5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap Terlupakan

Apakah kamu ingat kiprah mereka saat berseragam The Blues?

Sejak kedatangan Roman Abramovic tahun 2003, Chelsea langsung berbenah dengan banyak merekrut pemain-pemain kelas dunia. Transisi dari klub medioker menjadi raksasa Eropa berjalan mulus. Estafet kepelatihan dari Claudio Ranieri ke tangan Jose Mourinho juga tak kalah mulusnya.

Bersama Sang Roman Emperor, Chelsea cukup aktif di bursa transfer. Di awal-awal kepemilikannya, Chelsea terkesan membabi buta dalam merekrut pemain. Harapannya, kehadiran sederet pemain berkualitas bisa membawa Chelsea ke persaingan teratas di kancah Eropa.

Dalam perjalanannya, The Blues sangat banyak merekrut pemain bintang. Sebagian dari mereka sanggup bertahan dan menjadi legenda, sebagian lainnya hanya bertahan sesaat untuk kemudian dilupakan. Berikut adalah sederet pemain yang ternyata pernah memperkuat Chelsea, namun, banyak orang yang mungkin melupakan jika mereka pernah memperkuat tim yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut.

Bagaimana denganmu? Ikut melupakan mereka atau masih ingat secara detail sepak terjang mereka di Chelsea?

1. Alexandre Pato

5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap TerlupakanPato berlatih bersama Chelsea. (twitter.com/DailyStar_Sport)

Pada awal kemunculannya, Pato diyakini akan jadi pemain besar. Saat usianya masih belasan tahun, Pato sudah bermain untuk tim senior AC Milan. Kariernya memang tak berjalan mulus lantaran ia kerap mengalami cedera yang secara signifikan menghambat kariernya. 

Pada musim 2015/2016 Pato bergabung dengan skuad Chelsea. Kedatangannya ke Stamford Brigde cukup membuat fans kegirangan. Tapi, harapan tak sesuai kenyataan, Pato gagal beradaptasi di Chelsea dan hanya bertahan setengah musim saja.

2. Deco

5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap TerlupakanDeco kala membela Chelsea (twitter.com/mosesoflife)

Kaki emas asal Brasil yang pindah kewarganegaraan ke Portugal ini adalah jenderal lini tengah Barcelona. Di masa keemasannya, kombinasi Deco bersama Ronaldinho dan Samuel Eto'o benar-benar menakutkan bagi lawan.

Pada musim 2008-2009, di bawah kendali Luiz Felipe Scolari, Chelsea mendatangkan Deco untuk memperkuat lini tengah yang sebenarnya sudah kuat. Walau hanya berkarier dua musim di Liga Inggris, Deco sukses mengantarkan Chelsea juara Premier League pada musim 2009-2010.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Rating Tertinggi Duel Chelsea vs. Tottenham, Panas!

3. Gonzalo Higuain

5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap TerlupakanHiguain merayakan gol (twitter.com/premierleague)

Gonzalo Higuain adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Argentina. Bermain bersama skuad bintang di Real Madrid bikin Higuain cepat bertumbuh hingga akhirnya ia meraih masa kejayaannya di Serie A kala membela Napoli dan Juventus.

Dengan segudang pengalaman mengkilap, pastinya tak sulit untuk Chelsea menerima Higuain. Pemain kelahiran tahun 1987 ini datang ke Chelsea pada transfer musim dingin 2019. Sayangnya, ia hanya bertahan setengah musim saja karena dinilai gagal beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Ia hengkang bersamaan dengan kepergian pelatih yang memboyongnya ke Stamford Brigde, Maurizio Sarri. 

4. Radamel Falcao

5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap TerlupakanFalcao saat membela Chelsea (twitter.com/TweetChelseaUK)

Atletico Madrid punya rekam jejak melahirkan penyerang mematikan, mulai dari Fernando Torres, Sergio Aguero, hingga Radamel Falcao. Penyerang asal Kolombia ini punya catatan mengerikan saat bermain di level kompetisi Eropa.

Namun, segala keterampilan Falcao di kotak penalti mendadak hilang kala ia berkarier di Inggris. Gagal di Manchester United, Falcao mencoba peruntungan baru di Stamford Brigde. Ekpektasi fans Chelsea pun cukup besar pada mantan pemain Porto ini. Namun, hingga masa baktinya bersama Chelsea berakhir, nyatanya ia ikut gagal menunjukkan ketajamannya.

5. Kevin De Bruyne

5 Mantan Pemain Bintang Chelsea yang Kerap TerlupakanKevin De Bruyne (twitter.com/TheSportSocial)

Rasanya Manchester City harus berterima kasih pada Chelsea terkait performa De Bruyne yang terus menanjak beberapa tahun terakhir. Jika ditarik mundur ke belakang,  Chelsea adalah klub besar pertama yang melirik bakat besar Kevin De Bruyne muda.

Berstatus sebagai pemain Chelsea sejak tahun 2012, karier De Bruyne justru lebih banyak ia habiskan bersama klub lain. Pemain asal Belgia ini tampil ciamik saat dipinjamkan ke Werder Bremen dan Vfl Wolfsburg. Sementara saat bersama Chelsea, De Bruyne lebih sering tampil di laga pramusim.

Selain sederet nama di atas, pemain lain seperti Andriy Shevchenko, Mohammed Salah, hingga Juan Sebastian Veron juga tergolong sebagai mantan bintang Chelsea yang kerap dilupakan pernah membela panji-panji The Blues. Apakah kamu punya sederet nama mantan pemain Chelsea yang terlupakan versi kamu sendiri?

Baca Juga: Penyebab Conte dan Tuchel Ribut Usai Chelsea Vs Spurs

Zakaria Zakaria Photo Writer Zakaria Zakaria

Penulis Artikel Sepakbola

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya