Comscore Tracker

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropa

Dua klub besar Inggris termasuk diantara 32 tim ini

Fase grup Liga Eropa musim 2018/2019 telah berakhir. Sebanyak 32 tim dari 24 tim yang berasal dari babak fase grup serta 8 tim dari kompetisi Liga Champions Eropa 2018/2019 telah melengkapi babak 32 besar. Dari semua klub yang lolos, perwakilan dari Spanyol yang paling mendominasi dengan mengirimkan 4 klub. Siapa saja yang lolos ke babak 32 besar? Berikut penjelasannya.

1. Grup A: Bayer Leverkusen dan Zurich

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/bayer04_en

Dimulai dari Grup A, wakil Jerman, Bayer Leverkusen, dan wakil Swiss, Zurich, dipastikan melangkah ke babak 32 besar setelah masing-masing menempati posisi juara grup dan runnner-up grup. Bayer Leverkuse meraih rekor 4 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah yang memastikan diri meraih 13 poin, sedangkan Zurich meraih rekor 3 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah yang berakhir dengan perolehan 10 poin. Sedangkan wakil Siprus, AEK Larnaca, dan wakil Bulgaria, Ludogorets Razgrad, berada di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen akhir babak fase grup.

2. Grup B: Red Bull Salzburg dan Glasgow Celtic

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/RedBullSalzburg

Pada Grup B, wakil dari Austria, Red Bull Salzburg, dan wakil dari Skotlandia, Glasgow Celtic, berhasil lolos ke babak 32 besar setelah meraih posisi juara grup dan runner-up grup. Red Bull Salzburg meraih 6 kemenangan dari 6 pertandingan yang dilaluinya di babak fase grup sehingga memperoleh poin sempurna, yakni 18 poin. Sedangkan Glasgow Celtic sendiri meraih rekor 3 kali menang, tanpa seri, dan 3 kali kalah yang berakhir dengan raihan 9 poin. Untuk wakil Jerman, Red Bull Leipzig, dan wakil Norwegia, Rosenborg, harus gagal setelah hanya berada di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen akhir grup.

3. Grup C: Zenit St. Peterseburg dan Slavia Praha

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/rpl_en

Wakil Rusia, Zenit Saint Petersburg, berhasil meraih posisi juara Grup C dimana meraih rekor 3 kali menang, 2 kali seri, dan 1 kali kalah yang berakhir dengan perolehan 11 poin. Sedangkan pesaing terdekatnya asal Republik Ceko, Slavia Praha, berada di posisi runner-up grup setelah meraih rekor 3 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah yang berakhir dengan perolehan 10 poin. Keduanya berhak melaju ke babak 32 besar Liga Eropa 2018/2019. Sedangkan wakil Perancis, Bordeaux, dan wakil Denmark, FC Kopenhagen, yang berada di posisi ke-3 dan ke-4 gagal melangkah ke babak 32 besar.

4. Grup D: Dinamo Zagreb dan Fenerbahce

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/1hnl

Di klasemen akhir Grup D, klub Kroasia, Dinamo Zagreb, berhak meraih predikat juara grup setelah meraih rekor 4 kali menang, 2 kali seri, dan tanpa mengalami kekalahan yang hasil ini membuat Dinamo Zagreb meraih 14 poin. Sedangkan pesaing terdekatnya atau klub Turki, Fenerbahce, berada di posisi runner-up grup setelah meraih rekor 2 kali menang, 2 kali seri, dan 2 kali kalah. Keduanya berhak melaju ke babak 32 besar Liga Eropa 2018/2019. Untuk klub Slovakia, Spartak Trnava, harus puas berada di posisi ke-3 dan klub Belgia, Anderlecht, berada di posisi paling buncit klasemen akhir fase grup.

Baca Juga: 8 Laga Penentuan Tim yang Akan Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropa

5. Grup E: Arsenal dan Sporting Lisbon

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/Arsenal

Di Grup E, klub Inggris, Arsenal, sukses menjadi juara grup setelah meraih rekor 5 kali menang, 1 kali seri, dan tanpa mengalami kekalahan dengan hasil perolehan 16 poin. Begitu juga dengan klub, Sporting Lisbon, yang berada di posisi runner-up setelah meraih rekor 4 kali menang, 1 kali seri, dan 1 kali kalah yang berakhir dengan perolehan 13 poin. Baik Arsenal maupun Sporting Lisbon sama-sama lolos ke babak selanjutnya. Adapun demikian, klub Ukraina, Vorskla Poltava, dan klub Azerbaijan, Qarabag, harus puas di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen akhir.

6. Grup F: Real Betis dan Olympiakos

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/RealBetis

Klub Spanyol, Real Betis, dan klub Yunani, Olympiakos, sama-sama berhak melaju ke babak 32 besar setelah berada di posisi juara grup dan runner-up grup. Real Betis lolos setelah meraih rekor 3 kali menang, 3 kali seri, dan tanpa mengalami kekalahan. Sedangkan Olympiakos sendiri meraih rekor 3 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah.

Perolehan rekor tersebut justru bersamaan dengan rekor klub Italia, AC Milan, dengan perolehan serupa, akan tetapi selisih gol yang memutuskan Olympiakos berhak lolos dibanding AC Milan, dimana Olympiakos memiliki selisih gol +5 dan AC Milan memiliki selisih gol +3. Untuk AC Milan dan klub Luksemburg, F91 Dudelange, harus puas berada di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen akhir Grup F.

