Comscore Tracker

Steven Gerrard Berhasil Bawa Glasgow Rangers Lolos ke Babak 16 Besar

Ini adalah pencapaian terbaik Gerrard sebagai pelatih

Steven Gerrard berhasil membawa Glasgow Rangers menjadi klub pertama yang lolos ke babak 16 besar UEFA Europa League 2019/2020 setelah mengalahkan Sporting Braga dengan skor akhir 1-0 di leg kedua, sehingga agregat menjadi 4-2. Kemenangan ini membuat Gerrard berhasil memperoleh pencapaian terbaiknya selama menjadi pelatih. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Tak ada gol yang tercipta di babak pertama

Steven Gerrard Berhasil Bawa Glasgow Rangers Lolos ke Babak 16 Besaruefa.com

Dilansir dari BBC, Glasgow Rangers datang ke Braga dengan modal kemenangan tipis 3-2 di leg pertama yang digelar pekan lalu. Bertindak sebagai tim tamu, Rangers justru bermain lebih baik dibandingkan tuan rumah sepanjang pertandingan. Meski penguasaan bola lebih didominasi Sporting Braga, kubu Glasgow Rangers mampu menciptakan beberapa peluang emas ke wilayah lawan. 

Sayangnya, berbagai upaya yang mereka lakukan di babak pertama gagal membuahkan hasil. Begitu juga dengan kubu Sporting Braga yang sudah melakukan beberapa peluang dan gagal dikonversikan menjadi gol. Pada akhirnya, babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0 untuk kedua tim.

2. Ryan Kent membawa Glasgow Rangers memastikan diri lolos ke babak selanjutnya

Steven Gerrard Berhasil Bawa Glasgow Rangers Lolos ke Babak 16 Besartwitter.com/EuropaLeague

Di babak kedua, baik kubu tuan rumah maupun tamu sama-sama tampil menyerang. Bertanding di markas sendiri, tentunya Sporting Braga ingin mengakhiri pertandingan dengan kemenangan tipis di leg kedua berbekal modal 2 gol tandang mereka di leg pertama. Akan tetapi, Glasgow Rangers justru mampu menciptakan gol di menit ke-61 melalui Ryan Kent usai menerima assist dari Ianis Hagi sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Glasgow Rangers.

Sejak gol tersebut, Rangers perlahan-lahan mulai menerapkan pola bertahan di mana Sporting Braga berusaha menyamakan kedudukan hingga menit-menit akhir pertandingan. Skor tersebut tetap bertahan hingga akhir pertandingan dan kemenangan 1-0 untuk Glasgow Rangers atas Sporting Braga sudah cukup mengantarkannya lolos ke babak 16 besar UEFA Europa League dengan agregat 4-2.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Liverpool yang Wajib Dibawa Gerrard ke Rangers FC

3. Gerrard dinilai berhasil membangkitkan Glasgow Rangers di kompetisi antar klub Eropa

Steven Gerrard Berhasil Bawa Glasgow Rangers Lolos ke Babak 16 Besaruefa.com

Keberhasilan Gerrard membawa Glasgow Rangers lolos ke babak 16 besar UEFA Europa League membuatnya dinilai berhasil membangkitkan kembali klub yang dilatihnya ini di ajang kompetisi antar klub Eropa. Untuk saat ini, Gerrard membawa Glasgow Rangers sementara berada di posisi runner up klasemen sementara Scottish Premiership 2019/2020 dan hanya tertinggal dari Glasgow Celtic dengan jarak 12 poin.

Tak hanya itu, Gerrard masih berpeluang meraih gelar di ajang Scottish FA Cup 2019/2020, di mana saat ini sudah berhasil mencapai babak perempat final. Jika Gerrard berhasil membawa Rangers meraih gelar UEFA Europa League di musim ini, bukan tak mungkin Gerrard bakal dilirik oleh klub-klub besar Eropa, terutama klub-klub Inggris.

4. Terakhir kali, Glasgow Rangers lolos ke babak 16 besar UEFA Europa League pada musim 2010/2011 lalu

Steven Gerrard Berhasil Bawa Glasgow Rangers Lolos ke Babak 16 Besaruefa.com

Seperti yang diketahui, pencapaian lolos ke babak 16 besar terakhir kali terjadi pada musim 2010/2011 lalu. Namun, di babak itu juga mereka tersingkir dengan skor agregat 0-1 atas PSV Eindhoven. Sejak itu juga, Rangers sempat dilanda kebangkrutan semusim berikutnya hingga pada akhirnya dihukum terdegradasi ke Scottish League Two pada musim 2012/2013. 

Setelah promosi 4 musim secara beruntun, Glasgow Rangers akhirnya bisa kembali tampil di Scottish Premiership dan berusaha mengembalikan kejayaannya seperti yang dilakukan di musim-musim sebelumnya. Seperti yang diketahui, Glasgow Rangers sempat mencicipi babak final UEFA Europa League pada musim 2007/2008 meski akhirnya gagal meraih gelar juara ketika kalah dari Zenit Saint Petersburg.

5. Pertandingan selanjutnya yang dihadapi Glasgow Rangers dan Sporting Braga

Steven Gerrard Berhasil Bawa Glasgow Rangers Lolos ke Babak 16 Besaruefa.com

Pada pertandingan selanjutnya, Glasgow Rangers kembali dihadapkan pada ajang Scottish FA Cup 2019/2020 di mana akan bertemu Hearts pada tanggal 1 Maret 2020, sedangkan Sporting Braga dijadwalkan bertemu Maritimo pada lanjutan Primeira Liga 2019/2020 yang akan berlangsung tanggal yang sama. 

Mampukah Gerrard berhasil menciptakan sejarah baru untuk Glasgow Rangers di ajang UEFA Europa League?

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Diteladani dari Kisah Hidup Steven Gerrard

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya