menyajikan permainan yang atraktif.

Kedalaman skuad Persija bisa dibilang cukup merata walaupun sudah ditinggal Marc Klok, Sandi Sute, dan Alfath Fatier yang hengkang ke klub lain. Peran para pemain kunci seperti Andritany, Marco Motta, Riko Simanjutak, hingga Marco Simic masih menjadi tumpuan tim ibu kota yang mampu mengembalikan trofi liga ke Jakarta. Selain itu, Persija juga memiliki deretan pemain muda potensial seperti Taufik Hidayat dan Braif Fatari yang tampil mengesankan selama Piala Menpora.

5. Borneo FC

Borneo FC bisa dibilang menjadi tim yang diprediksi tampil apik musim ini karena memiliki pelatih top dan komposisi pemain yang merata di segala lini. Ditambah lagi, perpaduan pemain senior dan junior dalam tim ini sangat berimbang sehingga mempunyai dampak positif selama mengarungi kompetisi ke depan.

Borneo FC musim ini dihuni nama-nama bintang seperti Boaz Solossa, Terens Puhiri, Paulo Sitanggang, hingga rekrutan anyar mereka, Jonathan Bastos. Keseriusan Borneo FC dalam menyiapkan skuad mengarungi Liga 1 bikin tim ini diprediksi akan memberikan banyak kejutan.

Meskipun baru berjalan beberapa pertandingan, Liga 1 sudah berhasil melepas kerinduan bagi pecinta sepak bola nasional. Nah, itu dia prediksi 5 klub yang menjadi kandidat terkuat menjuarai Liga 1 musim ini. Adakah klub jagoan kalian?

Baca Juga: Pelatih Borneo Ungkap Alasan Tak Mainkan Boaz Saat Kalahkan Persebaya

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya