Comscore Tracker

Nyaris Takluk dari West Ham United, Liverpool Akhirnya Menang

Perolehan poin Liverpool di klasemen semakin tak terkejar

Bermain di markas sendiri, Liverpool nyaris saja takluk dari tamunya, West Ham United, meski pada akhirnya menang tipis dengan skor akhir 3-2. Kemenangan ini membuat perolehan poin Liverpool semakin tak terkejar di puncak klasemen sementara Premier League 2019/2020. Bagaimana proses jalannya pertandingan?

1. Georginio Wijnaldum bawa Liverpool unggul cepat di babak pertama

Nyaris Takluk dari West Ham United, Liverpool Akhirnya Menangtwitter.com/premierleague

Dilansir dari goal.com, Liverpool tampil bermain dengan kekuatan penuh demi mengincar gelar Premier League lebih cepat di musim ini. Georginio Wijnaldum berhasil membawa Liverpool unggul cepat pada menit ke -9 usai mendapatkan assist dari Trent Alexander-Arnold sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

West Ham United juga tak mau kalah usai pemainnya, Issa Diop, berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-12 setelah mendapatkan umpan dari Robert Snodgrass sehingga skor menjadi 1-1 untuk kedua tim. Skor imbang 1-1 untuk kedua tim bertahan hingga wasit pertandingan meniup peluit panjang penanda berakhirnya babak pertama.

2. Trent Alexander-Arnold cetak 2 assist di pertandingan ini

Nyaris Takluk dari West Ham United, Liverpool Akhirnya Menangliverpoolfc.com

Di babak kedua, anak asuhan Jurgen Klopp berusaha memperbaiki permainannya dengan menerapkan pola menyerang. Sayangnya, Liverpool justru harus tertinggal dari West Ham United setelah pemain pengganti, Pablo Fornals, membalikkan keadaan menjadi 1-2 setelah memperoleh assist dari Declan Rice di menit ke-54. Liverpool akhirnya kembali membuat skor menjadi imbang 2-2 setelah pemain asal Mesir, Mohamed Salah, menciptakan gol setelah mendapatkan umpan dari Andy Robertson di menit ke-68.

Sadio Mane menjadi penentu kemenangan Liverpool setelah meneruskan assist dari Trent Alexander-Arnold di menit ke-81 sehingga skor kembali unggul 3-2 atas West Ham United. Alexander-Arnold berhasil menciptakan 2 assist kemenangan Liverpool di pertandingan ini. Wasit akhirnya meniup peluit berakhirnya babak kedua yang membuat Liverpool berhasil menang 3-2 atas West Ham United di markas sendiri.

Kemenangan ini membuat Liverpool semakin tak terkejar di klasemen sementara Premier League dengan raihan 79 poin.

Baca Juga: Mengalahkan Watford 3-0 MU Naik ke Posisi Lima

3. Perolehan poin dan jumlah kemenangan Liverpool menyamai Manchester United dan Arsenal di beberapa musim sebelumnya

Nyaris Takluk dari West Ham United, Liverpool Akhirnya Menangtwitter.com/LFC

Perolehan poin dan jumlah kemenangan Liverpool saat ini telah menyamai pencapaian Manchester United di musim 1998/1999 dan Arsenal di musim 2003/2004. Ketika itu, Manchester United saat itu berhasil memperoleh 79 poin yang juga sekaligus memastikan diri meraih gelar Premier League musim 1998/1999, di mana Manchester United berhasil unggul 1 poin dari Arsenal di klasemen akhir. Tak hanya itu, Manchester United juga berhasil meraih treble winners dengan meraih gelar Premier League, FA Cup, dan UEFA Champions League.

Jumlah kemenangan yang diperoleh Liverpool saat ini juga menyamai pencapaian Arsenal pada musim 2003/2004. Di klasemen akhir Premier League saat itu, Arsenal berhasil meraih 26 kali menang, 12 kali menang, dan 0 kekalahan dari 38 pertandingan yang dimainkan. Itu artinya Liverpool berpeluang besar melewati pencapaian Arsenal sekaligus menjadi tim kedua yang berhasil mengakhiri musim tanpa mengalami kekalahan satupun di sepanjang musim.

4. Untuk sementara, Liverpool hanya kalah dari Manchester City dalam hal mencetak gol

Nyaris Takluk dari West Ham United, Liverpool Akhirnya Menangtwitter.com/LFC

Hanya satu hal yang membuat Liverpool tertinggal di musim ini, yakni perolehan gol yang dimiliki Liverpool sampai saat ini di Premier League dengan torehan 64 gol, hanya kalah dari Manchester City yang berhasil mencetak 68 gol dan tepat di bawah Liverpool di klasemen sementara. Mohamed Salah kembali menjadi top skor sementara di klubnya, Liverpool, dengan torehan 15 gol yang disusul oleh Sadio Mane dengan 13 golnya di musim ini.

Uniknya, tak ada satupun diantara posisi 3 besar dipegang oleh pemain Liverpool di top skor sementara Premier League sampai saat ini. Top skor saat ini dipegang oleh Jamie Vardy (Leicester City) dengan 17 gol, Pierre Emerick Aubameyang (Arsenal) dengan 17 gol, dan Sergio Aguero (Manchester City) dengan 16 gol.

5. Kini, Liverpool hanya memperoleh 4 kemenangan lagi memastikan diri gelar juara Premier League

Nyaris Takluk dari West Ham United, Liverpool Akhirnya Menangtwitter.com/ChampionsLeague

Liverpool akan mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya meraih gelar Premier League sejak terakhir kali diraih pada musim 1989/1990 dan kini, Liverpool hanya membutuhkan 4 kemenangan lagi demi memastikan gelar Premier League di musim ini. Sebuah pencapaian Liverpool yang dilalui dengan tidak mudah di musim-musim sebelumnya dan Jurgen Klopp dinilai berhasil membawa Liverpool bangkit kembali.

Di pertandingan berikutnya, Liverpool akan menghadapi Watford dalam lanjutan Premier League pada tanggal 29 Februari 2020, sedangkan West Ham United dijadwalkan menghadapi Southampton di tanggal yang sama. Akankah Liverpool mampu memastikan diri meraih gelar Premier League dengan memenangkan 4 pertandingan berikutnya?

Baca Juga: 5 Fakta Kemenangan Arsenal atas Everton, Laga Berjalan Sengit!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya