Comscore Tracker

Kalahkan Portsmouth, Arsenal Melaju ke Babak Perempat Final FA Cup

Arsenal menjadi klub pertama yang lolos dari babak 16 besar

Pada pertandingan babak 16 besar FA Cup 2019/2020, Arsenal berhasil mengalahkan wakil Football League One (divisi tiga), Portsmouth, dengan skor akhir 2-0 di markas Portsmouth, Fratton Park. Keberhasilan ini membuat Arsenal menjadi klub pertama yang melaju ke babak perempatfinal FA Cup. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Arsenal sempat mengalami kesulitan di menit-menit awal babak pertama

Kalahkan Portsmouth, Arsenal Melaju ke Babak Perempat Final FA Cuptwitter.com/DailyAFC

Dilansir dari goal.com, bermain di markas lawan sempat membuat Arsenal mengalami kesulitan di menit-menit awal babak pertama. Menurunkan beberapa pemain mudanya, Arsenal justru bermain baik meski direpotkan oleh solidnya pertahanan Portsmouth. Pada akhirnya, Arsenal berhasil memecahkan kebuntuan melalui Sokratis Papastathopoulos di menit ke-45+4 setelah menerima assist dari Reiss Nelson sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Wasit meniup peluit pertandingan sehingga skor tetap bertahan 1-0 untuk keunggulan Arsenal atas Portsmouth di babak pertama.

2. Edward Nketiah menjadi penentu kemenangan Arsenal

Kalahkan Portsmouth, Arsenal Melaju ke Babak Perempat Final FA Cuptwitter.com/SuperSportTV

Memasuki babak kedua, Arsenal kian meningkatkan serangan untuk memastikan diri lolos ke babak perempat final. Cara tersebut akhirnya berhasil setelah Edward Nketiah mencetak gol di menit ke-51 sehingga skor berubah menjadi 2-0 untuk Arsenal. Usai gol tersebut, Portsmouth langsung melakukan 3 pergantian pemain di pertengahan babak kedua.

Bermain di markas sendiri, Portsmouth terus mencoba melakukan berbagai peluang untuk memperkecil keadaan bahkan hingga berakhir imbang. Sayangnya, serangan demi serangan justru berakhir sia-sia karena hingga pertandingan berakhir, skor 2-0 untuk Arsenal atas Portsmouth tetap bertahan dan memastikan diri melaju ke babak perempat final FA Cup.

Baca Juga: Libas Portsmouth, Arsenal Sukses Amankan Tiket Babak 8 Besar Piala FA

3. Lucas Torreira mengalami cedera parah

Kalahkan Portsmouth, Arsenal Melaju ke Babak Perempat Final FA Cuparsenal.com

Pemain Arsenal, Lucas Torreira, mengalami cedera parah setelah menerima tekel keras dari pemain Portsmouth, James Bolton, hingga membutuhkan gas oksigen saat itu. Torreira akhirnya mendapatkan petugas medis dalam waktu yang cepat sambil merasakan kesakitan yang cukup parah saat di lapangan. Di sisi lain, wasit pertandingan, Mike Dean, menganggap tekel keras tersebut tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran dan Torreira diprediksi akan beristirahat selama beberapa pekan.

Cederanya Torreira justru membuka pintu kesempatan bagi Dani Ceballos dan Matteo Guendouzi yang kabarnya akan berduet dengan pemain gelandang, Granit Xhaka. Hingga saat ini, Torreira bermain 31 kali dengan 1 gol yang dicetaknya untuk Arsenal di seluruh kompetisi resmi pada musim ini.

4. Arsenal berpeluang meraih gelar FA Cup musim ini

Kalahkan Portsmouth, Arsenal Melaju ke Babak Perempat Final FA Cuptwitter.com/Arsenal

Dengan lolosnya ke babak perempat final, Arsenal berpeluang meraih gelar FA Cup di musim ini sekaligus gelar pertama Arteta untuk Arsenal. Seperti yang diketahui, Arsenal merupakan pemegang gelar FA Cup terbanyak sepanjang sejarah, yakni sebanyak 13 kali. Terakhir kali, Arsenal menjuarai gelar FA Cup terjadi pada musim 2016/2017 lalu. 

Untuk saat ini, Arsenal sedang berjuang keras setelah anak asuhan Mikel Arteta ini berada di peringkat 10 dengan raihan 37 poin dari 27 pertandingan yang dimainkan. Arsenal juga masih berpeluang lolos ke kompetisi antar klub Eropa musim depan, baik itu UEFA Champions League maupun UEFA Europa League.

5. Pertandingan menghadapi West Ham United menjadi pertandingan selanjutnya bagi Arsenal

Kalahkan Portsmouth, Arsenal Melaju ke Babak Perempat Final FA Cuptwitter.com/Arsenal

Di pertandingan selanjutnya, Arsenal dijadwalkan menghadapi West Ham United dalam lanjutan Premier League 2019/2020 pada tanggal 7 Maret 2020, sedangkan Portsmouth dijadwalkan menghadapi Peterborough United dalam ajang Football League One pada tanggal yang sama. Untuk Portsmouth, saat ini berpeluang promosi ke Football Championship setelah menempati peringkat 3 klasemen sementara.

Inilah ulasan lengkap pertandingan antara Portsmouth menghadapi Arsenal.

Baca Juga: Comeback Lawan West Ham, Akhirnya Arsenal Bisa Meraih Kemenangan Lagi

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya