Tiba di Rusia 9 Juni Lalu, Timnas Arab Dipimpin Pelatih yang Baru

#worldcup2018 Gimana peluang Arab di Piala Dunia 2018?

Satu wakil Asia yang akan tampil di Piala Dunia 2018, Arab Saudi, telah tiba di Rusia pada tanggal 9 Juni 2018 lalu. Arab Saudi tampil dengan kekuatan sebagian besar skuad yang bermain di liga lokal. Seperti apa profil dari timnas Arab Saudi sendiri? Berikut penjelasannya.

1. Ini merupakan keikutsertaan ke-5 sepanjang sejarah mereka

Tiba di Rusia 9 Juni Lalu, Timnas Arab Dipimpin Pelatih yang Barutwitter.com/Russia

Dilansir dari Ksa-team.com, Arab Saudi baru tampil ke-5 kalinya sepanjang sejarah dalam keikutsertaan di ajang Piala Dunia. Pertama kali terjadi pada edisi Piala Dunia 1994, di mana pada saat itu Arab Saudi yang berstatus debutan, berhasil mengejutkan dunia dengan mencapai babak 16 besar, sebelum akhirnya dikalahkan oleh Swedia.

Namun setelahnya sampai Piala Dunia 2006 lalu, Arab Saudi belum pernah meraih kemenangan sama sekali. Pada Piala Dunia 2018 ini, Arab Saudi akan melakoni laga pembuka turnamen besar ini dengan menghadapi Rusia pada tanggal 14 Juni 2018 ini.

2. Perjalanan Arab Saudi di babak kualifikasi hingga lolos

Tiba di Rusia 9 Juni Lalu, Timnas Arab Dipimpin Pelatih yang Barutwitter.com/SaudiNT

Dilansir dari Fifa.com, Arab Saudi memulai petualangan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia pada babak kedua yang tergabung di Grup A, dimana Arab Saudi satu grup bersama Uni Emirat Arab, Palestina, Malaysia, dan Timor Leste.

Pada babak ini, Arab Saudi sukses keluar sebagai juara Grup A dan lolos ke babak ketiga bersama Uni Emirat Arab yang berada di posisi runner up. Di babak ketiga, Arab Saudi berada di Grup B bersama Uni Emirat Arab, Jepang, Thailand, Australia, dan Irak. Persaingan ketat terjadi pada ketiga negara ini, yakni Jepang, Arab Saudi, dan Australia.

Dan akhirnya, Arab Saudi memastikan diri lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 dengan status runner up Grup B bersama Jepang yang lolos berstatus juara Grup B. Sedangkan Australia harus melewati babak playoff interkontinental menghadapi Honduras.

3. Sayangnya, pelatih yang membawa mereka lolos justru didepak

Tiba di Rusia 9 Juni Lalu, Timnas Arab Dipimpin Pelatih yang Barutwitter.com/iFutbola

Dilansir dari Goal.com, kejutan justru terjadi menimpa sepak bola Arab Saudi. Beberapa minggu setelah memastikan diri lolos, Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) justru memecat mantan pelatih timnas Belanda, Bert van Marwijk, karena adanya masalah internal dalam perpanjangan kontrak.

Sebagai gantinya, Edgardo Bauza memimpin timnas Arab Saudi namun hanya bertahan selama dua bulan saja. Kini, Arab Saudi datang dengan pelatih baru mereka asal Argentina, Juan Antonio Pizzi.

Sedangkan untuk Marwijk sendiri sudah melatih timnas Australia di Piala Dunia 2018 ini.

4. Skuat lengkap timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2018

Tiba di Rusia 9 Juni Lalu, Timnas Arab Dipimpin Pelatih yang Barutwitter.com/SaudiNT

Dilansir dari Espnfc.com, inilah skuat lengkap Arab Saudi di Piala Dunia 2018:

  • Kiper: Abdullah Al Mayouf (Al Hilal), Yasser Al Mosailem (Al Ahli), Mohammed Al Owais (Al Ahli)
  • Belakang: Mansoor Al Harbi (Al Ahli), Osama Hawsawi (Al Hilal), Ali Al Bulaihi (Al Hilal), Omar Hawsawi (Al Nassr), Mohammed Al Breik (Al Hilal), Yasser Al Shahrani (Al Hilal), Motaz Hawsawi (Al Ahli)
  • Tengah: Salman Al Faraj (Al Hilal), Yahya Al Shehri (Leganes), Hattan Bahebri (Al Shabab), Abdulmalek Al Khaibri (Al Hilal), Mohamed Kanno (Al Hilal), Abdullah Otayf (Al Hilal), Abdullah Al Khaibari (Al Shabab), Housain Al Mogahwi (Al Ahli), Taisir Al Jassim (Al Ahli), Salem Al Dawsari (Villareal), Fahad Al Muwallad (Levante)
  • Depan: Mohammad Al Sahlawi (Al Nassr), Muhammad Assiri (Al Ahli).
Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya