Comscore Tracker

Inilah 5 Kemenangan Besar Chelsea Saat Menghadapi Klub-Klub Italia

Chelsea mampu mencetak sampai empat gol

Pada 2021/2022, Chelsea menjadi salah satu unggulan dalam ajang UEFA Champions League. Berstatus sebagai juara bertahan membuat Chelsea memiliki tugas berat untuk mempertahankan gelar kompetisi tertinggi di Eropa saat ini, terutama saat menghadapi klub-klub Italia, yang dikenal tangguh dalam sektor pertahanan di sepak bola.

Namun, Chelsea ternyata memiliki pengalaman terbaik saat menghadapi klub-klub Italia dengan meraih kemenangan telak. Berikut lima kemenangan besar Chelsea saat mengalahkan klub-klub Italia sepanjang sejarah:

1. Chelsea 4-1 AS Roma (Inter-Cities Fairs Cup 1965/1966)

https://www.youtube.com/embed/lH2PD0HDnKY

Pertemuan pertama Chelsea menghadapi klub Italia di kompetisi Eropa terjadi pada 1965/1966 silam, tepatnya di ajang Inter-Cities Fairs Cup. Ketika itu, Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah berhasil mengalahkan AS Roma dengan skor telak 4-1.

Gol Chelsea berasal dari hattrick Terry Venables dan satu gol George Graham. Sedangkan, satu-satunya gol dari AS Roma saat itu dicetak Paolo Barison. Pada ajang itu juga, Chelsea mencapai babak semifinal setelah dikalahkan Barcelona.

2. Chelsea 3-1 Vicenza (UEFA Winners Cup 1997/1998)

https://www.youtube.com/embed/D1Im1kgTveY

Kemenangan besar Chelsea atas klub Italia berlanjut pada babak semifinal UEFA Winners Cup 1997/1998, tepatnya pada leg kedua saat Chelsea menang 3-1 atas Vicenza. Pertandingan tersebut berlangsung dramatis di markas sendiri ketika Chelsea sempat tertinggal terlebih dahulu. Namun, Chelsea mampu membalikkan keadaan hingga pertandingan usai.

Seluruh gol Chelsea dicetak Gustavo Poyet, Gianfranco Zola, dan Mark Hughes. Sedangkan, satu-satunya gol Vicenza dicetak Pasquale Luiso. Kemenangan itu mengantarkan Chelsea lolos ke babak final. Chelsea kemudian berhasil meraih gelar setelah mengalahkan klub Jerman, VfB Stuttgart.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: MU dan Chelsea Menang, Barca Imbang

3. Chelsea 4-0 Lazio (UEFA Champions League 2003/2004)

Inilah 5 Kemenangan Besar Chelsea Saat Menghadapi Klub-Klub ItaliaChelsea saat mengalahkan Lazio dengan skor akhir 4-0 di ajang UEFA Champions League pada 2003/2004 lalu. (chelseafc.com)

Chelsea kembali menang besar atas klub Italia, Lazio, di markas lawan, Olimpico, dengan skor akhir 4-0. Pertandingan ini sendiri terjadi pada babak fase grup UEFA Champions League 2003/2004 lalu. Seluruh gol Chelsea berasal dari Hernan Crespo, Eidur Gudjohnsen, Damien Duff, dan Frank Lampard.

Sebelumnya, di pertemuan pertama musim itu, Chelsea hanya menang tipis 2-1 atas Lazio di markas sendiri. Pada kompetisi itu juga, Chelsea hanya mencapai babak semifinal setelah disingkirkan klub Prancis, AS Monaco.

4. Chelsea 4-1 Napoli (UEFA Champions League 2011/2012)

https://www.youtube.com/embed/mrE4b-NyAZE

Serupa dengan pertandingan menghadapi Vicenza, Chelsea kembali menciptakan pertandingan dramatis saat menghadapi klub Italia lainnya, Napoli. Pada babak 16 besar saat itu, Chelsea secara dramatis menang telak 4-1 sekaligus unggul agregat 5-4 atas Napoli. Pertandingan ini sendiri digelar di markas Chelsea. Gol-gol mereka tercipta berkat Didier Drogba, John Terry, Frank Lampard, dan Branislav Ivanovic. Sedangkan, satu-satunya gol Napoli dicetak Gokhan Inler.

Pada kompetisi itu, Chelsea keluar sebagai juara UEFA Champions League 2011/2012 setelah mengalahkan Bayern Munich pada babak final. Uniknya, Chelsea saat itu dilatih pelatih asal Italia, Roberto Di Matteo.

5. Chelsea 4-0 Juventus (UEFA Champions League 2021/2022)

https://www.youtube.com/embed/t_FMSBz1nWU

Chelsea berhasil menang telak atas rival terkuatnya, Juventus, dengan skor yang sangat telak (4-0) pada babak fase grup UEFA Champions League 2021/2022, Selasa (23/11/2021). Trevoh Chalobah, Reece James, Callum Hudson-Odoi, dan Timo Werner menyumbang masing-masing satu gol.

Kemenangan Chelsea ini juga memastikan mereka lolos ke babak selanjutnya, sekaligus bersaing ketat dengan Juventus dalam raihan juara Grup H. Sebelumnya, Juventus berhasil menang pada pertemuan pertama mereka dengan skor 1-0 pada (29/9/2021) lalu.

Inilah lima kemenangan besar Chelsea atas klub-klub Italia di kompetisi Eropa sampai saat ini. Akankah kemenangan Chelsea tersebut berlanjut pada beberapa pertandingan berikutnya?

Baca Juga: Juventus Catatkan Rekor Jeblok Usai Dibantai Chelsea

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya