Comscore Tracker

Manchester City Jadi Klub dengan Skuad Termahal di Dunia

Klub berjuluk The Citizen ini mengalahkan Paris Saint-Germain dan Manchester United

Sebuah laporan dari CIES Football Observartory telah mengumumkan hasil laporan yang menunjukkan bahwa skuad anak asuhan Pep Guardiola dinobatkan sebagai skuad termahal di dunia. Berdasarkan laporan tersebut, total biaya nilai transfer di seluruh skuad klub berjuluk The Citizen ini mencapai 878 juta euro atau setara dengan Rp 14,6 triliun rupiah. Manchester City juga berhasil mengalahkan Paris Saint-Germain dan Manchester United.

1. Terdapat 7 klub Inggris yang berada di 15 besar skuad termahal di dunia

Manchester City Jadi Klub dengan Skuad Termahal di Duniainternationalchampionscup.com

Dilansir dari goal.com, Manchester City menjadi klub dengan skuad termahal di dunia berdasarkan laporan yang dirilis oleh penelitian CIES Football Observartory. Dari laporan tersebut telah merilis daftar 15 klub teratas, dan diantaranya ada 7 klub Inggris yang sukses berada di 15 besar. Mereka diantaranya adalah Manchester City, Manchester United, Chelsea, Liverpool, Arsenal, Everton, dan Tottenham Hotspur.

Manchester City memang dikenal dengan transfer gila-gilaan sehingga wajar saja tim ini begitu menguasai kompetisi Inggris sepanjang musim ini. Bukan tak mungkin jika Manchester City berhasil meraih treble winner, mereka akan belanja lebih gila lagi dibandingkan musim ini, apalagi mengingat musim berikutnya bertepatan dengan usainya Piala Dunia 2018. Manchester City sendiri hanya berbeda 73 juta euro saja dimana Paris Saint-Germain memiliki skuad dengan nilai total sebesar 805 juta euro atau setara dengan Rp 13,4 triliun.

2. Aktifitas transfer Manchester City musim ini menjadi salah satu buktinya

Manchester City Jadi Klub dengan Skuad Termahal di Duniathesun.co.uk

Manchester City sukses mendatangkan para pemain incarannya di bursa transfer musim panas maupun musim dingin 2017/2018. Mereka-mereka tersebut diantaranya Bernardo Silva dari AS Monaco dengan biaya sebesar 43 juta pounds atau setara dengan Rp 810,8 miliar, Ederson dari Benfica dengan biaya sebesar 34,9 juta pounds atau setara dengan Rp 658,1 miliar yang menjadikannya sebagai kiper termahal di dunia sepanjang sejarah, Kyle Walker dari Tottenham Hotspur dengan biaya sebesar 45 juta pounds atau setara dengan Rp 848,5 miliar, Danilo dari Real Madrid dengan biaya sebesar 26,5 juta pounds atau setara dengan Rp 499,7 miliar, dan Benjamin Mendy dari AS Monaco dengan biaya sebesar 49,3 juta euro atau setara dengan Rp 929,6 miliar.

Tak hanya di bursa transfer musim panas saja, beberapa waktu lalu saat transfer musim dingin Manchester City sukses mendatangkan pemain dari Atletico Bilbao, Aymeric Laporte, dengan biaya sebesar 57 juta pounds atau setara dengan Rp 1,07 triliun.

3. Hanya 1 wakil Jerman yang berada di daftar 15 besar skuad termahal di dunia

Manchester City Jadi Klub dengan Skuad Termahal di DuniaGoal.com

Dari 15 besar tim tersebut, ada catatan menarik yakni satu-satunya wakil Jerman, Bayern Munich, berada di daftar 15 besar dan menempati peringkat 9 dunia. Bayern Munich memiliki skuad dengan nilai total sebesar 448 juta euro atau setara dengan Rp 7,49 triliun.

Klub yang satu ini memang klub Jerman yang paling aktif di bursa transfer, baik itu musim panas maupun musim dingin. Klub-klub Jerman sendiri memang dikenal selalu memainkan skuad-skuad mudanya dalam kompetisi resmi sehingga tak heran klub-klub Jerman lainnya tidak begitu aktif seperti Bayern Munich dalam bursa transfer.

Sedangkan klub-klub lainnya ada wakil Spanyol seperti Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid, wakil Perancis seperti Paris Saint-Germain dan AS Monaco, dan tak ketinggalan wakil dari Italia ada Juventus dan AC Milan.

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You