Gara-gara Selebrasi, Gareth Bale Terancam Skorsing 12 Pertandingan

Bale dinilai provokatif saat menghadapi Atletico Madrid

Selebrasi yang dilakukan Gareth Bale saat pertandingan menghadapi Atletico Madrid dalam lanjutan Liga Spanyol 2018/2019 lalu menimbulkan kontroversi. Pemain timnas Wales ini terancam mendapatkan hukuman larangan bertanding selama 12 pertandingan. Bagaimana awal ceritanya?

1. Selebrasi tersebut dinilai mengandung makna vulgar dan menghina

Gara-gara Selebrasi, Gareth Bale Terancam Skorsing 12 Pertandingantwitter.com/32Red

Dilansir dari Goal.com, Bale tampaknya menghadapi masalah serius setelah melakukan selebrasi kontroversial kala menghadapi Atletico Madrid pada tanggal 9 Februari 2019 lalu di lanjutan Liga Spanyol. Ia menghadapi larangan sebanyak 12 pertandingan setelah dilaporkan ke pihak otoritas liga karena selebrasi itu memiliki makna vulgar dan menghina setelah mencetak gol ke gawang Atletico Madrid. Ketika itu, Bale turun sebagai pemain pengganti setelah 17 menit dari bangku cadangan saat mencetak gol.

Selebrasi Bale yang dinilai kontroversial ini diarahkan ke arah para pendukung lawan dan tindakan yang dilakukan Bale ini telah dimasukkan ke laporan pertandingan wasit meski sudah ditandai ke otoritas terkait. Pihak otoritas Liga Spanyol telah merujuk insiden itu kepada komite kompetisi Federasi Sepakbola Spanyol dan Bale kini harus menunggu untuk mengetahui tindakan apa yang akan diambil terhadap Bale.

Baca Juga: Kritik Gaya Selebrasi Pogba, Makelele: Itu Kurang Ajar!

2. Pihak Liga Spanyol telah mengeluarkan pernyataan resmi

Gara-gara Selebrasi, Gareth Bale Terancam Skorsing 12 Pertandingantwitter.com/SkySportsStatto

Pihak otoritas Liga Spanyol telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait kasus yang dihadapi Gareth Bale.

"Pada pertandingan di menit ke-73, setelah mencetak gol ketiga untuk timnya, pemain Real Madrid, Gareth Bale, yang telah dicemooh oleh para penggemar lokal, melakukan selebrasi dengan mengangkat tangan kanannya ke kepalanya, dalam gerakan provokatif kepada para pendukung, kemudian dengan kemungkinan bermakna cabul dan menghina, ia melakukan gestur menekuk lengannya sembari memotong bagian tengahnya dengan tangan yang lain.

"Jika terbukti bersalah, pelaku akan dikenai sanksi skorsing empat hingga dua belas pertandingan, atau jika permusuhan berasal dari publik, skorsing akan dari satu hingga tiga pertandingan atau untuk periode hingga satu bulan," bunyi pernyataan resmi dari pihak Liga Spanyol seperti yang dikutip dari Goal.com.

Meskipun pihak Liga Spanyol sendiri tidak memiliki keputusan akhir mengenai hukuman, mereka yakin Federasi Sepakbola Spanyol hanya menjatuhkan hukuman kepada Bale maksimal sebanyak 3 pertandingan.

3. Kehilangan Bale tentu menjadi kerugian bagi Real Madrid

Gara-gara Selebrasi, Gareth Bale Terancam Skorsing 12 Pertandingantwitter.com/GarethBale11

Jika Gareth Bale terbukti bersalah dalam kasus ini, maka yang paling dirugikan adalah Real Madrid karena saat ini sedang berada dalam permainan terbaiknya dalam beberapa pertandingan terakhir ini. Real Madrid sendiri kini menjalani 15 pertandingan tersisa di Liga Spanyol hingga akhir musim 2018/2019, sedangkan Bale sendiri akan dihukum selama 12 pertandingan di liga, yang artinya Bale hanya tampil di 3 pertandingan terakhir bersama Real Madrid.

Pelatih Real Madrid, Santiago Solari, tentunya tidak mau anak asuhnya ini menerima hukuman berat, terlebih Bale kini menjadi pemain yang diandalkan Real Madrid saat ini setelah kepergian Cristiano Ronaldo pada awal musim 2018/2019 ini. Saat ini, Real Madrid berada di posisi ke-2 klasemen sementara Liga Spanyol tertinggal 6 poin dari puncak klasemen sementara sekaligus rivalnya, Barcelona.

Baca Juga: Lakukan Selebrasi Provokatif, Ini Penjelasan Mourinho

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya