Comscore Tracker

Masih Aktif Bermain, Iker Casillas Calonkan Diri sebagai Presiden RFEF

Casillas memiliki banyak jasa untuk sepak bola Spanyol

Kabar mengejutkan datang dari mantan kiper timnas Spanyol, Iker Casillas, yang belum lama ini menyatakan keinginan maju sebagai calon Presiden RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol). Meski sampai saat ini masih aktif bermain, Casillas memiliki banyak jasa bagi sepak bola Spanyol. Bagaimana awal ceritanya?

1. Casillas telah memberi tahu kepada Presiden FC Porto mengenai keputusan yang diambil

Masih Aktif Bermain, Iker Casillas Calonkan Diri sebagai Presiden RFEFtwitter.com/IkerCasillas

Dilansir dari BBC, pencalonan Iker Casillas maju ke Pemilihan Presiden RFEF belum lama ini telah mengejutkan banyak pihak. Casillas sendiri sebelumnya telah memberi tahu kepada Presiden FC Porto mengenai keputusan yang diambil ini sekaligus mengucapkan terima kasih kepada FC Porto. Ia juga berharap mendapatkan banyak dukungan, terutama dari beberapa rekannya di klub dan timnas Spanyol.

Mantan pemain Barcelona, Carles Puyol, mengatakan belum melakukan diskusi dengan Casillas perihal pencalonannya ini. Puyol mengatakan posisi yang diincar Casillas ini merupakan posisi yang diemban dengan tanggung jawab besar, apalagi menyangkut sepak bola Spanyol. Ia juga menambahkan itu semua bergantung pada momen di mana setiap orang apakah bisa terlibat atau tidak.

2. Luis Rubiales menjadi penantang Casillas dalam perebutan posisi Presiden RFEF

Masih Aktif Bermain, Iker Casillas Calonkan Diri sebagai Presiden RFEFtwitter.com/rfef

Luis Rubiales, yang merupakan Presiden RFEF saat ini, menjadi penantang Casillas dalam perebutan kursi Presiden RFEF yang akan berlangsung pada tahun ini. Sebelum menjabat sebagai Presiden RFEF, Rubiales merupakan mantan pesepakbola Spanyol yang lebih banyak bermain untuk klub-klub divisi bawah semasa kariernya. Klub-klub yang pernah dibela Rubiales di antaranya Guadix, Real Mallorca, Lleida, Xerez, Levante, dan Alicante.

Prestasi Rubiales sebagai pesepakbola aktif yakni hanya meraih 1 gelar Segunda Division bersama Levante di musim 2003/2004 lalu. Rubiales memutuskan pensiun pada tahun 2009 lalu. Seperti yang diketahui, Rubiales terpilih sebagai Presiden RFEF sejak 2018 lalu hingga saat ini.

Tak hanya di situ saja, Rubiales memiliki jabatan penting di UEFA, yakni sebagai anggota UEFA Executive Committee sejak Februari 2019 serta terpilih sebagai Wakil Presiden UEFA sejak bulan Mei 2019 lalu.

Baca Juga: Casillas: C. Ronaldo Tidak Berhak Meraih Gelar Ballon d’Or Musim Ini!

3. Di musim ini, Casillas belum bermain sama sekali untuk FC Porto

Masih Aktif Bermain, Iker Casillas Calonkan Diri sebagai Presiden RFEFtwitter.com/IkerCasillas

Seperti yang diketahui, Casillas masih terhitung sebagai pesepakbola aktif di musim ini. Bersama FC Porto, Casillas masih belum diturunkan sama sekali karena adanya masalah kesehatan pada jantung yang dideritanya. Sebelumnya, Casillas sempat dilarikan ke rumah sakit usai mengalami serangan jantung saat latihan bersama klub pada awal Mei 2019 lalu.

Akibatnya, Casillas belum dimainkan sama sekali hingga saat ini sambil memulihkan kesehatannya. Meski demikian, Casillas tampak masih menjalani latihan fisik di FC Porto seperti yang dilihat dari akun Twitter milik Casillas @IkerCasillas.

4. Prestasi Casillas bagi sepak bola Spanyol

Masih Aktif Bermain, Iker Casillas Calonkan Diri sebagai Presiden RFEFtwitter.com/IkerCasillas

Bersama timnas Spanyol, berbagai prestasi mentereng pernah diraih Casillas saat masih bergabung di timnas. Beberapa gelar yang pernah diraih Casillas semasa kariernya untuk sepakbola Spanyol di antaranya 1 gelar Piala Dunia, 2 gelar Piala Eropa, serta runner-up FIFA Confederation Cup. Prestasi-prestasi yang ditunjukkan Casillas bersama timnas Spanyol ini menunjukkan bahwa Casillas layak disebut sebagai salah satu legenda timnas Spanyol.

Casillas pertama kali tampil bersama timnas Spanyol sejak tahun 2000 dengan tampil di 4 edisi Piala Diunia, yakni 2002, 2006, 2010, dan 2014. Jumlah penampilan Casillas bersama timnas Spanyol mencapai 167 kali di seluruh pertandingan resmi.

5. Kiprah Casillas membela klub-klub yang berbeda

Masih Aktif Bermain, Iker Casillas Calonkan Diri sebagai Presiden RFEFtwitter.com/IkerCasillas

Memutuskan tampil sebagai pemain profesional sejak usianya baru menginjak 17 tahun, Casillas telah menciptakan berbagai prestasi di level klub. Sebut saja ada 5 gelar La Liga, 2 gelar Copa del Rey, 4 gelar Super Cup, 1 gelar Premiera Liga, dan 1 gelar Super Cup. Tak sampai di situ, Casillas juga berhasil meraih gelar bergengsi di tingkat dunia, seperti 3 gelar UEFA Champions League, 2 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar FIFA Club World Cup.

Akankah Casillas akan memenangkan Presiden RFEF pada tahun ini?

Baca Juga: [BREAKING] Iker Casillas Pensiun dari Sepakbola Usai Serangan Jantung

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya