Masih Muda, Mantan Pemain Arsenal Ini Pensiun di Usia 27 Tahun

Ia sudah tidak bermain sepak bola lagi sejak tahun 2017 lalu

Mantan pemain Arsenal, Emmanuel Frimpong, dikabarkan sudah memutuskan gantung sepatu di usianya yang masih sangat muda, yakni 27 tahun. Sebelumnya, ia sudah tidak lagi bermain sepak bola sejak tahun 2017 lalu. Apa alasannya memutuskan pensiun?

1. Penyebabnya karena Frimpong mengalami cidera lutut terus-menerus

Masih Muda, Mantan Pemain Arsenal Ini Pensiun di Usia 27 Tahuntwitter.com/BBCSport

Dilansir dari BBC, Emmanuel Frimpong memutuskan pensiun dini pada usianya yang masih menginjak 27 tahun karena alasan cidera lutut yang terus-menerus. Pemain yang memulai kariernya bersama Arsenal ini telah bermain untuk beberapa klub di negara-negara Eropa lainnya usai pergi dari Arsenal dalam beberapa tahun terakhir ini. Ia mengungkapkan keputusannya lewat media sosial akun Twitter miliknya @IAMFRIMPONG26.

"Dengan sangat sedih saya memutuskan untuk pensiun dari sepak bola profesional. Saya mengalami masalah dengan lutut saya selama lima tahun terakhir dan telah kembali bermain di level profesional. Tapi sejak November 2017 saya belum beraksi karena saya mengalami masalah di ligamen lutut saya."

"Saya memutuskan dengan kemauan saya sendiri bahwa saya tidak akan memilih operasi karena saya tidak menikmati sepak bola karena rasa sakit. Saya ingin berterima kasih kepada semua klub yang saya wakili, Arsenal, Charlton, Barnsley, Fulham, Ufa, AFC Eskilstuna dan Ermis atas cinta dan dukungan yang telah mereka berikan dan kepada para penggemar yang selalu mendukung saya. Terima kasih dan mari kita lihat apa yang terjadi di masa depan."

"Menghabiskan waktu bersama putri dan keluargaku tahun lalu telah membuatku sadar bahwa aku diberkati," ungkap pernyataan yang ditulis Frimpong melalui akun Twitter miliknya @IAMFRIMPONG26.

2. Pihak Arsenal juga yang lainnya memberikan ucapan kepada Frimpong

Masih Muda, Mantan Pemain Arsenal Ini Pensiun di Usia 27 Tahuntwitter.com/Ghanasoccernet

Setelah pengumuman tersebut, Arsenal secara langsung memberikan ucapan kepada Frimpong atas keputusannya itu. "Semoga sukses di masa pensiun Anda, @ IAMFRIMPONG26 - dan semua yang terbaik untuk bab berikutnya," ungkap pernyataan resmi dari pihak klub Arsenal melalui akun Twitternya @Arsenal.

Begitu juga dengan klub Wolverhampton Wanderers, salah satu klub yang pernah dibelanya, juga mengucapkan serupa kepada Frimpong. "Semua yang terbaik untuk @ IAMFRIMPONG26 dalam masa pensiun Anda, dengan senang hati Anda kembali ke sini pada tahun 2012!" ungkap pernyataan resmi dari pihak klub Wolverhampton Wanderers melalui akun Twitter miliknya @Wolves.

Pemain yang pernah satu tim dengan Frimpong di Arsenal, Jack Wilshere, juga turut mengucapkan hal yang sama dan berharap agar ke depannya semakin sukses.

"Dari usia di bawah 11 tahun ke tim utama ... Frimmy itu adalah kesenangan teman saya! Semoga sukses untuk Anda dan keluarga Anda di calon pasangan. Selamat pensiun," ungkap pernyataan yang disampaikan Jack Wilshere melalui akun Twitternya @JackWilshere.

Baca Juga: Arsenal vs Manchester United: Tuan Rumah Tidak Dalam Kondisi Baik

3. Karir Emmanuel Frimpong dari awal hingga pensiun

Masih Muda, Mantan Pemain Arsenal Ini Pensiun di Usia 27 Tahuntwitter.com/arseblognews

Pemain asal Ghana ini memulai karir profesionalnya di Arsenal sejak tahun 2011 lalu, ketika usianya masih menginjak 19 tahun. Di Arsenal, Frimpong bertahan selama 3 tahun meski pada akhirnya sering dipinjamkan ke 3 klub Inggris berbeda yakni Wolverhampton Wanderers, Charlton Athletic, dan Fulham. Total penampilan Frimpong selama bermain untuk Arsenal mencapai 16 kali dengan tidak mencetak gol sama sekali di seluruh kompetisi resmi.

Frimpong memutuskan pindah dari Arsenal di tahun 2014 dan bergabung bersama klub Inggris lainnya, Barnsley. Sayangnya, di klub tersebut hanya bertahan selama beberapa bulan saja sehingga di musim 2014/2015, Frimpong bergabung bersama klub Rusia, Ufa. Sempat dipercaya pada musim pertamanya bersama Ufa, akan tetapi di musim kedua Frimpong justru dimainkan dan total penampilannya di klub itu hanya 28 kali dengan tidak mencetak gol sama sekali di seluruh kompetisi resmi ini.

Memasuki musim 2016/2017, Frimpong bergabung dengan klub Rusia lainnya, Arsenal Tula, dan hanya bertahan kurang dari 1 tahun dengan jumlah penampilan 4 kali dan tidak mencetak gol sama sekali di seluruh kompetisi resmi. Kurang baik di Rusia, Frimpong mencoba peruntungannya di klub Swedia, AFC Eskilstuna, dan lagi-lagi belum mendapatkan keberuntungannya meski telah tampil 10 kali dan 0 gol di seluruh pertandingan resminya. 

Di musim 2017/2018, Frimpong bergabung bersama klub Siprus, Ermis Aradippou, di mana klub ini telah memeprcayakan Frimpong berada di tim utama. Karena cedera lutut, Frimpong terpaksa absen selama beberapa bulan sebelum pada akhirnya memutuskan pensiun pada tahun 2019 ini dengan total penampilan sebanyak 8 kali dan 0 gol di seluruh kompetisi resmi.

Dengan demikian, Frimpong selama karirnya tidak pernah mencatatkan namanya sebagai pencetak gol sejak karir pertamanya hingga ia pensiun dari pesepak bola profesional.

Baca Juga: 4 Fakta Hasil Leg I Babak 16 Besar Liga Eropa, Arsenal Kalah!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya