5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex Ferguson

Gak cuma Bruno Fernandes!

Manchester United adalah salah satu klub terbaik di dunia. Namun, sejak ditinggal Sir Alex Ferguson pada musim 2012/2013, The Red Devils tampil begitu inkonsisten di bawah manajer-manajer anyarnya. Tak hanya itu, MU juga kerap kali mendatangkan pemain-pemain yang tidak perlu dan pada akhirnya menuai kegagalan di Old Trafford.

Akan tetapi, Setan Merah tidaklah selalu mendapati nasib sial dalam urusan transfer pemain. Beberapa kali MU juga dapat membuat keputusan yang tepat, hingga membawa klub meraup berbagai trofi.

Nama terbaru yang tampil mencolok bersama MU adalah Bruno Fernandes. Meski belum membawa Manchester United meraih gelar, Bruno Fernandes menjadi rekrutan terbaru yang bersinar dengan kontribusi luar biasanya untuk Setan Merah. Namun, tidaklah Bruno seorang yang gemilang pascaera Sir Alex. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United Paling Diandalkan Sir Alex Ferguson

1. Juan Mata

5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex FergusonTwitter.com/Squawkanews

Juan Mata merupakan pembelian Manchester United yang paling gemilang pascaera Sir Alex Ferguson. Didatangkan dari Chelsea pada musim dingin 2013/2014 , Mata langsung menjadi bagian penting bagi skuad Setan Merah. Kendati hadir di Old Trafford pada masa-masa kelam David Moyes, pemain asal Spanyol itu tetap memberikan efek yang besar bagi permainan MU.

Meski pemain-pemain baru silih berganti datang ke Old Trafford, Mata selalu dapat mempertahankan posisinya berkat performa yang begitu cemerlang. Selama delapan musim berseragam Manchester United, Mata yang berposisi sebagai gelandang serang telah menorehkan 50 gol dan 47 assist. Tak hanya itu, El Mago juga sukses mempersembahkan gelar untuk MU seperti Piala FA, Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield.

2. Ander Herrera

5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex FergusonTwitter.com/Premierleague

Ander Herrera resmi berseragam Manchester United pada musim 2014/2015. Pemain berpaspor Spanyol itu datang saat Setan Merah sedang ditukangi oleh Louis van Gaal. Berposisi sebagai gelandang, Herrera sukses menjadi jenderal lapangan tengah Manchester United selama lima musim di Old Trafford.

Ia memiliki visi yang bagus sebagai pemain tengah dengan umpan-umpan akuratnya yang mematikan. Tercatat, selama 189 kali penampilan bersama Setan Merah, mantan pemain Athletic Bilbao itu telah mencetak 20 gol dan 47 assist. Seperti halnya Juan Mata, ia juga merupakan aktor dalam keberhasilan MU merengkuh gelar Piala FA, Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield.

3. Zlatan Ibrahimovic

5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex FergusonTwitter.com/Sporf

Meski tidak begitu lama bersama Manchester United, sosok Zlatan Ibrahimovic tentu akan selalu dikenang indah bagi para fans Setan Merah. Pasalnya, Ibra tampil begitu bersinar sejak awal kedatangannya ke Old Trafford pada musim 2016/2017. Pada musim debutnya di Liga Inggris, pria Swedia itu sukses membukukan 17 gol dan 5 assist.

Pemain berjuluk Ibracadabra itu juga langsung memberikan dampak yang instan dengan membawa MU merengkuh gelar Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield. Penampilan gemilangnya pun membuat Ibra diganjar perpanjangan kontrak satu tahun oleh Setan Merah. Sayang, peluangnya untuk menambah prestasi di Old Trafford harus terhambat karena cedera ACL. Ibra pun dilepas MU secara gratis ke LA Galaxy pada pertengahan musim 2017/2018.

Baca Juga: Zlatan Ibrahimovic Bagi-bagi Play Station 5 ke para Pemain AC Milan

4. Paul Pogba

5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex Fergusoneurosport.com

Pada musim 2016/2017, Paul Pogba comeback ke Old Trafford, karena ia sejatinya merupakan produk akademi Manchester United. Sir Alex Ferguson melepasnya ke Juventus tahun 2012 dengan biaya yang murah, yakni 1,5 juta pounds. Pogba diklaim tidak cocok dengan skema MU saat itu hingga membuat Ferguson melepasnya.

Namun, ia justru tampil gemilang bersama Juventus dan menjelma sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Pogba pun sukses membawa Si Nyonya Tua merengkuh berbagai gelar domestik. Kemoncerannya membuat Setan Merah memulangkannya dengan nilai transfer 89 juta pounds atau sekitar 1,5 triliun rupiah.

Nilainya itu pun menjadikan Pogba sebagai pemain termahal dunia saat itu. Namun, kiprah pemain bernomor punggung enam itu tidaklah begitu mulus di Old Trafford. Ia kerap kali tampil di bawah standarnya, tetapi beberapa waktu juga menunjukan performa impresifnya. Meski demikian, saat ini ia masih menjadi gelandang utama Manchester United. Pemain 27 tahun itu juga berkontribusi besar atas gelar Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield yang diraih MU beberapa musim lalu.

5. Sergio Romero

5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex Fergusoneurosport.com

Sergio Romero didatangkan Manchester United dari Sampdoria pada musim 2015/2016. Pemain asal Argentina itu diproyeksikan Setan Merah sebagai pelapis David de Gea. Ia pun sukses menjalankan perannya dengan baik ketika menggantikan de Gea di pos penjaga gawang.

Tercatat, Romero telah memainkan pertandingan untuk Manchester United sebanyak 61 kali. Ia memiliki catatan clean sheet yang begitu memukau dengan torehan 39 kali nirbobol. Artinya, kompatriot Lionel Messi itu memiliki statistik 65 persen clean sheet selama berada di bawah misar gawang Setan Merah. Catatan yang sangat apik sebagai penjaga gawang pegganti. Selain itu, ia juga sukses membawa MU meraih gelar Piala FA, Liga Europa, Piala Liga, dan Community Shield.

6. Bruno Fernandes

5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex Fergusonen.as.com

Di tempat terakhir terdapat nama yang saat ini sedang melejit bersama Manchester United, Bruno Fernandes. Didatangkan Setan Merah Januari 2020, Bruno langsung memberikan dampak instan untuk skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer pada musim perdananya. Tercatat, ia menggelontorkan delapan gol dan tujuh assist yang membuat MU sukses finish di peringkat ketiga klasemen.

Padahal, saat itu Marcus Rashford dan kawan-kawan sedang terseok-seok dan terlempar dari zona Eropa. Namun, berkat kontribusi sang playmaker, Setan Merah telah kembali menakutkan seperti seharusnya. Sepanjang musim 2020/2021 ini pun Bruno kembali menunjukan kegemilangnya. Saat ini ia menjadi top skor sementara Manchester United dengan 10 gol dan enam assist-nya dari 16 laga di seluruh kompetisi.

Meski sering kali salah melakukan pembelian pemain, nama-nama di atas adalah bukti bahwa Manchester United ingin kembali berjaya pascaera Sir Alex Ferguson. Siapakah yang paling mengesankan?

Baca Juga: Duh, Bruno Fernandes Ngamuk di Locker Room saat MU Dibantai Tottenham

Celvin M Sipahutar Photo Verified Writer Celvin M Sipahutar

Freelance Journalist | @celvinms

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya