Comscore Tracker

5 Sosok Penting di Balik Keberhasilan AC Milan Meraih Scudetto

Peran di belakang layar

Trofi Serie A 2021/2022 resmi menjadi milik AC Milan. Rossoneri mengakhiri puasa gelar selama 11 tahun dengan mengalahkan Sassuolo 3-0 pada pekan terakhir Serie A di Stadio Citta del Tricolore pada Minggu (22/05/2022).

Anak asuh Stefano Piolo tampil konsisten musim ini. Mereka bersaing dengan rival sekota, Inter Milan, dalam perebutan mahkota Serie A. Kesuksesan AC Milan tentu tidak hanya berkat perjuangan para pemain, tetapi juga banyak sosok di belakang layar yang punya andil besar dalam kejayaan ini.

1. Stefano Pioli

5 Sosok Penting di Balik Keberhasilan AC Milan Meraih ScudettoStefano Pioli saat memberi arahan kepada pemain AC Milan. (skysports.com)

Banyak yang meragukan kemampuannya saat pelatih asal Italia ini datang pertama kali. Namun, Pioli memberi bukti nyata bahwa ia datang bukan untuk main-main.

Pada tahun ketiganya bersama AC Milan, Pioli mampu mempersembahkan scudetto. Ia sukses membentuk tim dengan dominasi pemain muda seadanya dengan begitu solid. Dalam 38 laga, ia mengantarkan tim asuhannya meraih 26 kemenangan dan hanya menelan 4 kekalahan.

2. Paolo Maldini

5 Sosok Penting di Balik Keberhasilan AC Milan Meraih ScudettoPaolo Maldini saat menyambangi Stadion San Siro. (sempremilan.com)

Legenda hidup AC Milan, Paolo Maldini, memiliki peran begitu besar musim ini. Menjabat sebagai direktur teknik, ia mampu merekrut pemain dengan jitu tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Rekrutannya terbukti bisa berkontribusi maksimal.

Nama-nama seperti Theo Hernandez, Rafael Leao, Ismael Bennacer, Ante Rebic, dan Olivier Giroud menjadi rekrutan jenius Maldini. Mereka menjadi tulang punggung AC Milan dalam 3 musim terakhir. Karisma Maldini sebagai mantan bek tangguh AC milan menjadi kepercayaan besar yang menarik pemain-pemain itu mau bergabung ke Milan.

Baca Juga: Waduh, Medali Scudetto Pelatih Milan Hilang Dicuri

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Sosok Penting di Balik Keberhasilan AC Milan Meraih ScudettoZlatan Ibrahimovic tengah menjalani sesi foto. (instagram.com/iamzlatanibrahimovic)

Setelah hengkang dari AC Milan pada 2012 silam, Zlatan Ibrahimovic bergabung lagi bersama mereka pada 2020. Kehadirannya ternyata memberi dampak positif bagi skuad asuhan Pioli yang rata-rata diisi pemain muda. 

Pada usianya yang telah menginjak 40 tahun, Ibrahimovic masih mampu mencetak delapan gol bersama AC Milan musim ini. Jiwa kepemimpinannya di lapangan dan di ruang ganti sangat dirasakan para pemain AC Milan. Para pemain muda mereka bisa selalu tampil spartan sepanjang musim. Atas peran besarnya, bukan tidak mungkin ia dipertahankan hingga musim berikutnya.

4. Ivan Gazidiz

5 Sosok Penting di Balik Keberhasilan AC Milan Meraih ScudettoIvan Gazidis menyaksikan laga AC Milan. (sempremilan.com)

Keberhasilan AC Milan musim ini juga tidak lepas dari kerja keras CEO Ivan Gazidis. Mantan CEO Arsenal itu bergabung bersama AC Milan pada 2018.

Ia mampu merevolusi manajemen klub sehingga mampu melakukan pengelolaan uang yang baik, kebijakan transfer yang jitu, dan mengajak Paolo Maldini menjadi direktur teknik. Pada tahun keempatnya, ia sukses mengantarkan AC Milan menjadi juara Serie A.

5. Frederic Massara

5 Sosok Penting di Balik Keberhasilan AC Milan Meraih ScudettoFrederic Massara menyasikan sesi latihan AC Milan. (pianetamilan.it)

Frederic Massara merupakan tandem direktur olahraga AC Milan yang bekerja sama secara langsung dengan Paolo Maldini. Ia merupakan mantan pemain Palermo dan Torino yang memiliki segudang pengalaman.

Massara bergabung bersama AC Milan pada 2019. Berkat kinerjanya yang apik bersama Maldini, ia mampu membuat klub ini disegani kembali di Italia. Massara membuat skuad AC Milan begitu seimbang antara pemain muda dan pemain berpengalaman.

Itulah lima sosok penting di balik suksesnya AC Milan meraih scudetto 2021/2022. Meskipun kurang disorot media, peran mereka di belakang layar tidak perlu diragukan lagi. Bukan tidak mungkin AC Milan musim depan bisa mempertahankan gelar juara.

Baca Juga: 5 Pemain Serbia yang Sukses Meraih Scudetto Serie A

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya