Comscore Tracker

5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang Sejarah

Italia pecahkan rekor, lalu ada negara apa lagi? Tebak deh!

Dominasi Italia kembali berlanjut meskipun telah meraih gelar Piala Eropa 2020 yang lalu. Italia mencatatkan rekor sebagi tim nasional sepak bola dengan pertandingan tanpa kalah terlama sepanjang sejarah. Namun selain Italia sebenarnya ada beberapa timnas sepak bola lain yang pernah mencatatkan rekor tanpa kalah dengan durasi yang cukup lama. Timnas besar seperti Spanyol, Brasil dan Argentina pernah mengalami fase tersebut.

Nah, berikut adalah 5 timnas sepak bola denagn rekor tidak pernah kalah dengan waktu terlama sepanjang sejarah.

1. Italia (2018-2021)

5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang SejarahTimnas Italia saat berlaga di final EURO 2020.(instagram.com/azzuri)

Tahun ini bisa dibilang sebagai tahunya Timnas Italia, bagaimana tidak selama satu tahun ini banyak sekali pencapaian yang diraih oleh Gli Azzuri. Setelah menjuarai Piala Eropa 2020 Italia meneruskan tren positifnya dan menjadi satu timnas dengan rekor tidak terkalahkan terlama dalam pertandingan internasional FIFA.

Sampai saat ini Italia tidak terkalahkan dalam 37 pertandingan dan mematahkan rekor Spanyol pada tahun 2008 silam. Rekor menakjubkan Italia ternyata tidak berpengaruh pada peringkat FIFA, kini Italia bertengger di posisi kelima di bawah Inggris.

2. Spanyol (2007-2009)

5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang SejarahTimnas Spanyol saat merayakan gelar EURO 2008.(instagram.com/xavi)

Tahun 2007-2009 bisa dibilang sebagai masa keemasan timnas negeri matador. Bagaimana tidak selama periode itu Spanyol mampu mencatatkan laga sempurna tanpa kalah sebanyak 35 pertandingan sekaligus meraih Trofi Piala Eropa 2008. Terkenal dengan permainan tiki-takanya Spanyol juga melanjutkan kisah suksesnya di Piala Dunia 2010 dengan menjadi juara dunia.

Baca Juga: 5 Timnas Top yang Berpotensi Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

3. Brazil (1993-1996)

5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang SejarahRonaldo dan Romario saat merayakan gelar Piala Dunia keempat Brasil. (sport.co.uk)

Timnas yang memiliki rekor yang setara dengan Spanyol untuk rekor tak terkalahkan terlama di sepak bola internasional adalah Brasil, yang juga mencapai 35 pertandingan tanpa kekalahan selama awal tahun sembilan puluhan.

Kekalahan terakhir Brasil adalah ketika kalah 2-1 dari Jerman dalam pertandingan persahabatan November 1993 saat mereka bersiap untuk Piala Dunia dan setelah itu mereka dinobatkan sebagai juara dunia di Amerika Serikat.

Tim yang berisi Dunga, Bebeto dan Romario memenangkan Piala Dunia dengan cara tak terkalahkan, mengalahkan Italia 3-2 melalui adu penalti.

4. Argentina (1991-1993)

5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang SejarahGabriel Batistuta saat merayakan gol ke gawang Meksiko pada tahun 1993. (nytimes.com)

Argentina berada di peringkat keempat untuk rekor tak terkalahkan terlama dalam sepak bola internasional, La Albiceleste mencatatkan rekor 31 pertandingan tanpa kekalahan antara tahun 1991 dan 1993.

Catatan apik Argentina dimulai setelah kekalahan dari Jerman Barat di final Piala Dunia 1990, dan kemudian Argentina bangkit serta mulai menciptakan rekor tak terkalahkan yang dimulai dengan kemenangan persahabatan 2-0 atas Hungaria dan termasuk keberhasilan La Albiceleste menjuarai Copa America edisi 1991 dan 1993.

Bintang Argentina saat itu adalah Gabriel Batistuta yang mampu mencetak banyak gol dan menjadi pemain tersubur kedua setelah Lionel Messi.

5. Perancis (1994-1996)

5 Timnas Sepak Bola dengan Rekor Tanpa Kalah Terlama Sepanjang SejarahZidane saat menjalani debutnya di timnas Perancis. (ronaldo.com)

Timnas Prancis menjadi salah satu timnas yang pernah menorehkan tinta emas dengan menjalani 30 laga tanpa kekalahan pada periode 1994-1996. Hal itu menjadi balas dendam Prancis setelah gagal lolos piala dunia dua kali berturut yaitu pada tahun 1990 dan 1994.

Perjalanan Prancis dimulai dengan kemenangan 1-0 atas Italia di Naples pada Februari 1994, dengan Les Bleus memberikan debut kepada sejumlah pemain yang akan menjadi legenda tim nasional pada periode berikutnya, termasuk Zinedine Zidane dan Lilian Thuram. Perjalanan mereka akhirnya berakhir dengan kekalahan persahabatan 1-0 dari Denmark pada November 1996 dan mampu meraih piala dunia pada tahun 1998.

Nah, itulah 5 timnas sepak bola dengan rekor pertandingan tanpa kalah terlama sepanjang sejarah. Tentu dibutuhkan konsistensi dalam bermain untuk mencapai level tersebut. Adakah timnas favorit kalian?

Sumber :

https://www.uefa.com/european-qualifiers/news/026d-132c3f1155e7-e4c679188d16-1000--italy-s-record-unbeaten-run/

https://thefootballfaithful.com/the-longest-unbeaten-runs-in-international-football/

Baca Juga: 5 Bek dengan Koleksi Gol Terbanyak Bagi Timnas, Ada yang dari Asia

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya