Comscore Tracker

Susul Ozil, Mario Gomez Putuskan Pensiun Dari Timnas Jerman

Banyak yang pensiun nih

Kabar terbaru datang dari sepakbola Jerman. Mario Gomez memutuskan untuk pensiun dari timnas Jerman usai kegagalan membawa negaranya lolos dari fase grup Piala Dunia 2018. Dengan demikian, Gomez menyusul Mesut Ozil yang terlebih dahulu pensiun karena masalah internal. Benarkah demikian?

1. Usianya baru menginjak 33 tahun

Susul Ozil, Mario Gomez Putuskan Pensiun Dari Timnas Jermantwitter.com/footballmanics

Dilansir dari Espn.com, Mario Gomez saat memutuskan pensiun di usia yang ke-33 tahun. Pengalaman sebagai seorang striker timnas Jerman memang tidak diragukan lagi. Gomez mengumumkan pensiun dari timnas Jerman lewat halaman Facebook miliknya.

Dengan demikian, Gomez merupakan pemain kedua yang pensiun dari timnas Jerman usai Piala Dunia, di mana sebelumnya ada Mesut Ozil yang memutuskan serupa karena masalah internal.

"Saya memiliki percakapan yang sangat bagus dengan pelatih nasional. Bagi saya, Piala Dunia di Rusia adalah mimpi besar yang menjadi kenyataan. Meskipun keberangkatan yang menyedihkan di babak penyisihan membuat kami sangat kecewa. Untuk semua karir saya, saya diizinkan bermain untuk tim nasional Jerman. Tetapi ketika saya harus menonton cedera pada 2014, saya akhirnya menyadari betapa saya merindukan tim dan betapa besar kehormatan bagi saya untuk bisa bermain untuk tim seperti itu," ungkap Gomez melalui pernyataannya, seperti yang dikutip dari halaman Facebook miliknya.

2. Gomez hanya tampil sebagai pemain pengganti di Piala Dunia 2018

Susul Ozil, Mario Gomez Putuskan Pensiun Dari Timnas Jermantwitter.com/Goal_MY

Dilansir dari Sky Sports, Gomez tampil di seluruh pertandingan timnas Jerman saat Piala Dunia 2018 meski sebagai pemain pengganti. Sayangnya, Gomez belum mencetak gol sama sekali ketika itu dan gagal membawa negaranya lolos ke babak berikutnya.

Akan tetapi, Gomez bisa saja kembali andai pelatih Jerman, Joachim Loew, melihat kebutuhan yang ada dalam tim saat ajang Piala Eropa 2020 mendatang. Keputusan Gomez untuk pensiun juga diambilnya, dengan memberikan kesempatan para pemain muda untuk mewujudkan impian mereka bisa tampil bersama timnas Jerman.

"Tapi sekarang adalah saatnya untuk memberi ruang dan memberi banyak kesempatan kepada anak-anak muda dan sangat berbakat untuk mewujudkan impian mereka, untuk membuktikan diri, untuk mendapatkan pengalaman dan mencapai yang terbaik untuk Jerman," ungkap Gomez, seperti yang dikutip dari halaman Facebook miliknya.

3. Perjalanan Mario Gomez bersama timnas Jerman sejak debutnya

Susul Ozil, Mario Gomez Putuskan Pensiun Dari Timnas Jermantwitter.com/DFB_Team_EN

Dilansir dari Soccerway.com, Mario Gomez mengawali debutnya bersama timnas Jerman sejak 2007 lalu. Pertandingan pertama yang dilakoni Gomez bersama timnas Jerman adalah saat menghadapi Swiss yang berakhir dengan kemenangan 3-1 dalam ajang uji coba.

Total penampilan Gomez di timnas Jerman mencapai 78 kali dengan perolehan 31 gol di seluruh pertandingan resmi. Bersama timnas Jerman, pencapaian terbaiknya yakni membawa Jerman menjadi juara ketiga Piala Dunia 2010 dan runner up Piala Eropa 2008.

Sebenarnya, Gomez tampil di Piala Dunia 2014 lalu, namun Gomez mengalami cedera menjelang digelarnya Piala Dunia 2014. Sehingga Gomez melewatkan kesempatan emas saat timnas Jerman menjadi juara saat itu.

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You