Comscore Tracker

Masih Tampil Prima, Inilah 5 Pemain yang Bermain Lebih dari 4 Dekade

Salah satu di antaranya merupakan pemain tertua di dunia

Dalam beberapa tahun terakhir ini, muncul nama-nama pemain muda yang dinilai potensial sekaligus menarik perhatian beberapa klub besar Eropa. Akan tetapi, di tengah persaingan ketat justru 5 pesepakbola ini masih bisa bertahan dalam empat dekade memasuki tahun 2020 ini. Berikut daftar 5 pesepakbola yang telah bermain selama lebih dari empat dekade.

1. Gianluigi Buffon

Masih Tampil Prima, Inilah 5 Pemain yang Bermain Lebih dari 4 Dekadegoal.com

Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, menjadi salah satu pemain yang bertahan di 4 dekade ini. Buffon memulai kariernya bersama Parma pada tahun 1996, sebelum memutuskan pindah ke Juventus pada tahun 2001. Sempat pindah dari Juventus tahun 2018 menuju Paris Saint-Germain, Buffon memutuskan kembali ke Juventus pada awal musim ini dan masih bertahan di tahun 2020.

Sejak bergabung kembali, Buffon baru tampil sebanyak 9 kali di seluruh kompetisi resmi. Total keseluruhan penampilan Buffon hingga saat ini mencapai 910 kali di seluruh kompetisi resmi sepanjang kariernya.

2. Roque Santa Cruz

Masih Tampil Prima, Inilah 5 Pemain yang Bermain Lebih dari 4 Dekadesport.tvp.pl

Pemain yang satu ini justru tampil semakin menjadi bersama klub Paraguay, Olimpia. Pasalnya, bersama klubnya saat ini di musim lalu sukses mencetak 28 gol dari 42 kali penampilan di seluruh kompetisi musim 2019. Pada musim 2020, Roque Santa Cruz masih terdaftar sebagai pemain Olimpia.

Roque Santa Cruz, yang saat ini berusia 38 tahun ini, memulai karier sepakbola pada tahun 1998 bersama klub Paraguay, Olimpia. Santa Cruz sendiri pernah bermain untuk klub-klub seperti Bayern Munich (Jerman), Blackburn Rovers (Inggris), Manchester City (Inggris), Real Betis (Spanyol), Malaga (Spanyol), dan Cruz Azul (Mexico).

Total keseluruhan penampilan Roque Santa Cruz telah mencapai 634 kali dengan 174 gol yang dicetak di seluruh kompetisi resmi.

Baca Juga: Tua-tua Keladi, Ini 5 Pemain Paling Senior di Serie A Musim 2019/2020

3. Claudio Pizarro

Masih Tampil Prima, Inilah 5 Pemain yang Bermain Lebih dari 4 Dekadebundesliga.com

Pemain yang kini sudah berusia 41 tahun ini masih aktif bermain bersama klub Jerman, Werder Bremen. Claudio Pizarro memulai karier sepak bola pada tahun 1996 bersama klub Peru, Desportivo Pesquero. Setelahnya, Pizarro membela beberapa klub di seluruh dunia seperti Alianza Lima (Peru), Bayern Munich (Jerman), Chelsea (Inggris), FC Koln (Jerman), dan Werder Bremen (Jerman).

Sampai saat ini, total penampilan Pizarro selama karier sepak bola telah mencapai 696 kali dengan raihan 280 gol di seluruh kompetisi resmi.

4. Kazuyoshi Miura

Masih Tampil Prima, Inilah 5 Pemain yang Bermain Lebih dari 4 Dekadecnn.com

Kazuyoshi Miura merupakan pemain tertua di dunia yang masih aktif hingga saat ini. Pemain yang telah menginjak usia 52 tahun ini baru saja memperpanjang kontraknya bersama klub Jepang, Yokohama FC, selama 1 musim setelah berhasil membawa Yokohama FC promosi ke kasta tertinggi Liga Jepang musim 2020. 

Mengawali karir sepakbola bersama 1981 bersama klub Brazil, CA Juventus, Miura setidaknya telah membela klub-klub di seluruh dunia seperti Santos FC (Brazil), Matsubara PR (Brazil), Clube de Regatas Brasil (Brazil), Piracicaba (Brazil), Coritiba FC (Brazil), Yomiuri FC (Jepang), Genoa (Italia), Verdy Kawasaki (Jepang), Dinamo Zagreb (Kroasia), Kyoto Sanga (Jepang), Vissel Kobe (Jepang), Sydney FC (Australia), dan Yokohama FC (Jepang).

Total penampilan Miura sampai saat ini telah mencapai 732 kali dengan 183 gol yang dicetaknya di seluruh kompetisi resmi.

5. Zlatan Ibrahimovic

Masih Tampil Prima, Inilah 5 Pemain yang Bermain Lebih dari 4 Dekadesi.com

Pemain AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, telah menjalani karir sepakbolanya sepanjang 4 dekade. Ibrahimovic telah memulai kariernya sejak tahun 1999 bersama klub Swedia, Malmo FF. Setelahnya, Ibrahimovic bergabung bersama klub-klub seperti Ajax Amsterdam (Belanda), Juventus (Italia), Inter Milan (Italia), Barcelona (Spanyol), Paris Saint Germain (Perancis), Manchester United (Inggris), Los Angeles Galaxy (Amerika Serikat), dan AC Milan (Italia).

Sampai saat ini, Ibrahimovic telah tampil sebanyak 750 kali dengan 457 gol di seluruh kompetisi resmi sepanjang kariernya.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Berkarier Lebih dari Satu Dekade di Klubnya 

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya