Piala Liga Inggris Resmi Hapus Perpanjangan Waktu

Tujuannya untuk mengurangi kelelahan pemain

Kompetisi Piala Liga Inggris tampil dengan regulasi baru. Pasalnya, kompetisi ini secara resmi menghapus perpanjangan waktu demi mengurangi kelelahan bagi para pemain. Seperti yang diketahui, kompetisi Piala Liga Inggris selalu digelar pada tengah pekan. Benarkah demikian?

1. Usai 90 menit normal, langsung diadakan adu penalti menggunakan format berbeda

Piala Liga Inggris Resmi Hapus Perpanjangan Waktutwitter.com/FIFA_Events

Dilansir dari Espnfc.com, kompetisi Piala Liga Inggris langsung mengadakan adu penalti usai 90 menit pertandingan normal yang akan mulai berlaku pada musim 2018/2019. Keputusan ini sendiri diambil pada hari Jumat waktu setempat.

Pihak EFL selaku penyelenggara Piala Liga Inggris beralasan membantu meringankan beban pemain serta mengurangi kelelahan. Tak hanya format perpanjangan waktu, EFL juga mengubah sistem adu penalti dengan menggunakan sistem ABBA.

Contoh dari sistem ini yakni penendang dari tim A menjadi yang pertama kali, sedangkan dua penendang dari tim B akan mendapatkan giliran kedua dan ketiga, kemudian dua penendang dari tim A akan mendapatkan giliran keempat dan kelima, dan seterusnya.

2. Daftar unggulan juga dihapus pada kompetisi ini

Piala Liga Inggris Resmi Hapus Perpanjangan Waktutwitter.com/ManCity

Perubahan di kompetisi Piala Liga Inggris tak hanya berhenti di situ saja, perubahan lainnya terjadi pada dihapusnya daftar unggulan pada turnamen ini. Di babak pertama, seluruh klub yang berasal dari kasta kedua hingga kasta keempat akan dibagi menjadi dua wilayah, yakni wilayah utara dan wilayah selatan, dilansir dari Efl.com.

Selanjutnya, seluruh tim yang lolos akan bertemu dengan tim-tim dari kasta tertinggi Liga Inggris, kecuali klub-klub yang bertanding di kompetisi Eropa langsung lolos ke babak ketiga Piala Liga Inggris.

Selain itu, diberlakukannya VAR (Video Assistant Referee) pada kompetisi ini namun hanya bisa digunakan di seluruh stadion oleh klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Inggris. Sebelumnya, sistem VAR juga sudah dilakukan uji coba pada 2 pertandingan Piala Liga Inggris 2017/2018 lalu.

3. Sejarah kompetisi Piala Liga Inggris

Piala Liga Inggris Resmi Hapus Perpanjangan Waktutwitter.com/bbccumbriasport

Piala Liga Inggris dimulai pertama kali pada tahun 1960. Kompetisi ini diikuti oleh seluruh klub dari 4 kasta tertinggi di Inggris. Sudah sebanyak 23 klub yang berhasil keluar sebagai juara Piala Liga Inggris.

Sampai saat ini saja, Liverpool menjadi yang terbanyak dalam meraih gelar Piala Liga Inggris sebanyak 9 kali dan terakhir Manchester City yang keluar sebagai juara Piala Liga Inggris musim 2017/2018 setelah mengalahkan Arsenal di babak final.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya