Comscore Tracker

Mengulik Perbandingan antara Kroasia di Piala Dunia 1998 dan 2018

#WorldCup2018 Kroasia sepertinya siap cetak rekor terbaik!

Kroasia akhirnya bisa mencapai babak semifinal yang juga sekaligus menyamai rekor pencapaian terbaiknya di Piala Dunia 1998. Meski demikian, Kroasia juga ingin mencapai babak final Piala Dunia 2018 yang juga merupakan babak final pertama mereka selama tampil di Piala Dunia. Terdapat perbandingan antara Kroasia di Piala Dunia 1998 dengan Piala Dunia 2018. Berikut penjelasannya.

1. Sebelum bertanding di semifinal, Kroasia sempat alami 1 kali kekalahan

Mengulik Perbandingan antara Kroasia di Piala Dunia 1998 dan 2018croatiaweek.com

Dilansir dari Soccerway.com, tak ada yang menyangka Kroasia yang pada saat itu berstatus sebagai debutan di Piala Dunia 1998 bisa tampil hingga babak semifinal. Lolos ke Piala Dunia 1998 setelah menempati posisi runner-up Grup 1 kualifikasi Piala Dunia zona Eropa dan harus melewati babak playoff dengan mengalahkan Ukraina dengan skor agregat 3-1.

Mengawali Piala Dunia 1998 dengan berada di Grup H, Kroasia sukses mengalahkan Jamaika di pertandingan perdananya dengan skor 3-1 dan Jepang dengan skor 1-0. Di pertandingan terakhir fase grup, Kroasia justru harus takluk dari Argentina dengan skor 0-1, namun Kroasia tetap lolos dengan status runner-up Grup H.

Di babak 16 besar, Kroasia berhasil menyingkirkan Rumania dengan skor 1-0, di babak perempatfinal berhasil menyingkirkan Jerman dengan skor 3-0 dan takluk di babak semifinal atas tuan rumah, Perancis, dengan skor 1-2. Dengan demikian, Kroasia hanya perlu memperebutkan status juara ketiga dengan menghadapi Belanda dan di pertandingan itu juga, Kroasia berhasil menang 2-1.

Meraih juara ketiga Piala Dunia dengan status debutan merupakan pencapaian paling fenomenal yang diraih oleh Kroasia dan striker mereka, Davor Suker, dinobatkan sebagai top skorer Piala Dunia 1998 dengan raihan 6 gol, melewati Gabriel Batistuta (Argentina) dan Christian Vieri (Italia).

2. Kroasia tampil tanpa terkalahkan di Piala Dunia 2018 hingga saat ini

Mengulik Perbandingan antara Kroasia di Piala Dunia 1998 dan 2018fifa.com

Jika dibandingkan dengan penampilannya di Piala Dunia 2018, Kroasia harus melewati babak playoff untuk bisa lolos ke Rusia dengan status runner up Grup I. Ketika itu, Kroasia berhasil mengalahkan Yunani dengan agregat 4-1 sehingga berhak lolos ke Piala Dunia 2018.

Kroasia mengawali Piala Dunia 2018 dengan berada di Grup D dengan menang di 3 pertandingan sekaligus, yakni mengalahkan Nigeria dengan skor 2-0, mengalahkan Argentina dengan skor 3-0, dan mengalahkan Islandia dengan skor 2-1. Dengan demikian, Kroasia melangkah ke babak berikutnya dengan status juara Grup D.

Kemenangan tak hanya berhenti di situ saja, Kroasia melanjutkan tren positif dengan menyingkirkan Denmark lewat babak adu penalti 3-2 dimana sebelumnya berakhir 1-1 pada waktu normal dan menyingkirkan Rusia lewat drama babak adu penalti 4-3 dimana pada waktu normal berakhir dengan skor 2-2. Kini, Kroasia berpeluang menciptakan sejarah dengan mengalahkan Inggris agar bisa mencapai babak final Piala Dunia 2018.

3. Peluang Kroasia mengalahkan Inggris

Mengulik Perbandingan antara Kroasia di Piala Dunia 1998 dan 2018fifa.com

Dari seluruh pertemuan antara Kroasia menghadapi Inggris, Kroasia justru hanya menang 2 kali dari 7 pertemuannya menghadapi Inggris. Namun, dari perjalanan menuju babak semifinal, Kroasia justru lebih baik ketimbang Inggris yang meraih 1 kekalahan di babak fase grup. Untuk jumlah gol, Inggris sedikit lebih unggul ketimbang Kroasia dengan raihan 11 gol di Piala Dunia 2018. Dengan demikian, Inggris sedikit lebih diunggulkan ketimbang Kroasia meski bukan tak mungkin Kroasia secara mengejutkan melanjutkan tren kemenangan beruntun di Piala Dunia 2018.

Jika pertandingan berlanjut hingga adu penalti, Kroasia justru sedikit lebih baik karena di dua pertandingan sebelumnya harus berakhir dengan adu penalti dan menang, sedangkan Inggris baru melalui 1 pertandingan saja yang berakhir dengan adu penalti saat menghadapi Kolombia di babak 16 besar lalu.

Christ Bastian Waruwu Photo Community Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You