7. Grup G: Villarreal dan Rapid Wien

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/VillarrealCF

Klub Spanyol lainnya, Villarreal, berhak meraih posisi juara Grup G setelah meraih 2 kali menang, 4 kali seri, dan tanpa mengalami kekalahan sehingga klub ini mendapatkan perolehan 10 poin. Begitu juga dengan klub asal Austria, Rapid Wien, yang juga memperoleh poin serupa, hanya saja mereka meraih 3 kali menang, 1 kali seri, dan 2 kali kalah. Untuk klub Skotlandia, Glasgow Rangers, dan klub Rusia, Spartak Moskow, gagal melangkah ke babak 32 besar Liga Eropa 2018/2019 setelah berakhir di posisi ke-3 dan ke-4.

8. Grup H: Eintracht Frankfurt dan Lazio

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/iMiaSanMia

Dari Grup H, wakil Jerman, Eintracht Frankfurt, dan wakil Italia, Lazio, melaju ke babak selanjutnya setelah berhasil meraih posisi juara grup dan runner-up grup. Eintracht Frankfurt meraih perolehan sempurna dengan 6 kali menang dari 6 pertandingan di babak fase grup sehingga berhasil meraih 18 poin, sedangkan Lazio yang berada di posisi runner-up meraih 3 kali menang, tanpa seri, dan 3 kali kalah. Untuk wakil Siprus, Apollon Limassol, dan wakil Perancis, Olympique Marseille, harus tersingkir lebih awal setelah berada di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen.

9. Grup I: Genk dan Malmo FF

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/Sportnieuwsnl

Klub Belgia, KRC Genk, berhasil menjadi juara grup setelah memperoleh 3 kali menang, 2 kali seri, dan 1 kali kalah yang berakhir dengan 11 poin, sedangkan pesaing terdekatnya yang berasal dari Swedia, Malmo FF, berada di posisi runner-up dengan 2 kali menang, 3 kali seri, dan 1 kali kalah yang membuatnya meraih 9 poin. Sedangkan klub Turki, Besiktas, dan klub Norwegia, Sarpsborg 08, tersingkir dari kompetisi Liga Eropa setelah berada di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen akhir.

10. Grup J: Sevilla dan Krasnodar

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/andrevsilva19

Pada klasemen akhir Grup J, klub Spanyol, Sevilla, dan klub Rusia, Krasnodar, lolos ke babak 32 besar Liga Eropa 2018/2019 setelah Sevilla berada di puncak klasemen dan Krasnodar berada di bawahnya. Sevilla meraih 4 kali menang, tanpa seri, dan 2 kali kalah yang berakhir dengan perolehan 12 poin. Untuk Krasnodar sendiri juga memperoleh rekor yang sama, namun unggul dalam selisih gol dimana Sevilla (+12) dan Krasnodar (0). Sedangkan klub Belgia, Standard Liege, dan klub Turki, Akhisarspor, tersingkir lebih cepat setelah masing-masing berada di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen akhir.

11. Grup K: Dynamo Kiev dan Rennes

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/SoloFutbolPlus

Persaingan ketat terjadi di Grup K, dimana klub Ukraina, Dynamo Kiev, dan klub Perancis, Rennes, berhasil meraih tiket lolos ke babak 32 besar Liga Eropa 2018/2019 setelah berada di posisi juara grup dan runner-up grup. Dynamo Kiev berhasil meraih 3 kali menang, 2 kali seri, dan 1 kali kalah yang berhak memperoleh 11 poin, sedangkan Rennes meraih 3 kali menang, tanpa seri, dan 3 kali kalah yang berhak memperoleh 9 poin. Untuk klub Kazakhstan, Astana, berada di posisi ke-3 dan klub Republik Ceko, Jablonec, berada di posisi ke-4 yang artinya gagal melangkah ke babak selanjutnya.

12. Grup L: Chelsea dan BATE Borisov

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/ChelseaFC

Dan di grup terakhir, Grup K, meloloskan klub Inggris, Chelsea, yang berada di puncak klasemen dan klub Belarusia, BATE Borisov, yang menempati posisi runner-up grup. Pasalnya, Chelsea meraih 5 kali menang, 1 kali seri, dan tanpa mengalami kekalahan yang berakhir dengan 16 poin, sedangkan BATE Borisov sendiir meraih 3 kali menang, tanpa seri, dan 3 kali kalah yang berakhir dengan 9 poin. Untuk klub Hungaria, Vidi, dan klub Yunani, PAOK Thessaloniki, gagal ke babak 32 besar setelah berada di posisi ke-3 dan ke-4 klasemen.

13. Sebanyak 8 tim yang gagal ke babak 16 besar Liga Champions Eropa dialihkan ke babak 32 besar Liga Eropa

Berikut Daftar Lengkap 32 Tim yang Lolos ke Babak 32 Besar Liga Eropatwitter.com/sscnapoli

Ada 8 tim yang gagal ke babak 16 besar Liga Champions Eropa 2018/2019 dialihkan ke babak 32 besar Liga Eropa 2018/2019 yakni Napoli (Italia), Valencia (Spanyol), Inter Milan (Italia), Benfica (Portugal), Viktoria Plzen (Republik Ceko), Club Brugge (Belgia), Shakhtar Donetsk (Ukraina), dan Galatasaray (Turki). Dengan demikian, klub Spanyol paling mendominasi babak 32 besar Liga Eropa musim ini dengan mengirimkan 4 wakil yakni Real Betis, Villarreal, Sevilla, dan Valencia. Undian babak 32 besar Liga Eropa akan digelar pada hari Senin, 17 Desember 2018, mendatang.

Baca Juga: Kalahkan Qarabag di Liga Eropa, Koscielny: Musimku Baru Dimulai

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:30:05

Progress: 751.930 dari 813.350 TPS (92.44852%)

Just For You