Comscore Tracker

Juan Mata Prakarsai Badan Amal, Sebanyak 615 Ribu Pounds Terkumpul

Badan amal ini telah dibentuk setahun lalu

Program badan amal yang dibentuk oleh Juan Mata sejak setahun lalu berdiri kabarnya telah mencapai 615 Ribu Poundsterling atau setara dengan Rp11,6 Miliar sampai saat ini. Dana tersebut ditujukan untuk orang-orang yang kurang beruntung di seluruh dunia. Bagaimana awal ceritanya?

1. Beberapa pemain bintang juga ikut menyumbang sebesar 1 persen dari gaji mereka

Juan Mata Prakarsai Badan Amal, Sebanyak 615 Ribu Pounds Terkumpultwitter.com/juanmata8

Dilansir dari Goal.com, Juan Mata telah membentuk badan amal Juan Mata's Common Goal yang ditujukan untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung di seluruh dunia. Beberapa pemain bintang juga turut andil dan memberikan 1 persen dari gaji yang mereka terima.

Di antaranya Kasper Schemichel, Matt Hummels, Giorgio Chiellini, Alex Morgan, dan masih banyak lagi. Dalam setahun terakhir ini, total sebanyak 94 orang yang mendaftar ke badan amal ini.

2. Klub Denmark juga ikut mengikuti program amal ini

Juan Mata Prakarsai Badan Amal, Sebanyak 615 Ribu Pounds Terkumpultwitter.com/CommonGoalOrg

Klub Denmark, FC Nordsjaelland, berinisiatif menyumbangkan 1 persen dari harga tiket saat pertandingan menghadapi klub Swedia, AIK, dalam ajang Liga Eropa 2018/2019 babak kualifikasi kedua.

Ternyata inisiatif ini pertama kali dilakukan saat pertandingan menghadapi klub Irlandia Utara, Cliftonville, dalam ajang yang sama di babak kualifikasi pertama. Ternyata apa yang dilakukan FC Nordsjaelland ini tidak berhenti di sini saja.

Pihak klub berencana melakukan serupa saat pertandingan menghadapi klub Serbia, Partizan Belgrade, di babak ketiga ajang Liga Eropa musim 2018/2019. Menurut ketua FC Nordsjaelland, Tom Vernon, menilai apa yang dilakukan klub sebagai pendidikan holistik kepada para pemain.

"Kami percaya bahwa itu adalah tanggung jawab klub untuk menawarkan pendidikan holistik kepada pemain dan Common Goal adalah alat terbaik yang tersedia. Sangat penting bahwa pemain dibuat sadar akan dunia di sekitar mereka dan potensi mereka harus melepaskan kekuatan sepak bola untuk selamanya," ungkap Tom Vernon, seperti yang dikutip dari Goal.com.

3. Sejarah terbentuknya Common Goal

Juan Mata Prakarsai Badan Amal, Sebanyak 615 Ribu Pounds Terkumpulcommon-goal.org

Pada tanggal 4 Agustus 2017 lalu, Neymar berhasil memecahkan rekor transfer sebagai pemain termahal di dunia saat pindah ke Paris Saint-Germain dengan biaya mahar sebesar 222 Juta Euro atau setara Rp3,72 Triliun. Sepak bola saat ini tak jauh-jauh dengan namanya bisnis.

Sehingga sejak saat itu, Juan Mata berinisiatif membentuk badan amal Common Goal dan meminta rekan-rekannya untuk bersatu dan menciptakan dampak sosial yang positif dan berkelanjutan melalui pengaruh mereka sebagai pemain.

Kedua gerakan antara uang dan sepak bola dalam industri ini yang selamanya akan membentuk lanskap sepakbola. Setahun kemudian, Common Goal telah mulai membuat tanda di industri. Gerakan ini menawarkan lebih dari 50 pemain dari liga di seluruh dunia dari Inggris ke Cina, Amerika Serikat, dan Kepulauan Faroe.

Sebanyak 3 pelatih, 1 klub sepak bola, dan Presiden UEFA semuanya telah mengambil inisiatif dengan menyerahkan gaji sebesar 1%. Kini setelah meluncurkan hub digital baru, banyak penggemar telah bergabung dengan pemain favorit mereka dan bergabung bersama tim dengan mengambil ikrar.

Semua telah berkomitmen untuk mendukung organisasi yang menggunakan sepak bola sebagai alat untuk memperjuangkan tujuan sosial di seluruh dunia.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya