Foto Bersama Erdogan Dikritik, Ozil Dan Gundogan Temui Presiden Jerman

Foto mereka dirilis oleh pemerintah Turki beberapa waktu lalu

Beberapa waktu lalu, sepakbola Jerman digegerkan dengan pertemuan antara Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Namun, setelah kritikan mengalir deras kepada mereka berdua, akhirnya Ozil dan Gundogan bertemu dengan Presiden Jerman, Frank Walter Steinmeier. Apa yang dibicarakan?

1. Mereka berdua hanya ingin menyelesaikan masalah ini

Foto Bersama Erdogan Dikritik, Ozil Dan Gundogan Temui Presiden JermanTwitter.com/2018_ipl_live

Dilansir dari BBC, kedua pemain timnas Jerman ini menemui Presiden Jerman, Frank Walter Steinemeier, untuk membahas masalah yang dihadapi mereka berdua ini. Mereka ingin menjelaskan kesalahpahaman yang terjadi setelah keduanya bertemu dengan Erdogan beberapa hari yang lalu.

"Penting bagi mereka berdua untuk menjelaskan kesalahpahaman," ungkap Frank Walter Steinmeier seperti yang dikutip dari BBC. Ia juga mengungkapkan bahwa Ozil tetap berdiri di Jerman dan Gundogan menegaskan Jerman adalah negara tempat tinggalnya dan tim yang dia bela.

2. Partai penguasa di Turki merilis foto-foto pertemuan mereka berdua

Foto Bersama Erdogan Dikritik, Ozil Dan Gundogan Temui Presiden JermanTwitter.com/TheWeekUK

Partai penguasa di Turki, Partai AK, merilis foto-foto pertemuan mereka berdua. Tak hanya itu, keduanya juga memberikan jersey klub yang mereka bela di masing-masing klub. Namun, reaksi keras datang dari Kanselir Jerman, Angela Merkel, dan Presiden Federasi Sepakbola Jerman, Reihnart Griendel. Bahkan, Griendel sendiri menilai Ozil dan Gundogan terlibat dalam kampanye pemilihan umum di Turki untuk mendukung Erdogan.

"Keduanya meyakinkan kami bahwa mereka tidak ingin mengirim sinyal politik apa pun dengan tindakan mereka," ungkap Griendel dalam penilaian terhadap Ozil dan Gundogan seperti yang dikutip dari Thelocal.de.

3. Bagaimana nasib Ozil dan Gundogan bersama timnas Jerman di Piala Dunia 2018?

Foto Bersama Erdogan Dikritik, Ozil Dan Gundogan Temui Presiden JermanTwitter.com/KickOffMagazine

Meski mereka berdua berada dalam masalah serius ini, Ozil dan Gundogan dikabarkan masuk ke dalam 27 daftar pemain Jerman sebelum akhirnya memutuskan 23 pemain yang layak masuk ke dalam skuad timnas Jerman di Piala Dunia 2018. Bahkan, keduanya telah bertemu dengan Griendel sebelum digelar pertandingan Piala Jerman untuk membahas masalah ini.

Direktur timnas Jerman, Oliver Bierhoff, justru bersikap sebaliknya dengan membela Ozil dan Gundogan. "Saya sudah mengenal kedua pemain selama bertahun-tahun dan tahu seberapa banyak mereka mengidentifikasi dengan tim nasional dan nilai-nilai kami di Jerman," ungkap Bierhoff seperti yang dikutip dari Thelocal.de.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya