5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22

Liga Inggris seperti tidak terdampak covid #IDNTimesSport

Bursa transfer pemain musim 2021/22 sudah memasuki babak akhir. Tim-tim Liga Inggris tengah sibuk menyiapkan skuadnya untuk mengarungi liga musim ini.

Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, banyak klub Liga Inggris mengerem pengeluaran membeli pemain agar neraca keuangan mereka tidak mengalami defisit. Klub besar macam Liverpool dan Totenham bisa dibilang sangat pasif dalam bursa transfer musim ini. Akan tetapi, beberapa klub justru melakukan belanja pemain dengan harga yang bisa dibilang tidak murah.

Skysport merilis daftar klub-klub Liga Inggris yang punya pengeluaran besar selama bursa transfer musim ini. Uniknya, ada beberapa klub di luar the big six musim lalu yang masuk di daftar ini.

Nah, berikut ini 5 klub Liga Inggris yang paling boros selama bursa transfer musim 2021/22. Klub mu salah satunya?

1. Arsenal

5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22potret Odegaard (instagram.com/odegaard.98)

Arsenal menjadi klub paling boros dalam bursa transfer musim 2021/22. Selama periode ini, Arsenal mengeluarkan dana sebesar 129 juta poundsterling atau sekitar Rp2,5 triliun. Dana tersebut dikucurkna untuk membeli beberapa pemain yang dibutuhkan Arteta untuk mengarungi liga.

Rekrutan pertama Arsenal adalah Ben White yang berposisi sebagai bek tengah dengan nominal 50 juta pound sterling atau setara Rp981 miliar. Terbaru, Arsenal mempermanenkan Martin Odegaard dari Real Madrid dengan mahar 30 juta poundsterling atau sekitar Rp588 miliar.

Belakangan, Arsenal juga merekrut Ramsdale, seorang kiper dari West Brom Albion dengan nominal harga 24 juta poundsterling atau setara Rp471 miliar.

2. Manchester United

5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22potret Jadon Sancho (instagram/sanchooo10)

United kembali masuk ke dalam daftar klub Liga Inggris paling boros musim ini. Hal itu wajar sebab Manchester United baru saja mendatangkan bintang ke dalam skuad mereka.

Bintang tersebut adalah Jadon Sancho dari Dortmund dan Raphael Varane dari Real Madrid. Untuk mendatangkan kedua pemain tersebut saja, MU harus merogoh kocek sebesar 114 juta poundsterling atau setara Rp2,2 triliun, lho! 

Baca Juga: Janji Raphael Varane Akhiri Puasa Gelar Manchester United

3. Manchester City

5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22potret Jack Grealish (instagram/jackgrealish)

Sebagai salah satu klub kaya raya di Liga Inggris, tentu bukan masalah berat bagi Manchester City untuk mengeluarkan dana besar di setiap jeda bursa transfer.

Demi memperkuat lini serang City, musim ini Pep Guardiola merekrut gelandang lincah dari Aston Villa, Jack Grealish. Grealish direkrut City dengan nominal 100 juta poundsterling atau hampir Rp2 triliun. Berbagai pengamat mengatakan jika harga ini terlalu mahal untuk pemain sekaliber Grealish. Namun, sepertinya banderol harga mahal tak pernah jadi masalah untuk klub rival sekota Manchester United ini.

4. Chelsea

5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22potret Romelu Lukaku (instagram.com/romelulukaku)

Bisa dibilang aktivitas Chelsea di bursa transfer musim panas ini lebih banyak menjual daripada membeli. Dilansir bola.net, aktivitas penjualan Chelsea mampu menghasilkan dana segar hingga Rp1,8 triliun.

Dana segar tersebut yang kemudian dimanfaatkan oleh Chelsea untuk merekrut bomber Inter Milan, Romelu Lukaku dengan harga Rp1,9 triliun. 

5. Aston Villa

5 Klub Liga Inggris Paling Boros Selama Bursa Transfer Musim 2021/22potret Danny Ings (instagram/avfcofficial)

Setelah kepergian Jack Grealish, Aston Villa langsung bergerak cepat menemukan penggantinya. Dari kucuran dana segar yang didapat berkat transfer Grealish ke Manchester City, Aston Villa segera memulangkan Ashley Young dari Inter Milan sekaligus merekerut Emiliano Buendia dari Norwich, Danny Ings dari Southampton, dan Leon Bailey dari Bayer Leverkusen.

Secara total, aktivitas transfer tersebut membuat Aston Villa mengucurkan dana sebesar 93 juta poundsterling atau sekitar Rp1,8 triliun. 

Nah, itulah 5 klub Liga Inggris paling boros selama bursa transfer musim 2021/22. Apakah klub idola kalian masuk dalam daftar?

Baca Juga: 5 Wasit Liga Inggris Dengan Bayaran Termahal, Hingga 30 Juta Per Laga!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya