Marouane Fellaini Putuskan Pensiun dari Timnas Belgia

Ia tampil debut di timnas Belgia pada tahun 2007 lalu

Marouane Fellaini belum lama ini memutuskan untuk pensiun dari timnas Belgia yang telah dibelanya selama 12 tahun terakhir ini. Pertama kali Fellaini tampil bersama timnas Belgia pada tahun 2007 lalu. Apa alasannya pemain yang terkenal dengan rambut  kribonya ini untuk memutuskan pensiun dari timnas Belgia?

1. Menurutnya, ini bukanlah keputusan yang mudah

Marouane Fellaini Putuskan Pensiun dari Timnas Belgiatwitter.com/rshuton1

Dilansir dari Goal.com, mantan pemain Manchester United ini telah memutuskan untuk pensiun dari timnas Belgia setelah 12 tahun dan memungkinkannya untuk memberikan kesempatan para pemain muda di timnas Belgia. Keputusan yang diambil diakui oleh Fellaini tidaklah mudah. 

"Setelah dua belas tahun mewakili Belgia di level tertinggi, saya telah memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional senior. Ini bukan keputusan yang mudah bagi saya dan bukan keputusan yang saya anggap enteng, tetapi saya merasa waktu yang tepat bagi saya untuk mundur dan memungkinkan generasi Belgia berikutnya untuk melanjutkan periode yang sangat sukses ini dalam sejarah sepakbola Belgia," ungkap pernyataan Fellaini dalam keputusan pensiunnya di timnas Belgia seperti yang dikutip dari akun Twitter milik Marouane Fellaini @Fellaini.

Baca Juga: Dengan 10,5 Juta Paun, Marouane Fellaini Resmi Hijrah ke China

2. Terakhir kali Fellaini tampil di timnas Belgia saat pertandingan Liga Nasional Eropa

Marouane Fellaini Putuskan Pensiun dari Timnas Belgiatwitter.com/goal

Fellaini sendiri terakhir kali tampil bersama timnas Belgia dalam ajang Liga Nasional Eropa saat menghadapi Swiss yang berakhir dengan kemenangan Belgia dengan skor akhir 2-1. Sejak itu, Fellaini tidak tampil lagi bersama timnas Belgia. Gol terakhirnya yang dicetak Fellaini bersama timnas Belgia terjadi dalam ajang Piala Dunia 2018 lalu ketika berhasil menang atas Jepang secara dramatis di babak 16 besar yang berakhir dengan kemenang 3-2.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Fellaini tampil di 3 pertandingan awal di bawah asuhan pelatih Roberto Martinez. Puncak terbaiknya ketika menghadapi Jepang, yang ketika itu Belgia sedang berada dalam posisi tertinggal dimainkan di menit ke-65 dan langsung mengubah permainan Belgia secara drastis. Ia berhasil mencetak gol penyeimbang menjadi 2-2 di menit ke-74 saat itu sebelum akhirnya menang di menit-menit akhir.

Kehadiran Fellaini sendiri memberikan warna yang berbeda dalam permainan timnas Belgia, terlebih prestasi negara tersebut dalam beberapa tahun terakhir ini dalam peningkatan luar biasa. 

3. Jumlah penampilan Fellaini bersama timnas Belgia

Marouane Fellaini Putuskan Pensiun dari Timnas Belgiatwitter.com/SwypeSports

Ia melakoni laga debutnya bersama timnas Belgia pada tanggal 7 Februari 2007 ketika Belgia dikalahkan oleh Republik Ceko dengan skor akhir 0-2. Setelah itu, Fellaini yang di usia debutnya baru 19 tahun ini sering dipanggil oleh timnas senior Belgia di beberapa pertandingan resmi. Bersama timnas Belgia, Fellaini tampil di 2 edisi Piala Dunia (2014 dan 2018) dan 1 edisi Piala Eropa (2016).

Total jumlah penampilan Fellaini di timnas Belgia yakni 87 kali dengan 18 gol yang dicetaknya di seluruh pertandingan resmi. Prestasi terbaik selama di timnas adalah berhasil membawa Belgia meraih juara ketiga Piala Dunia 2018 sekaligus penampilan terbaiknya di timnas.

Baca Juga: Usai Kalahkan PSG, Rio Ferdinand: MU Tak Layak Dapat Penalti

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina
  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya