Kabar Terbaru 5 Pemain FC Porto Saat Juara UCL 2003/2004

Beberapa dari mereka ada yang berprofesi sebagai pelatih

Musim 2003/2004 merupakan musim yang mengejutkan bagi sepak bola Eropa. Saat itu, klub Portugal, FC Porto, keluar sebagai juara UEFA Champions League setelah mengalahkan klub Prancis, AS Monaco, dengan skor akhir 3-0. Kemenangan tersebut membuat nama-nama pemain FC Porto mulai dikenal publik secara luas, termasuk pelatih mereka saat itu, Jose Mourinho.

Sudah 17 tahun berlalu, beberapa nama dari mereka ada yang sudah berprofesi sebagai pelatih. Ada juga yang memilih profesi lain. Seperti apa kabar lima pemain FC Porto 2003/2004 saat ini?

1. Maniche

Kabar Terbaru 5 Pemain FC Porto Saat Juara UCL 2003/2004mantan pesepak bola asal Portugal, Maniche (instagram.com/maniche_official)

Mantan pemain FC Porto, Maniche, kabarnya sudah beralih menjadi seorang komentator pertandingan sepak bola di Portugal. Ia juga sempat terpilih sebagai duta FIFA dan UEFA dan menjadi pengusaha anggur berdasarkan bio akun Instagram miliknya.

Sebelumnya, Maniche menjadi salah satu pemain yang berhasil membawa FC Porto meraih gelar UEFA Champions League 2003/2004. Selama kariernya, Maniche telah membela beberapa klub, seperti Benfica (Portugal), Alverca (Portugal), FC Porto (Portugal), Dinamo Moscow (Rusia), Chelsea (Inggris), Atletico Madrid (Spanyol), Inter Milan (Italia), FC Koln (Jerman), dan Sporting Lisbon (Portugal). Ia memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada 2012.

2. Benni McCarthy

Kabar Terbaru 5 Pemain FC Porto Saat Juara UCL 2003/2004mantan pesepak bola asal Afrika Selatan, Benni McCarthy (instagram.com/bennimac17)

Pemain yang sempat bermain di lini depan FC Porto ini sudah menjalani karier sebagai seorang pelatih di salah satu klub Afrika Selatan, AmaZulu FC. Ia memulai karier sebagai pelatih pada pertengahan 2017, setelah pensiun beberapa tahun sebelumnya. Benni McCarthy baru melatih dua klub, Cape Town City dan AmaZulu FC, yang semuanya di Afrika Selatan.

Karier sepak bolanya juga terbilang baik. Ia sempat membela beberapa klub Eropa, seperti Ajax Cape Town (Afrika Selatan), Ajax Amsterdam (Belanda), Celta Vigo (Spanyol), FC Porto (Portugal), Blackburn Rovers (Inggris), West Ham (Inggris), dan Orlando Pirates. Benni McCarthy memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada akhir musim 2012/2013.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terburuk dalam Karier Kepelatihan Jose Mourinho

3. Vitor Baia

Kabar Terbaru 5 Pemain FC Porto Saat Juara UCL 2003/2004mantan kiper asal Portugal, Vitor Baia (instagram.com/officialvitorbaia)

Salah satu kiper terbaik yang dimiliki FC Porto sepanjang sejarah, Vitor Baia, kini menjadi wakil kepala FC Porto. Selain itu, Vitor Baia juga aktif dalam kegiatan sosial dengan mendirikan Fundacao Vitor Baia untuk memberikan bantuan kepada anak-anak yang membutuhkan.

Selama kariernya sebagai pesepak bola, Vitor Baia hanya membela dua klub besar Eropa, FC Porto (Portugal) dan FC Barcelona (Spanyol). Sebagian besar kariernya dihabiskan di FC Porto. Puncak keberhasilannya terjadi saat mendapatkan gelar UEFA Champions League 2003/2004.

4. Nuno Valente

Kabar Terbaru 5 Pemain FC Porto Saat Juara UCL 2003/2004mantan pesepakbola asal Portugal, Nuno Valente (instagram.com/nunovalente_official)

Bek andalan FC Porto ini kini menjalani profesi sebagai pelatih. Ia juga pernah menjadi seorang pencari bakat untuk klub Inggris, Everton, pada pertengahan 2009. Pada akhirnya, Valente memutuskan menjadi asisten pelatih di beberapa klub Portugal. Ia sempat didaulat sebagai pelatih di salah satu klub Portugal, Trofense, pada Oktober 2017 meski hanya sebentar.

Selama kariernya sebagai pesepak bola, Nuno Valente sebagian besar menghabiskan waktunya di Portugal sebelum berlabuh ke Inggris untuk pensiun. Klub-klub tersebut di antaranya Portimonense (Portugal), Sporting Lisbon (Portugal), Maritimo (Portugal), Leiria (Portugal), FC Porto (Portugal), dan Everton (Inggris).

5. Deco

Kabar Terbaru 5 Pemain FC Porto Saat Juara UCL 2003/2004mantan pesepak bola asal Portugal, Deco (instagram.com/deco_official)

Salah satu pemain yang pernah menjadi andalan FC Porto ini tengah fokus sebagai seorang agen pemain yang berkantor di Brasil dan Portugal. Ia menaungi beberapa pemain, termasuk Fabinho (Liverpool) dan Raphinha (Leeds United). Deco juga membangun sebuah sekolah sepak bola di Brasil dengan nama Deco Institute.

Deco merupakan salah satu pemain terbaik era 2000-an. Ia membela beberapa klub, seperti Nacional Atletico Clube (Brasil), Corinthians (Brasil), Benfica (Portugal), Alverca (Portugal), Salgueiros (Portugal), FC Porto (Portugal), FC Barcelona (Spanyol), Chelsea (Inggris), dan Fluminense (Brasil). Ia memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada Agustus 2013 lalu.

Itulah kabar dari lima pemain FC Porto yang masuk skuad 2003/2004 lalu. Mereka sempat membawa kejayaan ke FC Porto. Seperti apa kabar terkini para pemain lainnya?

Baca Juga: 5 Pemain Brasil yang Dijual FC Porto dengan Harga Mahal

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya