5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022

Klub-klub besar dengan jumlah hutang fantastis

Salah satu perusahaan jasa akuntansi dan audit keuangan terbesar di dunia, Deloitte, pada tahun 2022 merilis daftar utang klub-klub sepak bola di dunia. Dalam sepuluh besar daftar yang dirilis, klub pemilik utang terbesar masih didominasi klub-klub liga top Eropa, seperti Liga Inggris, LaLiga, dan Serie A.

Penyebab membengkaknya utang klub di liga tersebut adalah adanya pandemi COVID-19, beban gaji yang tinggi, kebijakan transfer pemain yang tidak tepat, dan pengelolaan klub yang buruk. Adanya utang yang berlebih tentu akan membuat kondisi yang tidak sehat pada klub dan sangat berisiko mengalami kebangkrutan. Berikut ini adalah 5 klub sepak bola dengan jumlah utang terbanya di dunia pada tahun 2022. Klub apa saja?

1. FC Barcelona

5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022Pemain Barcelona saat menjalani sesi foto bersama. (fcdynamo.com)

Barcelona pada musim 2021/2022 harus pasrah mengakhiri musim dengan tanpa gelar. Blaugrana dalam ajang La Liga tampil tidak begitu konsisten, bahkan sebelum Xavi datang mereka sempat berada di papan tengah klasemen.

Barcelona saat dipimpin presiden Bartemou dikenal sebagi klub yang boros transfer pemain dengan harga mahal, namun sang pemain tidak tampil mengesankan. Sebut saja Coutinho, Griezman, Malcom, dan Pjanic. Hal itu menyebabkan Barca memiliki beban finansial yang tinggi dan bahkan kini klub Catalan ini menjadi pemilik utang terbanyak di dunia dengan nominal 1,5 miliar euro atau sekitar Rp20 triliun lebih.

2. Juventus

5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022Pemain Juventus saat menjalani sesi foto bersama. (juventus.com)

Si Nyonya Tua dalam sepuluh tahun ke belakang dikenal sebagai klub yang sangat boros dalam membeli pemain. Tentu yang paling mengejutkan adalah saat merekrut Cristiano Ronaldo dari Madrid dengan harga yang sangat mahal, yaitu Rp1,7 triliun.

Meskipun mendominasi Serie A dalam satu dekade terakhir, Juventus ternyata memiliki masalah finansial yang cukup serius. Hal itu disebabkan adanya pandemi COVID-19 dan beban gaji pemain yang sangat tinggi. Tahun ini Juventus memiliki total utang sebanyak 900 miliar Euro atau sekitar Rp13 triliun dan menjadikannya sebagai klub nomor dua dengan utang terbanyak.

Baca Juga: Gaji Jadi Ganjalan Paul Pogba Pulang ke Juventus

3. Tottenham Hotspur 

5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022Pemain Tottenham Hotspur tengah merayakan gol. (football365.com)

Meskipun bukan klub langganan juara di Eropa, ternyata Spurs ternyata memiliki utang yang besar pada tahun 2022. Salah satu faktornya adalah pembangunan stadion baru yang menelan biaya yang begitu besar.

Pembangunan itu berdampak pada membengkaknya utang klub menjadi 826 juta euro atau setara Rp12,7 triliun. Meskipun utangnya besar, Spurs musim ini tampil cukup baik di bawah arahan Conte dan mampu finish di posisi keempat dan tampil di Liga Champions musim depan.

4. Inter Milan

5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022Pemain Inter Milan tengah merayakan gelar Piala Super Italia. (cbssports.com)

Juara Serie A musim lalu, Inter, meskipun mampu melepas Lukaku ke Chelsea dan Anchraf Hakimi ke Paris Saint-Germain dengan nominal yang tinggi, ternyata tidak berdampak baik bagi keuangan Inter. Hal itu disebabkan utang yang dimiliki Inter juga terbilang besar sehingga penjualan pemain tidak bisa menutup utang tersebut.

Selain itu, perginya sponsor utama mereka, Pirelli, pada musim ini membuat Inter juga mengalami penurunan pemasukan. Kini Internazionale memiliki utang sebanyak 702 juta euro atau sekitar Rp10,8 triliun.

5. AC Milan

5 Klub Sepak Bola dengan Jumlah Utang Terbanyak di Dunia Tahun 2022AC Milan tengan merayakan gelar Serie A musim 2021/22 (planetfootball.com)

Pada posisi terakhir ada peraih scudetto musim ini, AC Milan. Besarnya utang Milan selain karena pandemi adalah karena pengelolaan klub yang buruk dan kebijakan transfer yang tidak tepat sasaran. Hal itu membuat utang Milan membengkak hingga menyentuh angka 666 juta euro atau setara Rp10,3 triliun.

Hal itu membuat keuangan Milan sangat terkuras dan akhirnya memutuskan membeli pemain muda dan pemain berpenagalaman dengan harapan mendapatkan harga yang murah. Alhasil, strategi Milan tersebut mulai membuahkan hasil musim ini. Hal itu tidak lepas dari sehatnya menejemen Milan musim ini yang dihuni Maldini, Massara, dan Ivan Gazidis.

 

Itulah 5 klub dengan beban utang terbanya di dunia pada tahun 2022 berdasarkan data yang dirilis oleh Deloitte. Utang yang banyak tentu bisa saja menjadi kendala bagi sebuah klub untuk berpestasi karena tidak mampu untuk melakukan aktivitas transfer pemain atau pelatih dan beresiko untuk mengalami kebangkrutan. Adakah klub favorit kalian?

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan dengan Kenaikan Harga Pasar Tertinggi, Scudetto!

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya