5 Wasit Liga Inggris Dengan Bayaran Termahal, Hingga 30 Juta Per Laga!

Mike Dean wasit dengan bayaran tertinggi #IDNTimesSport

Wasit menjadi salah satu elemen penting dalam sepak bola. Tanpa adanya wasit, sepak bola tentu akan berjalan tanpa ada aturan yang jelas dan cenderung kasar dan tak nikmat untuk ditonton.

Sebagai pengadil di lapangan, wasit punya tanggung jawab besar terhadap berjalannya rule of the game dalam suatu pertandingan. Selain itu, wasit harus punya kejelian, ketegasan, dan juga fisik sekaligus mental yang kuat untuk memimpin jalannya laga agar tetap berimbang dan tidak terkesan menguntukan salah satu klub saja.

Sebagai liga yang terkenal dengan tensi yang panas dan cepat, tentu kerja wasit-wasit Liga Inggris harus lebih ekstra lagi. Maka, tak heran jika gaji wasit-wasit di Liga Inggris tergolong tinggi. Rata-rata, dalam sekali memimpin pertandingan, wasit di Liga Inggris bisa mengantongi gaji hingga Rp30 juta, lho!

Berikut 5 wasit Liga Inggris dengan bayaran paling mahal seperti yang dirilis oleh media Sportekz.

1. Mike Dean

5 Wasit Liga Inggris Dengan Bayaran Termahal, Hingga 30 Juta Per Laga!Potret Mike Dean (90min.com)

Mike Dean adalah salah satu wasit yang paling dikenal dan berpengalaman di Premier League. Ia sudah menjadi pengadil di lapangan sejak tahun 2000. Kini, meskipun usianya sudah berkepala lima, Mike Dean masih diberi kepercayaan untuk memimpin laga sekaligus menjadi wasit dengan bayaran termahal di EPL.

Mike Dean dikenal sebagai wasit yang rajin mengeluarkan kartu. Total, selama kariernya sudah 100 kartu merah yang ia keluarkan. Dengan pengalaman yang ia miliki, Mike Dean digaji oleh FA sebesar Rp4 miliar per tahun.

2. Michael Olivier

5 Wasit Liga Inggris Dengan Bayaran Termahal, Hingga 30 Juta Per Laga!potret Olivier bersama Pep Guardiola (90min.com)

Michael Oliver tercatat sebagai wasit elit UEFA sejak tahun 2018. Michael dipromosikan ke grup terpilih pada tahun 2010 ketika usianya baru menginjak 25 tahun. Gajinya selama satu musim memcapai Rp4 miliar.

Telah banyak partai besar yang dipimpin oleh wasit yang satu ini. Nama Oliver sempat menjadi sorotan publik di tahun 2018 karena secara kontroversial mengeluarkan Gianluigi Buffon di penghujung pertandingan leg kedua perempat final Liga Champions yang mempertemukan Real Madrid kontra Juventus. 

Baca Juga: 10 Pemain yang Cetak Hattrick pada Laga Pembuka Liga Inggris

3. Martin Attkinson

5 Wasit Liga Inggris Dengan Bayaran Termahal, Hingga 30 Juta Per Laga!potret Atkinson saat memimpin laga (independent.co.uk)

Martin Atkinson mulai menjadi wasit pada usia 16 tahun. Atkinson memulai debutnya di Premier League sejak tahun 2005. Sejak saat itu, Atkinson sudah banyak memimpin laga-laga panas hingga pertandingan final. FA menggaji wasit yang dikenal tegas ini sebesar Rp4 miliar per tahun.

Atkinson telah memimpin 433 pertandingan dengan catatan mengeluarkan kartu sebanyak 1.479 kali. Atkinson merupakan wasit langganan yang sering ditunjuk untuk memimpin laga the big six.

4. Anthony Taylor

5 Wasit Liga Inggris Dengan Bayaran Termahal, Hingga 30 Juta Per Laga!potret Anthony Taylor (90min.com)

Anthony Taylor dipromosikan ke daftar wasit Liga Inggris pada tahun 2010. Taylor merupakan wasit kelahiran Manchester yang pernah memimpin berbagai laga sengit liga, hingga laga final piala FA ataupun piala liga.

Masih ingat dengan insiden pilu Christian Eriksen di laga Finlandia vs Denmark Euro 2020 silam? Ya, wasit yang bertugas saat itu adalah Anthony Taylor. Akibat insiden itu, kecepatan dan ketepatan Taylor untuk mengatasi situasi mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan. Tak sedikit yang menganggap bahwa Anthony Taylor ikut menyelamatkan nyawa Christian Eriksen.

5. Kevin Friend

5 Wasit Liga Inggris Dengan Bayaran Termahal, Hingga 30 Juta Per Laga!potret Kevin Friend saat memimpin pertandingan(90min.com)

Sudah berusia 50 tahun, Kevin Friend telah berkiprah di Premier League sejak tahun 2009. Soal kepemimpinannya di atas lapangan tak perlu diragukan lagi. Disinyalir, ia mendapatkan gaji dari federasi sepak bola Inggris sebesar Rp1,4 miliar.

Meski dikenal tegas, nyatanya Kevin Friend tak lepas dari skandal dan kontroversi. Dikenal sebagai pendukung Leicester City, Kevin Friend pernah dilarang memimpin pertandingan antara Stoke City kontra Tottenham Hotspurs di tahun 2016 untuk menghindari konflik kepentingan perburuan juara. Saat itu Leicester City yang akhirnya keluar sebagai juara memang bersaing dengan Tottenham Hotspurs yang finish di urutan ke-2.

Nah, itulah 5 wasit dengan bayaran termahal di Liga Inggris. Mana, nih, yang paling kalian suka kepemimpinannya di atas lapangan?

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Bermain di Luar Inggris Musim Ini

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya