Jadi Pahlawan Kroasia, Ini Profil Lengkap Danijel Subasic

#WorldCup2018 Kini ia berpeluang angkat piala!

Pencapaian Kroasia berada di babak final Piala Dunia 2018 tak terlepas dari seorang kiper terbaiknya, Danijel Subasic. Betapa tidak, penampilannya bersama timnas Kroasia ini mendapatkan sorotan dari klub-klub besar Eropa di usia yang sudah memasuki 33 tahun ini. Namun, perjuangan Subasic untuk meraih posisi kiper utama timnas Kroasia dilalui tidak mudah. Berikut profil lengkap mengenai Danijel Subasic:

1. Memulai karier sepakbolanya bersama klub Kroasia

Jadi Pahlawan Kroasia, Ini Profil Lengkap Danijel Subasicezadar.rtl.hr

Dilansir dari Worldfootball.com, Danijel Subasic memulai karier sepakbolanya bersama klub Kroasia, NK Zadar, pada tahun 2003 dan bertahan hingga tahun 2009. Bersama klub tersebut, Subasic bermain sebanyak 82 kali di seluruh kompetisi resmi. Sempat dipinjamkan ke salah satu raksasa Kroasia, Hajduk Split, pada musim 2008/2009, Subasic akhirnya pindah ke Hajduk Split sejak 2009 hingga 2012.

Bersama Hajduk Split, Subasic berhasil membawa gelar Piala Kroasia pada musim 2009/2010. Di klub tersebut, Subasic tampil sebanyak 126 kali di seluruh kompetisi resmi. Nama Subasic akhirnya menjadi sorotan klub-klub Eropa dan klub Perancis, AS Monaco, akhirnya mendapatkan Subasic sejak 2012 hingga saat ini.

Subasic juga tampil sangat baik saat membawa AS Monaco meraih pencapaian terbaiknya di babak semifinal Liga Champions Eropa musim 2016/2017. Bersama AS Monaco, Subasic berhasil meraih gelar kasta kedua Liga Perancis musim 2012/2013 dan kasta tertinggi Liga Kroasia musim 2016/2017.

2. Debut bersama timnas Kroasia sejak 2009

Jadi Pahlawan Kroasia, Ini Profil Lengkap Danijel Subasictwitter.com/NATTERFOOTBALL

Subasic untuk pertama kalinya dipanggil timnas Kroasia pada tahun 2009 dan tampil debut ketika pertandingan menghadapi Liechtenstein dalam pertandingan uji coba. Namun, Subasic justru selalu menjadi kiper cadangan dimana Stipe Pletikosa selalu dipercaya menjadi kiper utama timnas Kroasia.

Setelah Pletikosa pensiun dari timnas, Subasic selalu dipercaya mengawal gawang timnas Kroasia hingga saat ini. Subasic telah tampil sebanyak 43 kali di seluruh pertandingan resmi sampai sekarang. Bersama timnas Kroasia, Subasic telah tampil di Piala Dunia 2014 dan 2018 serta Piala Eropa 2012 dan 2016.

3. Kepiawaian Subasic saat adu penalti menjadi pembuktian di lapangan

Jadi Pahlawan Kroasia, Ini Profil Lengkap Danijel Subasictwitter.com/AirtelUFootball

Mengawal gawang timnas Kroasia sejak pertandingan pertama di Piala Dunia 2018 menjadi pembuktian diri bagi Subasic bahwa ia layak di posisi kiper utama timnas Kroasia. Berhasil mengalahkan Argentina di babak fase grup menambah kepercayaan diri bagi Subasic di pertandingan berikutnya.

Terbukti, saat babak 16 besar dan perempatfinal yang semuanya berakhir dengan adu penalti, Subasic mampu menunaikan tugasnya dengan sangat baik hingga akhirnya berhasil membawa negaranya ke babak final Piala Dunia 2018. Kini, Subasic mempunyai kesempatan emas untuk meraih pencapaian terbaik sepanjang kariernya dengan meraih gelar Piala Dunia pertama bagi Kroasia.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya