Comscore Tracker

5 Pelatih Termuda di UEFA Champions League 2021/2022

Beberapa nama baru ditunjuk belum lama ini

Kompetisi UEFA Champions League 2021/2022 telah memasuki pekan ke-5. Ada 11 tim lolos ke babak 16 besar untuk saat ini. Klub-klub Eropa berjuang keras dengan skuad seadanya, bahkan sebagian besar dihuni para pemain muda untuk bisa unjuk gigi di atas lapangan.

Tak hanya itu, sebagian pelatih pada ajang ini masih ada yang berusia di bawah 50 tahun. Beberapa dari mereka baru ditunjuk melatih belum lama ini. Ini menjadi pembuktian siapa yang layak menjadi pelatih terbaik di benua Eropa. Berikut lima pelatih termuda di UEFA Champions League 2021/2022:

1. Matthias Jaissle (RB Salzburg - 33 tahun)

5 Pelatih Termuda di UEFA Champions League 2021/2022Pelatih RB Salzburg, Matthias Jaissle, kala mengawasi timnya di pinggir lapangan. (instagram.com/fcredbullsalzburg)

Pelatih termuda di UEFA Champions League musim ini adalah pelatih RB Salzburg, Matthias Jaissle. Pelatih berkebangsaan Jerman ini memulai karier kepelatihannya di RB Leipzig level junior pada 2014. Matthias Jaissle diketahui pensiun sebagai pesepak bola bersama klub Jerman, TSG Hoffenheim, pada awal 2014.

Ia sendiri baru ditunjuk sebagai pelatih RB Salzburg sejak 2021/2022. Sebelumnya, ia menangani klub 2.Liga Austria, FC Liefering. Klubnya sendiri tergabung di Grup G dan masih berpeluang lolos ke babak 16 besar setelah RB Salzburg berada di posisi kedua klasemen sementara Grup G saat ini.

2. Julian Nagelsmann (Bayern Munich - 34 tahun)

5 Pelatih Termuda di UEFA Champions League 2021/2022Pelatih Bayern Munich, Julian Nagelsmann, saat diperkenalkan kepada publik pada Agustus 2021 lalu. (instagram.com/julian.nagelsmann)

Pada usia yang masih sangat muda, yakni 34 tahun, Julian Nagelsmann dipercaya menangani klub raksasa Jerman, Bayern Munich. Sebelumnya, ia melatih rival Bayern Munich, RB Leipzig, selama 2 musim. Julian Nagelsmann sendiri memulai karier kepelatihannya saat menjadi asisten pelatih di klub Jerman lainnya, TSV 1860 Munich U-17, pada 2008. Ketika itu, ia masih berusia 21 tahun.

Julian Nagelsmann sudah berpengalaman tampil di UEFA Champions League bersama dua klub sebelumnya, yakni TSG Hoffenheim dan RB Leipzig. Musim ini, Julian Nagelsmann sukses membawa Bayern Munich memastikan diri lolos ke babak 16 besar meski tersisa satu pertandingan lagi pada babak fase grup. Untuk sementara, Bayern Munich berhasil meraih poin sempurna, yakni 15 poin dari total 5 pertandingan.

Baca Juga: 5 Pelatih Unggulan di Kompetisi Liga Champions Musim 2021/2022

3. Ruben Amorim (Sporting Lisbon - 36 tahun)

5 Pelatih Termuda di UEFA Champions League 2021/2022Pelatih Sporting Lisbon, Ruben Amorim, ketika diperkenalkan kepada publik pada Maret 2020 lalu. (Instagram.com/rubenamorimofficial)

Ruben Amorim berada di jajaran pelatih termuda di kompetisi tertinggi Eropa musim ini. Pelatih Sporting Lisbon tersebut telah memulai karier kepelatihannya sejak 2018/2019 lalu dengan menangani klub asal Portugal, Casa Pia. Ia sendiri direkrut Sporting Lisbon sejak pertengahan 2019/2020 lalu. Sebelumnya, ia melatih klub Portugal lainnya, SC Braga.

Selama menjadi pelatih Sporting Lisbon, Ruben Amorim berhasil meraih 1 gelar Portuguese League, 1 gelar Portuguese Cup, dan 1 gelar Portuguese Super Cup. Di kompetisi UEFA Champions League, Ruben Amorim berpeluang membawa klubnya lolos ke babak 16 besar dengan menempati posisi ke-2 klasemen sementara Grup C.

4. Florian Kohfeldt (Wolfsburg - 39 tahun)

5 Pelatih Termuda di UEFA Champions League 2021/2022Pelatih Wolfsburg, Florian Kohfeldt, saat berada di pinggir lapangan memantau permainan anak asuhnya. (instagram.com/vfl.wolfsburg)

Pelatih muda berikutnya adalah Florian Kohfeldt yang kini menangani klub Jerman, Wolfsburg. Memulai karier kepelatihan sejak 2009, Florian Kohfeldt sempat melatih Werder Bremen junior dan senior hingga akhir 2020/2021.

Kepercayaan klub Wolfsburg menunjuk Florian Kohfeldt berawal setelah memecat pelatih sebelumnya, Mark van Bommel, akibat rentetan hasil buruk yang didapat belum lama ini. Sama seperti yang lainnya, Florian Kohfeldt berpeluang membawa Wolfsburg lolos ke babak 16 besar meski sementara berada di posisi terakhir klasemen Grup G.

5. Michael Carrick (Manchester United - 40 tahun)

5 Pelatih Termuda di UEFA Champions League 2021/2022Pelatih Manchester United, Michael Carrick, usai memenangi pertandingan melawan Villareal pada Selasa, 23 November 2021. (instagram.com/manchesterunited)

Nama terakhir adalah Michael Carrick, yang belum lama ini ditunjuk sebagai pelatih sementara Manchester United. Sebelumnya, pihak Manchester United memecat pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Mereka mengganti Solskjaer dengan Michael Carrick yang dahulu menjadi asistennya.

Karier kepelatihan Michael Carrick dimulai sejak 2018/2019 dengan mengisi posisi sebagai asisten pelatih. Sedangkan, debut Michael Carrick sebagai pelatih sementara Manchester United terjadi saat berhasil mengalahkan Villarreal di UEFA Champions League 2021/2022 dengan skor akhir 2-0 pada Selasa (23/11/2021). Dengan demikian, Michael Carrick berpeluang membawa Manchester United lolos ke babak 16 besar. Mereka sementara berada di puncak klasemen Grup F dengan perolehan 10 poin.

Itulah lima nama pelatih termuda di UEFA Champions League 2021/2022. Siapakah dari nama-nama ini yang mampu mencapai babak puncak pada ajang tersebut?

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya