Terancam Sanksi, Presiden Nigeria Ikuti Aturan Statuta FIFA

Presiden NFF telah digulingkan sejak 3 minggu lalu

Beberapa minggu lalu, Nigeria terancam sanksi FIFA ketika timnas mereka sedang berjuang di ajang Piala Dunia 2018. Intervensi dari pemerintah setempat membuat FIFA telah memperingatkan Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF) untuk tidak melakukan pelanggaran ini. Pada akhirnya, Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, akhirnya mengikuti aturan statuta FIFA demi terhindar dari sanksi. Bagaimana awal ceritanya?

1. Para petinggi NFF telah kembali ke aktivitas semula sejak Senin (23/7/2018) kemarin

Terancam Sanksi, Presiden Nigeria Ikuti Aturan Statuta FIFAtwitter.com/dechusen1

Presiden NFF, Amaju Pinnick, telah digulingkan oleh kelompok yang dipimpin oleh Christopher Giwa, mengklaim dirinya menang pada pemilihan Presiden NFF pada tahun 2014 lalu. Akibatnya, ia digulingkan selama 3 minggu terakhir ini. Kini, Pinnick telah kembali ke aktivitas semula sebagai Presiden NFF setelah presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, menuruti aturan statuta FIFA demi terhindar dari sanksi FIFA.

Begitu juga dengan Sekretaris Jenderal, Mohammed Sanusi, yang juga bersyukur bisa kembali ke pekerjaan semula setelah digulingkan oleh kelompok yang sama.

"Kami tidak bisa berterima kasih kepada Yang Mulia karena tindakannya dalam memulihkan ketertiban ke Gedung Sepak Bola. Dengan aksi tunggal ini, Presiden kami telah memulihkan harapan kepada jutaan pemuda Nigeria dan tidak terlalu muda yang terlibat dalam cara lain dalam bisnis sepakbola. Sekarang mereka bisa hidup dan bernapas ketika permainan favorit mereka dibebaskan sekali lagi. Liga Sepak Bola Profesional Nigeria," ungkap Mohammed Sanusi, seperti yang dikutip dari Espnfc.com.

2. Ini semua berawal dari imbauan Menteri Olahraga Nigeria

Terancam Sanksi, Presiden Nigeria Ikuti Aturan Statuta FIFAtwitter.com/NPFL_INSERT

Awal dari kekacauan di Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF) bermula dari imbauan Menteri Olahraga Nigeria, Solomon Dalung, yang memerintahkan Presiden NFF, Amaju Pinnick, untuk mundur dari jabatannya menyusul dari sepucuk surat Jaksa Agung setempat dan Menteri Kehakiman Nigeria, Abubakar Malami, pada putusan Mahkamah Agung.

Tak hanya itu saja, Menteri Olahraga Nigeria juga mengatakan bahwa pemenang pemilu Presiden NFF yang diklaim oleh Christopher Giwa diberikan pengakuan sambil menunggu hasil sidang.

"Pemilu NFF yang diadakan pada 26 Agustus 2014, di bawah kepemimpinan Amb Chris Giwa diberikan pengakuan sambil menunggu sidang dan penentuan mosi atas pemberitahuan yang diajukan dalam hal ini. hal yang dianggap sebagai larangan dari komite eksekutif yang dipilih pada hari yang sama adalah tidak konstitusional, batal demi hukum," ungkap pernyataan Menteri Olahraga Nigeria, Solomon Dalung, seperti yang dikutip dari Goal.com.

Imbauan Menteri Olahraga Nigeria ini bertepatan dengan kekalahan Nigeria atas Argentina di pertandingan terakhir Piala Dunia 2018, yang mengakibatkan negaranya tersingkir lebih awal di babak fase grup.

Pertarungan untuk mendapatkan kursi nomor satu pada NFF dimulai sejak Agustus 2014 lalu dimana Giwa tidak mendapatkan pengakuan dari FIFA sebagai pemenang pemilu NFF. Pada akhirnya, Pinnick kembali meraih kemenangan dalam pemilihan ulang, serta mendapatkan pengakuan dari FIFA meskipun ada beberapa kelemahan yang terjadi selama proses pemilihan berlangsung.

Selain itu, Pinnick mengungkapkan melalui pengacaranya, Festus Keyamo, menilai imbauan Menteri Olahraga Nigeria dengan arahan batal demi hukum, bahwa Giwa tidak memiliki "local standi" dan pemerintah federal tidak memiliki urusan dengan mereka pada masalah sepak bola.

3. Pada akhirnya, Nigeria bisa mengikuti Piala Dunia perempuan U-20

Terancam Sanksi, Presiden Nigeria Ikuti Aturan Statuta FIFAtwitter.com/bismarkmgh14

Dengan demikian, timnas perempuan Nigeria U-20 bisa mengikuti ajang Piala Dunia perempuan U-20 yang akan diselenggarakan di Perancis pada bulan Agustus ini. Tak hanya mereka saja, timnas pria di level semua usia bahkan kompetisi domestik mereka kembali berjalan normal.

Ini bukan pertama kalinya Nigeria diperingatkan oleh FIFA akibat masalah serupa. Pada tahun 2014 lalu, FIFA memutuskan untuk menghukum Federasi Sepak Bola Nigeria akibat masalah yang serupa seperti terjadi beberapa waktu lalu.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya