Terbaru! 5 Pelatih dengan Penampilan Terbanyak di Liga Champions

Beberapa nama sudah tidak melatih lagi

Kompetisi UEFA Champions League atau Liga Champions merupakan kompetisi antarklub tertinggi di Eropa. Tak heran klub-klub Eropa bertarung mati-matian demi bisa meraih trofi Si Kuping Besar. Trofi itu bisa menjadi prestasi tertinggi bagi klub-klub yang mengikuti kompetisinya.

Tak terkecuali bagi lima pelatih ini, yang sepanjang karier kepelatihannya sering tampil di Liga Champions. Beberapa nama dari lima pelatih ini sudah tidak melatih lagi. Mereka telah menjadi legenda.

1. Sir Alex Ferguson (205 pertandingan)

Terbaru! 5 Pelatih dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsMantan pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, berbicara di balik mimbar. (twitter.com/ProjectFootball)

Mantan pelatih Manchester United asal Skotlandia ini menempati posisi pertama dengan tampil sebanyak 205 pertandingan. Debutnya di Liga Champions terjadi pada 1993/1994. Ketika itu, Manchester United menghadapi klub asal Hungaria, Honved FC, dengan kemenangan tipis 3-2.

Berstatus sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia sepanjang sejarah, Sir Alex Ferguson berhasil meraih dua gelar Liga Champions pada musim 1998/1999 dan 2007/2008. Semuanya dilakukan saat melatih Manchester United. Pertandingan terakhir yang dilakoni Sir Alex Ferguson di ajang itu terjadi pada 2012/2013 lalu. Saat itu, klubnya takluk dari Real Madrid pada babak 16 besar dengan agregat 2-3.

2. Arsene Wenger (194 pertandingan)

Terbaru! 5 Pelatih dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsMantan pelatih Arsenal, Arsene Wenger, saat menangani timnya di Inggris. (twitter.com/Arsenal)

Nama pelatih asal Prancis ini berada di posisi kedua. Ia tampil dalam 194 pertandingan bersama dua klub, AS Monaco dan Arsenal. Pertandingan debutnya sebagai pelatih di Liga Champions terjadi pada 1993/1994. AS Monaco harus menghadapi klub Yunani, AEK Athena. AS Monaco menang 1-0.

Setelah absen beberapa tahun lamanya, Arsene Wenger kembali tampil di ajang itu kala melatih Arsenal. Ia beberapa kali mengantarkan tim Inggris ke kompetisi Eropa. Pertandingan terakhir yang dilakoninya di Liga Champions terjadi pada 2016/2017. Arsenal takluk atas klub Jerman, Bayern Munich, dengan agregat 2-10 pada babak 16 besar. Arsene Wenger telah tampil dalam 194 di Liga Champions. Kini, ia menjabat sebagai Chief of Global Football Development organisasi sepak bola dunia, FIFA.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!

3. Carlo Ancelotti (171 pertandingan)

Terbaru! 5 Pelatih dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsPelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, memantau pertandingan dari bangku pelatih. (instagram.com/mrancelotti)

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, telah melakoni pertandingan yang ke-171 di Liga Champions. Saat itu, ia dan timnya menang atas klub Moldova, Sheriff Tiraspol, Rabu (24/11/2021). Real Madrid menang dengan skor akhir 3-0.

Carlo Ancelotti memiliki segudang pengalaman di kompetisi tertinggi di Eropa ini. Debutnya di ajang tersebut terjadi saat menangani Parma pada 1997/1998. Parma kala itu harus menghadapi klub asal Ceko, Sparta Praha, yang berakhir dengan hasil imbang 0-0. Tak hanya itu, Carlo Ancelotti pernah mempersembahkan tiga gelar Liga Champions untuk dua klub berbeda, AC Milan dan Real Madrid.

4. Jose Mourinho (151 pertandingan)

Terbaru! 5 Pelatih dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsPelatih AS Roma, Jose Mourinho, memberikan instruksi kepada para pemainnya saat sesi latihan. (instagram.com/josemourinho)

Pelatih asal Portugal yang kini melatih AS Roma, Jose Mourinho, telah tampil dalam 151 pertandingan Liga Champions. Pada 2021/2022, Jose Mourinho tidak tampil di ajang tersebut karena AS Roma berkompetisi di UEFA Europa Conference League atau Liga Europa.

Debutnya di Liga Champions terjadi pada 2001/2002 kala menangani FC Porto. Saat itu, Porto mesti menghadapi Real Madrid. Porto kalah 0-1 dari lawannya. Mourinho sendiri tampil terakhir kali di Liga Champions pada babak 16 besar 2019/2020. Saat itu, ia menangani Tottenham Hotspur. Timnya takluk 0-3 dari klub Jerman, RB Leipzig.

5. Pep Guardiola (141 pertandingan)

Terbaru! 5 Pelatih dengan Penampilan Terbanyak di Liga ChampionsPelatih Manchester City, Pep Guardiola, memberikan instruksi kepada para pemain menjelang pertandingan dimulai. (instagram.com/mancity)

Nama terakhir dalam daftar ini adalah Pep Guardiola, yang kini melatih klub Inggris, Manchester City. Kemenangan atas Paris Saint-Germain pada lanjutan fase grup Liga Champions 2021/2022 merupakan pertandingan ke-141 Guardiola di ajang tersebut.

Penampilan debutnya sebagai pelatih di ajang itu terjadi pada 2008/2009. Itu terjadi saat masih menukangi FC Barcelona. Barca mesti menghadapi klub asal Portugal, Sporting Lisbon, pada 16 September 2008. Mereka keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.

Hingga saat ini, Pep Guardiola setidaknya sudah melatih tiga klub di Liga Champions, yakni FC Barcelona (Spanyol), Bayern Munich (Jerman), dan Manchester City (Inggris). Guardiola baru meraih dua gelar Liga Champions dan itu terjadi saat masih melatih Barcelona.

Itulah lima nama pelatih dengan penampilan terbanyak di Liga Champions hingga saat ini. Akankah tiga nama terakhir yang masih aktif melatih itu mampu melewati pencapaian Sir Alex Ferguson?

Baca Juga: 5 Pelatih Unggulan di Kompetisi Liga Champions Musim 2021/2022

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya