Meski Kalah dari Granada, Atletico Bilbao Lolos ke Final Copa del Rey

Atletico Bilbao lolos berkat kemenangan gol tandang

Atletico Bilbao akhirnya melaju ke babak final Copa del Rey meskipun dikalahkan oleh Granada dengan skor akhr 1-2 yang berakhir agregat 2-2. Kepastian Atletico Bilbao lolos ke babak final dikarenakan Atletico Bilbao unggul gol tandang. Bagaimana proses jalannya pertandingan?

1. Kedua tim menghasilkan skor tanpa gol di babak pertama

Meski Kalah dari Granada, Atletico Bilbao Lolos ke Final Copa del Reytwitter.com/GranadaCdeF

Dilansir dari goal.com, Granada yang bertindak sebagai tuan rumah diharapkan bisa membalikkan keadaan setelah kalah 0-1 di leg pertama. Usai wasit memulai kick off babak pertama, pemain Granada, Darwin Machis, membuat peluang emas di menit ke-5 dan sayangnya peluang tersebut digagalkan oleh kiper Atletico Bilbao, Unai Simon. Di menit ke-9, Machis kembali membuat sebuah peluang setelah melewati pemain Atletico Bilbao, Capa, dan memberikan umpan kepada rekannya, Yangel Herrera, dan skor masih 0-0 untuk kedua tim.

Tak mau kalah, pada menit ke-29, Inaki Williams juga membuat serangan penting ke gawang Granada dan kembali gagal terjadinya gol di babak pertama. Skor 0-0 tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

2. Yuri Berchiche menjadi penentu kelolosan Atletico Bilbao

Meski Kalah dari Granada, Atletico Bilbao Lolos ke Final Copa del Reytwitter.com/TNC_Football

Pada babak kedua, Granada meningkatkan pola permainannya dengan bermain menyerang demi tiket final Copa del Rey musim ini. Kubu Granada akhirnya menciptakan keunggulan di menit ke-48 setelah Carlos Fernandez berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah memperoleh umpan dari Darwin Manchis dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Granada. Setelah gol tersebut, Granada seperti kembali menemukan permainan terbaiknya.

Di menit ke-76, German Sanchez berhasil menambahkan keunggulan Granada sekaligus membalikkan Granada dalam skor agregat setelah golnya mendapatkan assist dari Darwin Manchis sehingga skor menjadi 2-0 untuk Granada. Pada akhirnya, pemain Atletico Bilbao, Yuri Berchiche, memperkecil keadaan di menit ke-81 usai meneruskan assist dari Mikel Vesga sehingga skor menjadi 2-1 masih keunggulan Granada.

Pada akhirnya, keunggulan 2-1 untuk Granada atas Atletico Bilbao tetap bertahan hingga babak kedua berakhir dan hasil ini justru membuat Granada tersingkir di babak semifinal karena kalah gol tandang dan Atletico Bilbao berhak melaju ke final Copa del Rey.

Baca Juga: Meskipun Kalah di Leg 2, Athletic Bilbao Raih Tiket Final Copa del Rey

3. Ini menjadi Derby Basque pertama di ajang Copa del Rey

Meski Kalah dari Granada, Atletico Bilbao Lolos ke Final Copa del Reytwitter.com/AthleticClub

Sepanjang sejarah pertemuan Derby Basque, ini adalah pertemuan pertama di babak final Copa del Rey, tepatnya pada musim 2019/2020. Kepastian pertandingan bertajuk Derby Basque diperoleh saat Real Sociedad juga memastikan diri lolos usai mengalahkan wakil Segunda Division, Mirandes, sehari sebelumnya. Sepanjang sejarah pertemuan, setidaknya Derby Basque telah dipertandingkan sebanyak 166 kali, baik itu di ajang La Liga maupun Copa del Rey.

Dari statistik, Atletico Bilbao menang sebanyak 68 kali, Real Sociedad menang sebanyak 55 kali, dan sisanya berakhir hasil imbang. Tak hanya itu, di musim ini mereka bertemu untuk yang ketiga kalinya setelah melakukan 2 pertemuan di ajang La Liga 2019/2020. Dari dua pertemuan terakhir, kedua tim sama-sama berhasil memperoleh kemenangan, di mana Atletico Bilbao menang 2-0 atas Real Sociedad pada tanggal 30 Agustus 2019 dan Real Sociedad menang 2-1 atas Atletico Bilbao pada tanggal 2 Februari 2020 lalu.

4. Pertandingan final Copa del Rey ini rencananya digelar di Sevilla

Meski Kalah dari Granada, Atletico Bilbao Lolos ke Final Copa del Reytwitter.com/Mediasportinfo

Pertandingan final Copa del Rey musim ini rencananya akan digelar di Sevilla, tepatnya di Estadio Olimpico de Sevilla. Stadion ini sebelumnya sempat dijadikan sebagai babak final Copa del Rey pada musim 1998/1999 dan 2000/2001 serta pernah dipercaya menjadi tuan rumah final UEFA Cup (sekarang UEFA Europa League) pada musim 2002/2003 yang mempertemukan antara FC Porto menghadapi Glasgow Celtic.

Tak hanya itu, stadion ini juga digunakan pada ajang pertandingan timnas Spanyol dalam melakukan berbagai pertandingan uji coba.

5. Pertandingan selanjutnya untuk Atletico Bilbao dan Granada

Meski Kalah dari Granada, Atletico Bilbao Lolos ke Final Copa del Reytwitter.com/AthleticClub

Setelah pertandingan ini, Atletico Bilbao kembali menjalani lanjutan La Liga 2019/2020 dengan menghadapi Real Valladolid pada tanggal 8 Maret 2020, sedangkan Granada akan menghadapi Levante di tanggal yang sama. Untuk sementara, Atletico Bilbao berada di posisi ke-10 sedangkan Granada berada di posisi ke-9 klasemen La Liga.

Siapakah yang layak menjuarai Copa del Rey musim ini?

Baca Juga: Real Sociedad Akhiri Kejutan Mirandes di Semifinal Copa del Rey

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya