Comscore Tracker

Karena Virus Corona, Club Brugge Resmi Juarai Belgian Pro League

Ini menjadikan kompetisi pertama di Eropa mengakhiri musim

Kompetisi Belgian Pro League resmi dinyatakan berakhir lebih cepat dan Club Brugge dinyatakan sebagai juara Belgian Pro League musim 2019/2020. Dengan demikian, kompetisi ini menjadi kompetisi domestik pertama di Eropa yang mengakhiri musim lebih cepat akibat virus corona. Bagaimana awal ceritanya?

1. Dewan direksi Belgian Pro League mengatakan tidak mungkin mengakhiri kompetisi sebelum akhir Juni 2020 ini

Karena Virus Corona, Club Brugge Resmi Juarai Belgian Pro Leaguefacebook.com/jupilerproleague

Sebuah pengumuman yang disampaikan pada hari Kamis, 2 April 2020, waktu setempat mengatakan kompetisi Belgian Pro League tidak akan dilanjutkan sehingga memutuskan Club Brugge, yang berada di puncak klasemen, dinyatakan sebagai juara Belgian Pro League 2019/2020. Dewan direksi Belgian Pro League mengatakan keputusan ini telah dibuat dengan alasan tidak memungkinkan menyelesaikan kompetisi ini pada akhir Juni 2020, kecuali jika digelar dengan tertutup.

Tak hanya itu, jika pertandingan dilanjutkan ke depannya bakal ada kemungkinan risiko yang signifikan bagi para pemain serta staf kepelatihan. Faktor tambahan lainnya yakni para pemain hingga saat ini belum dapat berlatih bersama dengan masing-masing klub. Kini, hanya menunggu pengesahan saja yang akan dilakukan pada tanggal 15 April 2020 ini.

2. Jatah kompetisi antar klub Eropa di klasemen akhir Belgian Pro League

Karena Virus Corona, Club Brugge Resmi Juarai Belgian Pro Leaguefacebook.com/jupilerproleague

Mengacu pada klasemen sementara pada pertandingan terakhir, Club Brugge sementara berada di puncak klasemen dengan perolehan 70 poin, unggul 15 poin dari penghuni posisi runner-up, Gent. 

Menurut sistem yang ada di kompetisi Belgian Pro League, sebanyak 16 klub peserta semuanya memainkan 30 pertandingan masing-masing klub. Setelah menyelesaikan sebanyak 30 pertandingan, posisi pemuncak klasemen hingga peringkat ke-6 akan menjalani playoff I dengan mencari siapa yang berhak keluar sebagai juara sekaligus lolos ke fase grup UEFA Champions League. 1 slot babak kualifikasi ketiga UEFA Champions League, dan 1 slot tersisa masuk ke babak final playoff memperebutkan tiket lolos ke babak kedua UEFA Europa League.

Pada peringkat ke-7 hingga peringkat ke-15 serta peringkat 1 hingga peringkat 5 Belgian First Division B bertanding menjalani playoff II untuk memperebutkan tiket ke babak final playoff yang juga memperebutkan tiket lolos ke UEFA Europa League. Hingga pada akhirnya, pemenang playoff I akan bertemu dengan playoff II untuk memperebutkan sebuah tiket lolos ke UEFA Europa League musim berikutnya. Penghuni dasar di klasemen, Waasland-Beveren, terdegradasi ke Belgian First Division B musim berikutnya dengan memperoleh 20 poin.

Baca Juga: Gol Martial Membuat MU dan Club Brugge Bermain Imbang

3. Pertandingan terakhir digelar pada tanggal 7 Maret 2020 lalu

Karena Virus Corona, Club Brugge Resmi Juarai Belgian Pro Leaguesport.be

Sebelum dihentikan untuk sementara waktu, pertandingan di ajang Belgian Pro League terakhir kali digelar pada tanggal 7 Maret 2020. Ketika itu, sebanyak 8 pertandingan digelar di hari yang sama dan sebenarnya hanya menyisakan 1 pertandingan lagi sebelum akhirnya dilanjutkan ke babak playoff. Top skor di kompetisi Belgian Pro League 2019/2020 diraih oleh Jonathan David (Gent) dan Dieumerci Mbokani (Royal Antwerp) yang sama-sama mencetak 18 gol hingga pertandingan terakhir saat itu.

4. UEFA meminta seluruh kompetisi domestik di Eropa harus diselesaikan sebelum 30 Juni 2020 ini

Karena Virus Corona, Club Brugge Resmi Juarai Belgian Pro Leagueuefa.com

Sebelumnya, UEFA telah meminta seluruh kompetisi domestik di Eropa untuk menyelesaikan semua pertandingan sebelum tanggal 30 Juni 2020 ini. Sebagian besar kompetisi Eropa memang sedang dihentikan untuk sementara waktu, kecuali kompetisi domestik di Belarusia yang masih berjalan hingga saat ini. Dalam pernyataannya pada tanggal 17 Maret 2020 lalu, UEFA mengatakan resolusi ini memiliki komitmen untuk menyelesaikan semua kompetisi domestik dan antar klub Eropa paling lambat tanggal 30 Juni 2020 jika situasinya sudah membaik dan dinilai layak untuk dilanjutkan.

5. Perjalanan Club Brugge di musim ini

Karena Virus Corona, Club Brugge Resmi Juarai Belgian Pro Leaguefacebook.com/clubbrugge

Pada musim 2019/2020, Club Brugge menjalani musim dengan baik. Di kompetisi Belgian Pro League, Club Brugge hanya menelan 1 kekalahan saja dan kekalahan tersebut terjadi pada tanggal 10 November 2019 lalu saat ditaklukkan Royal Antwerp dengan skor akhir saat itu 1-2. Tak hanya di Belgian Pro League, Club Brugge juga berhasil mencapai babak final dengan menghadapi Royal Antwerp dan pertandingan tersebut yang harusnya digelar tanggal 22 Maret 2020 terpaksa ditunda dan belum diketahui apakah pertandingan itu tetap digelar atau tidak.

Untuk kompetisi antar klub Eropa, Club Brugge sempat merasakan kompetisi UEFA Champions League namun tersingkir di babak fase grup dan terlempar ke kompetisi UEFA Europa League setelah menempati peringkat 3 klasemen akhir fase grup. Sayangnya, di kompetisi UEFA Europa League justru kembali tersingkir setelah takluk dari Manchester United di babak 32 besar lalu.

Selamat untuk Club Brugge yang dinyatakan sebagai juara Belgian Pro League 2019/2020.

Baca Juga: Bermain di Old Trafford, Manchester United Melibas Club Brugge 5-0

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya